Comscore Tracker

Gak Ada Gunanya, 10 Makanan Ini Harus Segera Dikeluarkan dari Kulkas!

Bisa menyebabkan bau busuk hingga merusak makanan lain

Kulkas atau lemari pendingin merupakan salah satu benda yang sangat dibutuhkan keberadaannya dalam rumah. Sebab, kulkas menjadi tempat untuk menyimpan stok makanan dan minuman dalam jangka waktu lama, supaya tidak mudah basi dan rusak.

Namun, tidak serta merta kulkas bisa mengawetkan semua jenis makanan dan minuman. Beberapa di antaranya membutuhkan perlakuan khusus dan tentunya ada batasan waktu penyimpanan.

Supaya kualitas makanan lain tetap terjaga dan tidak menimbulkan aroma kurang sedap, berikut 10 makanan yang harus segera dikeluarkan dari kulkas, karena kondisinya tidak memungkinkan lagi untuk disimpan. Simak sampai habis, ya!

1. Buah yang sudah busuk atau berjamur harus segera dikeluarkan dari kulkas agar jamurnya tidak merambat ke buah-buahan lain yang masih segar

Gak Ada Gunanya, 10 Makanan Ini Harus Segera Dikeluarkan dari Kulkas!ilustrasi buah yang busuk dan berjamur (unsplash.com/mostlymarvelling)

2. Daging ayam, sapi, dan ikan mentah yang di-defrosting dari freezer juga harus segera dikeluarkan dari kulkas dan dimasak

Gak Ada Gunanya, 10 Makanan Ini Harus Segera Dikeluarkan dari Kulkas!ilustrasi daging sapi mentah (pixabay.com/imissyou)

3. Makanan matang sebaiknya ditutup rapat ketika disimpan dalam kulkas. Jika tidak, makanan akan kering atau mengeras. Segera keluarkan, ya!

Gak Ada Gunanya, 10 Makanan Ini Harus Segera Dikeluarkan dari Kulkas!ilustrasi makanan terbuka (unsplash.com/wiaone72)

4. Makanan sisa yang masih layak dimakan tidak boleh berlama-lama di dalam kulkas. Sebaiknya, simpan semalam dan keluarkan keesokan harinya

Gak Ada Gunanya, 10 Makanan Ini Harus Segera Dikeluarkan dari Kulkas!ilustrasi makanan sisa (pixabay.com/pexels)

5. Telur maksimal disimpan selama 3-5 pekan dalam kulkas. Jika lebih, segera keluarkan dan buang karena kualitas telur menurun atau busuk

Gak Ada Gunanya, 10 Makanan Ini Harus Segera Dikeluarkan dari Kulkas!potret telur di kulkas (allrecipes.com)

6. Makanan kaleng yang terbuka lama bisa jadi sudah terkontaminasi atau terkena tetesan air kulkas. Keluarkan dan sebaiknya dibuang saja, ya

Gak Ada Gunanya, 10 Makanan Ini Harus Segera Dikeluarkan dari Kulkas!ilustrasi makanan kaleng terbuka (unsplash.com/longlivehaas)

Baca Juga: 10 Buah Ini Sebaiknya Gak Disimpan di Kulkas, Merusak Tektur dan Rasa

7. Perhatikan tanggal kedaluwarsa makanan, minuman, bumbu, atau saus. Jika sudah lewat, tak ada gunanya lagi menyimpannya dalam kulkas

Gak Ada Gunanya, 10 Makanan Ini Harus Segera Dikeluarkan dari Kulkas!ilustrasi tanggal kedaluwarsa makanan (foodsafety.ca)

8. Terlalu lama menyimpan sayuran hijau di kulkas bisa menyebabkannya berlendir dan tidak bisa diolah. Jadi, langsung keluarkan dan buang ya!

Gak Ada Gunanya, 10 Makanan Ini Harus Segera Dikeluarkan dari Kulkas!ilustrasi selada busuk (martinsproduce.com.au)

9. Saus atau dressing salad buatan sendiri dan tanpa pengawet hanya bertahan 1-2 pekan di kulkas. Lebih dari itu langsung dibuang saja

Gak Ada Gunanya, 10 Makanan Ini Harus Segera Dikeluarkan dari Kulkas!ilustrasi saus salad homemade (pixabay.com/ailinder)

10. Soda kue biasa digunakan untuk menghilangkan aroma tidak sedap dalam kulkas. Jika sudah sebulan, segera keluarkan ya!

Gak Ada Gunanya, 10 Makanan Ini Harus Segera Dikeluarkan dari Kulkas!ilustrasi soda kue (pixabay.com/naturefriend)

Itu dia 10 makanan yang harus segera dikeluarkan dari kulkas, karena kondisinya tidak bisa dipertahankan lagi untuk terus berada di sana. Mulai sekarang, selalu perhatikan semua makanan atau minuman yang kamu simpan di kulkas, supaya tidak ada yang terbuang percuma.

Baca Juga: 10 Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas, Tetap Segar dan Gak Cepat Busuk

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya