Bulan Puasa Makin Gemuk? Ini Penyebabnya

Ada yang salah dengan pola makanmu.

Tidak sedikit orang yang mengalami kenaikan berat badan ketika bulan puasa. Hal ini disebabkan karena pola makan yang dijalaninya tidak sesuai seperti yang dianjurkan oleh Rasulullah. Padahal seharusnya, puasa bisa menurunkan berat badanmu. Dari yang semula makan 3 kali sehari, maka dengan puasa hanya makan 2 kali, yaitu pada waktu berbuka dan sahur. Ada beberapa kebiasan yang menjadikan berat badanmu bertambah di bulan puasa, mungkin ini salah satu penyebabnya.

Budaya balas dendan saat berbuka.

Bulan Puasa Makin Gemuk? Ini Penyebabnyaokezone.com

Karena menahan lapar seharian, sebagian orang berlomba-lomba mengumpulkan makanan yang akan disantap. Apalagi dengan berjamurnya pedagang musiman yang menjajakan makanan menggiurkan. Ketika saatnya berbuka, semua makanan dilahapnya. Meskipun awalnya tidak habis karena kelelahan atau kekenyangan, tapi akhirnya dilanjutkan ketika malam. Intinya, balas dendam pun terjadi. 

Ketika berbuka, baiknya dimulai dengan minum air putih dan beberapa buah kurma saja. Dengan dilanjutkan makanan berat setelah salat maghrib. Yang terpenting adalah jangan makan berlebihan. Makanlah secukupnya untuk memenuhi kebutuhan gizimu dan mengembalikan energi untuk melanjutkan puasa esok hari. 

Baca juga: 5 Menu Buka Puasa Paling Favorit 

Malas bergerak, menimbun lemak.

Bulan Puasa Makin Gemuk? Ini Penyebabnyamoney.id

Terkadang, lapar dan lemas menjadikan banyak orang yang hanya tidur-tiduran. Tidak banyak bergerak dan hanya tidur menjadi salah satu penyabab mudahnya bertambah berat badan, karena pembakaran kalori dalam tubuh tidak maksimal. Sehingga, membuat timbunan lemak dalam tubuh. Meskipun tidur di bulan Ramadan adalah ibadah, tapi jangan disalahartikan dengan tidur sepanjang hari. Pengertian ini dimaksudkan bahwa kalau tidur saja menjadi ibadah, apalagi beraktivitas. Baiknya melakukan aktivitas ringan seperti bersih-bersih rumah, olahraga, memasak, ataupun kegiatan lainnya yang bermanfaat. Puasa, bukan alasan untuk malas bekerja ya.

Terlalu banyak makan dan minum manis saat berbuka.

Bulan Puasa Makin Gemuk? Ini Penyebabnyaastralife.co.id

Berbuka dengan yang manis tentu dianjurkan dalam berbuka, namun apabila terlalu banyak juga tidak menyehatkan. Kebanyakan orang terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang manis saat berbuka, seperti kolak, sirup, es buah, jus, dan sebagainya. Buruknya lagi, tidak cukup satu gelas biasanya kita meminumnya dengan ditambah makanan manis seperti kue, roti, ataupun biskuit manis lainnya. Kalau kita terlalu banyak mengonsumsi minuman manis secara berlebihan saat buka puasa, maka akan terjadi penimbunan kalori. Jadi, supaya nggak semakin gemuk sebaiknya dikurangi minuman manis-manisnya dan imbangi dengan air putih ya.

Banyak makanan berminyak dan berlemak.

Bulan Puasa Makin Gemuk? Ini Penyebabnyasuaramerdeka.com

Saat berbuka biasanya, tersedia hidangan lezat yang bisa memuaskan rasa lapar seharian. Kebanyakan makanan yang dihidangkan adalah hidangan yang manis, berminyak, serta berlemak. Hidangan berlemak tersebut bukan hanya makanan yang digoreng, melainkan juga daging dan bersantan. Terlalu banyak makanan berlemak tanpa diimbangi dengan makanan berserat tinggi seperti sayur dan buah tentu akan membuat berat badanmu bertambah. Selain itu kamu juga akan susah buang air besar. Kurangi mengonsumsi makanan yang digoreng ya. Semakin banyak minyak yang digunakan, kandungan lemak dan kalori dalam makanan bisa makin bertambah.

Baca juga: Menu Unik Buka Puasa, Coba Makanan Khas dari 12 Negara Ini

Farhana Photo Writer Farhana

No one can write your story. So write it yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Dewi Suci Rahayu

Berita Terkini Lainnya