Comscore Tracker

Cobek Keluar Belatung Usai Dibakar, Ini yang Sebenarnya Terjadi!

Ternyata ada banyak penyebabnya

Belakangan ini media sosial dihebohkan dengan video yang memperlihatkan cobek sedang dibakar dan belatung keluar dari celah-celahnya. Banyak yang mengunggah video tersebut, salah satunya dari akun TikTok @kesayanganvitoo.

Awalnya banyak yang menganggap video tersebut mengada-ada alias karangan si kreator. Alhasil, netizen mencoba melakukan hal yang sama (membakar cobek). Ada yang merasakan hal sama, ada pula yang tidak.

Melihat kehebohan ini, seorang juru masak bernama Nausa Carnavian atau yang akrab dipanggil Chef Nausa memberikan tanggapannya melalui akun TikToknya, @chefnausa. Simak baik-baik ya!

1. Belatung tidak mungkin muncul jika tidak ada penyebabnya

Cobek Keluar Belatung Usai Dibakar, Ini yang Sebenarnya Terjadi!Tangkapan layar Chef Nausa memberikan tanggapan (tiktok.com/chefnausa)

Menurut Chef Nausa, belatung yang ada di video tersebut tidak mungkin muncul, baik itu dari cobek batu atau tempat lain, jika tidak ada penyebabya. Lantas, apa penyebabnya?

"Belatung kita asumsikan sebagai belatung yang keluar dari telur lalat ya. Lalat itu biasa hinggap di suatu tempat yang sifatnya busuk, sampah, atau kotoran," kata Chef Nausa.

Kata dia, tekstur atau permukaan cobek yang tidak rata, bergelombang, dan ada rongganya bisa jadi tempat hinggap lalat, jika tidak dibersihkan dengan baik setelah dipakai.

Lebih jauh Chef Nausa menjelaskan sisa makanan yang masih menempel pada cobek, seperti cabai dan terasi, meskipun sudah dicuci, berpotensi mendatangkan lalat. 

"Lalatnya hinggap atau bertelur di situ. Karena tekstur cobek berongga-rongga, telur lalat bisa masuk ke rongga-rongga cobek, sehingga mengeluarkan belatung," ujarnya.

2. Kejadian tersebut tidak hanya terjadi pada cobek

Cobek Keluar Belatung Usai Dibakar, Ini yang Sebenarnya Terjadi!Ilustrasi daging sapi (unsplash.com/jeztimms)

Kemunculan belatung dari berbagai benda sebenarnya tidak hanya terjadi pada cobek, tetapi bisa benda-benda lain, termasuk makanan.

"Kalian kalau punya daging sudah busuk atau ayam gak bagus, gak fresh, mungkin saja itu sudah dihinggapi lalat dan ada belatungnya gitu," tuturnya.

3. Cek alat masak sebelum digunakan

Cobek Keluar Belatung Usai Dibakar, Ini yang Sebenarnya Terjadi!Ilustrasi alat masak (unsplash.com/armgd)

Bahaya gak sih cobek yang ada belatungnya ini digunakan untuk mengolah makanan yang akan dimasak? Chef Nausa pun memberikan beberapa tips dan saran kepada para followers-nya ketika hendak menggunakan cobek.

Sebaiknya sebelum digunakan, menurut dia, cobek harus dicek dan dibersihkan ulang. "Kadang-kadang kita sudah bersihin setelah kita pakai, tapi tempat kita menyimpan itu tidak steril. Akibatnya, alat makannya itu terkontaminasi lagi."

Hal tersebut berlaku tidak hanya untuk cobek, tetapi juga alat masak lainnya, seperti talenan kayu. Alat-alat tersebut harus dipastikan bersih sebelum digunakan untuk memotong bahan makanan. 

Baca Juga: 10 Tips Merawat Peralatan Dapur Berbahan Kayu biar Lebih Awet

4. Cara memastikan cobek ada belatungnya atau tidak

Cobek Keluar Belatung Usai Dibakar, Ini yang Sebenarnya Terjadi!Ilustrasi cobek (unsplash.com/tinymountain)

Selain dibakar, Chef Nausa juga menunjukkan bagaimana cara mengetes atau memastikan di cobek tersebut ada belatungnya atau tidak. Caranya merendam dengan air hangat dan garam. "Biasanya belatungnya keluar, guys," kata dia.

Nausa pun menekankan untuk selalu membersihkan rongga-rongganya, terutama kalau masih ada sisa-sisa cabainya. Bersihkan sampai benar-benar bersih dengan cara disikat. 

5. Cobek meledak karena ada tekanan panas

Cobek Keluar Belatung Usai Dibakar, Ini yang Sebenarnya Terjadi!Tangkapan layar konten cobek pecah (tiktok.com/krasivaya116)

Chef Nausa turut memberikan komentarnya tentang video cobek yang 'meledak' ketika dibakar. Video tersebut diunggah akun TikTok @krasivaya116 dan sempat viral.

Cobek yang 'meledak' saat dibakar tersebut diakibatkan adanya kandungan air di dalamnya, karena teksturnya yang beronggga. Nah, ketika dipanaskan atau dibakar, panasnya tidak merata, sehingga menimbulkan uap di satu sisi dan ada tekanan.

"Itu (cobek) sebenarnya tidak meledak, tapi crack (patahan)," pungkasnya.

Itu dia tanggapan dari Chef Nausa. Mulai sekarang, pastikan untuk membersihkan cobek dan peralatan masak lain sampai benar-benar bersih, sehingga tidak ada kuman atau lalat yang menempel, ya. Perhatikan pula makananmu!

Baca Juga: Resep Cobek Ikan Nila yang Pedas dan Segar, Nikmat Banget!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya