Comscore Tracker

Ini Dia Rekomendasi 5 Tempat Makan Belut di Jakarta

Duh, jadi ngiler nih!

Siapa yang tak kenal dengan belut? Hewan berbadan panjang mirip ular, berkulit licin tak bersisik dan juga berlendir ini dianggap menjijikkan bagi sebagian orang. Tak jarang orang langsung bergidik geli meski baru mendengar namanya. Tapi, kalau sudah berubah wujud menjadi berbagai masakan, belut dapat membangkitkan selera dan bikin ketagihan lho guys! Mulai dari yang paling sederhana yaitu kripik belut hingga unagi (sidat) yang tersaji di beberapa restoran Jepang.

Beberapa rumah makan di Jakarta menyajikan belut sebagai sajian utama yang diolah dengan racikan bumbu khas Nusantara dan pasti rasanya juga maknyus. Hmm, di mana sajakah itu?

1. Belut Khas Surabaya (BKS) Cabang Rawamangun

Ini Dia Rekomendasi 5 Tempat Makan Belut di JakartaInstagram.com/sovifooddiary

Warung ini awalnya berdiri di Surabaya, tepatnya di wilayah Ngagel Jaya Selatan. Kemudian merambah ke Jakarta, tepatnya di Jalan Layur Selatan No. 1 RT 008 RW 011, Rawamangun, Jakarta Timur, persis di samping halte Transjakarta Layur dari arah Pulogadung dan buka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga pukul 21.00 WIB.

Menu andalan BKS adalah pecel belut yang dimasak biasa, basah, kering, dan pecel belut elek yang dibanderol dengan harga Rp 23.000,00 per porsi. Pilihan sambalnya ada dua: biasa dan super pedas.

Cara penyajiannya menggunakan cobek kecil yang digunakan untuk mengulek sambal kemudian belut yang telah digoreng diletakkan di atasnya dan ditaburi bawang putih goreng yang telah digeprek terlebih dahulu. Daging belut yang cukup tebal dan empuk pun siap dicocol dengan sambal dan dimasukkan ke mulut. Endesss!

Bagi kalian yang tidak kuat makan pedas, tersedia belut saos Inggris dan belut kuah kemangi. Selain belut, ada menu lain seperti pecel lele, udang goreng/saos Inggris, gurami goreng/saos Inggris, tumis/plecing kangkung, tahu tempe, dan bawang putih goreng (menu tambahan jika bawang putih untuk taburan dirasa kurang). Bagaimana, tertarik mencoba?

2. Resto Belut Sunadi / Warung Belut Sate Kelinci Kemayoran

Ini Dia Rekomendasi 5 Tempat Makan Belut di JakartaInstagram.com/warung.belut.satekelinci

Tempat makan perbelutan selanjutnya adalah Resto Belut Sunadi atau yang lebih dikenal dengan Warung Belut Sate Kelinci Kemayoran. Warung yang buka mulai pukul 11 siang hingga 11 malam ini terletak di Jalan Sumur Batu Raya No. 16, Kel. Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sajian olahan belut di warung ini lebih bervariasi dan lebih lengkap jika dibandingkan dengan Belut Khas Surabaya (BKS), mulai dari rica-rica belut, mangut belut, sambal belut goreng, sambal belut bakar, belut bumbu bali, oseng-oseng belut, belut cabe ijo, belut ulek cabe ijo, belut sambel kencur, tongseng belut, belut goreng tepung, balado belut, belut asam manis, dan masih banyak lagi. Per porsi dibanderol dengan harga antara Rp 24.000,00 sampai Rp 30.000,00.

Selain belut, warung ini juga menyediakan sate kelinci, rica-rica kelinci, tongseng kelinci, sosis kelinci, abon kelinci serta aneka olahan lele dan ikan gabus. Udah mulai ngiler kan? Yuk cus ke sana!

3. Pondok Suryo

Ini Dia Rekomendasi 5 Tempat Makan Belut di Jakartafoodspotting.com

Pondok Suryo merupakan rumah makan khas Jawa Timur yang menyajikan berbagai olahan bebek, ayam, soto, rawon, mie, lele dan masih banyak lagi. Bebek goreng (begor) memang menjadi primadona di sini, tetapi nasi cobek komplit belutnya juga tak kalah enak.

Satu porsi nasi cobek komplit belut terdiri dari nasi putih hangat yang diletakkan di atas cobek berukuran sedang dengan sambal bawang mentah, belut goreng yang disajikan dalam wadah terpisah serta teri goreng, tahu, tempe, dan sayur asem khas Jawa Timur yang bening. Daging belutnya cukup tebal dan digoreng kering. Begitu dicocol dengan sambal bawang kemudian dimasukkan mulut, hap! Sensasi pedas dan gurih jadi satu. Super endes!

Satu porsi nasi cobek komplit belut dibanderol dengan harga Rp57.272,00 dan ditambah pajak 10% jadi Rp63.000,00. Cukup mahal tapi worth it banget karena rasanya enak. Pondok Suryo memiliki 3 cabang di Jakarta, diantaranya (1) Jalan Ampera Raya, No 123 Jakarta Selatan, buka setiap hari pukul 09.30-22.00; (2) Food Louver Grand Indonesia Lantai 3, buka setiap hari pukul 10.00-22.00; dan (3) AEON Mall, BSD City Lantai 3, buka setiap hari pukul 10.00-22.00.

4. Waroeng SS

Ini Dia Rekomendasi 5 Tempat Makan Belut di Jakartaopenrice.com

Siapa yang tak kenal dengan Waroeng SS atau Spesial Sambal? Warung ini menjamur di berbagai wilayah tanah air dan digemari seluruh lapisan masyarakat. Harganya yang ramah di kantong, menu yang lengkap, serta rasa yang maknyus merupakan daya tarik utama warung ini.

Sesuai dengan namanya, sajian utama Waroeng SS adalah berbagai macam sambal dengan tingkat kepedasan berbeda-beda. Dan jika kalian pecinta pedas plus pecinta belut, ada sambel belut yang endes. Sambal belut di sini merupakan gabungan antara sambal bawang dan belut yang diuleg.

Owner Waroeng SS memberi nama usil “smackdown” yang bermakna sangat pedas. Alhasil, setelah makan sambal seharga Rp4.500,00 ini kalian akan bercucuran keringat dan mengeluarkan ekspresi seperti orang di-smackdown. Selain sambal belut, juga ada belut goreng yang berukuran kecil dan digoreng kering sehingga dapat dimakan sampai tulang-tulangnya.

Waroeng SS memiliki beberapa cabang di Jakarta, diantaranya : (1) Jalan Tanjung Duren Utara No. 224, Grogol Petamburan; (2) Jalan Greenville Blok BL No. 3 Duri Kepa, Kebon Jeruk; dan (3) Jalan Margonda Raya No. 280, Depok (depan Hotel Bumi Wiyata).

5. Marco Padang Peranakan

Ini Dia Rekomendasi 5 Tempat Makan Belut di Jakartamarcopadang.com

Tempat terakhir yang harus kalian kunjungi jika ingin mencicipi sajian belut lezat adalah Marco Padang Peranakan. Restoran yang memiliki konsep modern dan pendekatan lifestyle yang hangat dan homey ini menggunakan perpaduan teknik memasak dan bahan-bahan makanan antara masakan Cina dan Padang sehingga disebut Padang Peranakan. Selain itu, rasa setiap masakan pun dijaga keasliannya dan menggunakan bahan-bahan asli yang didatangkan langsung dari beberapa wilayah di Sumatera Barat.

Sajian belut yang terkenal dari restoran ini adalah belut goreng lado merah dan belut goreng lado ijo. Belut-belut tersebut digoreng sampai benar kering kemudian dicampur dengan berbagai bumbu dan cabai merah/hijau yang telah ditumbuk kasar. Rasanya juaraaa!

Marco Padang Peranakan ini memiliki lima outlet di Jakarta yang semuanya berada di dalam mall, diantaranya : (1) Lippo Mall Puri Lantai 1; (2) Grand Indonesia West Mall LG floor unit 26; (3) Pondok Indah Mall Street Gallery 2nd floor unit 201A; (4) Lotte Shopping Avenue, Ciputra World I 3rd floor unit 16 & A08; dan (5) Pacific Place 5th floor unit 45 – 46. Jam buka menyesuaikan dengan jam buka mall, yaitu pukul 10.00 sampai 22.00 WIB.

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya