Comscore Tracker

10 Makanan Pedas Khas Yogyakarta yang Bikin Lidah Membara, Wajib Coba!

Level pedasmu akan diuji ketika menyantapnya

Yogyakarta memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Mulai dari wisata, budaya, alam, hingga kulinernya selalu memberikan kesan dan kenangan tersendiri bagi siapa pun yang mengunjunginya.

Dalam hal kuliner, makanan khas Yogyakarta umumnya cenderung manis, seperti gudeg dan aneka baceman. Namun, buat kalian yang suka pedas, di sana juga banyak warung dan rumah makan yang menyediakan makanan pedas, lho.

Gak melulu manis, ini dia 10 makanan pedas khas Yogyakarta yang bakal membuatmu terasa 'panas'. Penasaran mau cobain? Simak daftarnya di bawah ini!

1. Entok Slenget Kang Tanir di Pakem, Sleman, menyediakan berbagai olahan entok dan balungan dengan sensasi pedas menyengat. Bikin kalap!

10 Makanan Pedas Khas Yogyakarta yang Bikin Lidah Membara, Wajib Coba!potret entok super pedas di kedai Kang Tanir (instagram.com/jogjabikinlaper)

2. Gudeg biasanya cenderung manis, tapi gudeg mercon buatan Bu Tinah ini bikin lidah serasa meledak. Banyak ranjau cabai di oseng kreceknya

10 Makanan Pedas Khas Yogyakarta yang Bikin Lidah Membara, Wajib Coba!potret warung Gudeg Mercon Bu Tinah (Instagram/lala_marsheilla)

3. Oseng Mercon Bu Narti terbuat dari koyor, gajih, kikil, kulit, dan tulang muda berbumbu super pedas yang membuatmu menyeka peluh berkali-kali

10 Makanan Pedas Khas Yogyakarta yang Bikin Lidah Membara, Wajib Coba!potret oseng mercon Bu Narti (instagram.com/voilajogja)

4. Sate Petir Pak Nano adalah sate kambing pedas yang akan membuat lidahmu bak tersambar petir. Ada tongseng, balungan, dan kepala kambing

10 Makanan Pedas Khas Yogyakarta yang Bikin Lidah Membara, Wajib Coba!potret Sate Petir Pak Nano (instagram.com/javafoodie)

5. Tengkleng Hohah di Bantul terbuat dari iga dan tulang belakang kambing. Bumbu super pedasnya akan membuat sensasi 'ngrokoti' makin yahud

10 Makanan Pedas Khas Yogyakarta yang Bikin Lidah Membara, Wajib Coba!Tengkleng Hohah Yogyakarta (instagram.com/kulinerjogjaoke)

6. Warung rica-rica kalkun dan menthok di kawasan Wirobrajan ini punya dua level pedas, yakni pedas banget dan pedas sedang. Pilih mana?

10 Makanan Pedas Khas Yogyakarta yang Bikin Lidah Membara, Wajib Coba!Rica-rica menthok (kendalindonesia.weebly.com)

Baca Juga: 10 Makanan Pedas Khas Jawa Timur Paling Favorit, Memuaskan Lidah!

7. Siapa sangka kalau ayam geprek berasal dari Yogyakarta? Kuliner pedas ini digandrungi banyak pencinta kuliner hampir di seluruh Indonesia, lho

10 Makanan Pedas Khas Yogyakarta yang Bikin Lidah Membara, Wajib Coba!ilustrasi ayam geprek (asianfoodnetwork.com)

8. Mangut Lele Mbah Marto yang legendaris ini juga dikenal punya sensasi pedas yang nampol banget. Kamu bisa ambil makanan sendiri langsung, lho

10 Makanan Pedas Khas Yogyakarta yang Bikin Lidah Membara, Wajib Coba!Mangut lele Mbah Marto (instagram.com/jogjafoodhunter)

9. Seporsi sop merah Bu Asih ini terdiri dari irisan kubis, wortel, seledri, daun bawang, dan suwiran ayam. Kuah kaldunya segar dan pedasnya nendang

10 Makanan Pedas Khas Yogyakarta yang Bikin Lidah Membara, Wajib Coba!ilustrasi sop merah (dapurkobe.co.id)

10. Brongkos adalah makanan favorit Sri Sultan HB X yang terbuat dari potongan daging sapi berkuah dan berbumbu kluwak dengan sensasi pedas

10 Makanan Pedas Khas Yogyakarta yang Bikin Lidah Membara, Wajib Coba!brongkos (instagram.com/dewiseno83)
10 Makanan Pedas Khas Yogyakarta yang Bikin Lidah Membara, Wajib Coba!Infografis makanan pedas khas Yogyakarta (IDN Times/Sukma Mardya Shakti)

Itu dia 10 makanan pedas khas Yogyakarta yang gak cuma bikin lidah membara, tapi juga nambah nasi dan gak berhenti makan. Tetap ingat batasan konsumsinya ya, jangan sampai malah sakit perut!

Baca Juga: 10 Makanan Pedas Paling Enak yang Bisa Kamu Pilih untuk Sajian Lebaran

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya