Comscore Tracker

10 Oleh-oleh Khas Malaysia yang Wajib Dibeli Kala Liburan!

Bosan sama gantungan kunci? Beli makanan-minuman ini aja

Negeri jiran memang tidak akan ada habisnya untuk dikunjungi. Selain dekat dengan Indonesia, banyaknya maskapai penerbangan yang menawarkan promo alias tarif murah pun turut mendukung para backpacker dan traveler baik yang pemula maupun yang sudah expert untuk pergi kesana. Berfoto di depan landmark Kuala Lumpur seperti Twin Tower dan KL Tower pun menjadi hal yang wajib dilakukan.

Selain itu, membeli oleh-oleh untuk sahabat dan sanak keluarga juga tidak boleh dilupakan. Tak jarang para backpacker dan traveler tersebut membeli souvenir seperti gantungan kunci, kaos, magnet kulkas, miniatur twin tower hingga totebag yang bisa dikatakan awet dan menjadi bukti nyata bahwa mereka benar-benar sampai di Malaysia.

Tapi, hal tersebut sudah terlalu mainstream. Bayangkan jika ada 10 teman kita pergi ke KL dan masing-masing memberikan oleh-oleh gantungan kunci. Nanti dikira kita (yang diberi) mau jualan. Yuk, sesekali ganti souvenir menjadi makanan atau minuman biar si penerima oleh-oleh juga merasakan gimana rasanya jajanan khas Malaysia. Butuh rekomendasi makanan atau minuman khas Malaysia apa saja yang bisa dibeli untuk oleh-oleh? Simak di sini!

1. Teh Tarik

10 Oleh-oleh Khas Malaysia yang Wajib Dibeli Kala Liburan!Teh Tarik

Siapa yang tidak kenal dengan teh tarik? Belum lengkap ke Malaysia jika belum pernah mencicipi minuman yang satu ini. Minuman yang terdiri dari teh manis dan susu ini dapat ditemukan dengan mudah di setiap kedai makan di Malaysia.

Jika kita memesan teh di sana, dipastikan yang akan disajikan untuk kita adalah teh tarik. Sedangkan teh yang biasa kita minum di Indonesia mereka menyebutnya Teh O. Teh tarik ini memang bikin ketagihan, jadi tidak ada salahnya ketika berlibur ke Malaysia kita beli teh tarik instan untuk sahabat dan keluarga.

Salah satu brand teh tarik yang terkenal di Malaysia adalah CheckHup yang bisa didapatkan di beberapa swalayan atau pusat oleh-oleh seperti Pasar Seni.

2. Boh Tea

10 Oleh-oleh Khas Malaysia yang Wajib Dibeli Kala Liburan!Boh Tea

Boh tea atau teh Boh merupakan brand teh paling terkenal di Malaysia. Teh ini dipetik dari perkebunan teh Cameron Highland yang terletak di Pahang dan merupakan perkebunan teh terbesar di Malaysia. Warna tehnya merah pekat dan cenderung hitam sehingga sering disebut teh hitam. Boh tea juga memiliki beberapa varian teh mulai dari teh O, teh tarik hingga green tea latte yang merupakan campuran teh Boh dan matcha dari Jepang.

3. Susu Milo

10 Oleh-oleh Khas Malaysia yang Wajib Dibeli Kala Liburan!Milo

Jauh-jauh ke Malaysia cuma beli Milo? Di Indo**rt atau alfa**rt sebelah rumah juga ada. Eits, jangan salah. Susu Milo menjadi oleh-oleh yang selalu diincar oleh para wisatawan dari Indonesia yang sedang berlibur di Malaysia. Konon katanya Milo Malaysia terkenal lebih enak dan lebih terasa cokelatnya daripada Milo buatan Indonesia. Apalagi varian Milo 3 in 1 yang terdiri dari milo, gula dan creamerPackaging-nya pun juga praktis, dalam satu wadah milo terdapat beberapa pack kecil-kecil yang akan memudahkan kita ketika hendak menyeduhnya.

4. Susu Ovaltine

10 Oleh-oleh Khas Malaysia yang Wajib Dibeli Kala Liburan!Ovaltine

Kalau yang ini juga 11-12 dengan Milo. Susu Ovaltine produksi Malaysia juga lebih enak rasanya (meskipun rasa adalah hal yang sangat subjektif). Harganya pun lebih murah dari Milo dan rasanya juga lebih manis.

5. Nestea Thai Tea

10 Oleh-oleh Khas Malaysia yang Wajib Dibeli Kala Liburan!Nestea

Masih berkutat pada serba-serbi “minuman instan”, ada satu produk dari Nestea tidak boleh dilewatkan, yaitu Thai Tea. Thai Tea sebenarnya hampir sama dengan teh tarik yang terdiri dari teh dan susu tetapi warnanya oranye. Rasanya manis dan ada pahit-pahit khas tehnya. 

6. Ipoh White Coffee

10 Oleh-oleh Khas Malaysia yang Wajib Dibeli Kala Liburan!Ipoh White Coffee

Ipoh merupakan nama sebuah kota di Perak Darul Ridzuan, sebuah negeri yang berada di bagian utara semenanjung Malaysia. Ipoh memang terkenal sebagai penghasil white coffee. Meskipun kita sudah punya Luw*k White Coffee yang brand ambassador-nya Lee Min-ho oppa, tidak ada salahnya mencoba white coffee dari tetangga sebelah.

Salah satu brand terkenal yang mengeluarkan produk ini adalah Chek Hup dengan berbagai varian, yaitu classicking, original, less sweet dan with creamer. Rasa kopinya tidak terlalu ‘berat’ dan cocok untuk kalian para casual coffee drinker.

7. Cokelat Beryl’s

10 Oleh-oleh Khas Malaysia yang Wajib Dibeli Kala Liburan!Beryls

Dari minuman, kita beralih ke makanan. Cokelat Malaysia memang terkenal enak dan pekat, tidak kalah dengan cokelat Belgia. Salah satu produsen cokelat terbesar dan tertua di Malaysia adalah Beryl’s Chocolate Kingdom yang terletak di Jalan Imbi, Kuala Lumpur. Cokelat Beryl’s memiliki berbagai macam varian, seperti white chocolate (almond dan strawberry), dark chocolate, fruit chocolate (lychee dan durian) dan yang paling laris adalah tiramisu chocolate with milk. Harganya pun bervariasi, mulai dari RM 25 hingga RM 72 ke atas. Cokelat Beryl’s mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh, termasuk di bandara-bandara dan stasiun kereta api di Malaysia.

8. Rocky Choco

10 Oleh-oleh Khas Malaysia yang Wajib Dibeli Kala Liburan!Rocky Choco

Rocky Choco atau cokelat batu (kerikil) umumnya merupakan oleh-oleh yang dibawa seseorang ketika pulang dari menunaikan ibadah haji atau umroh. Tetapi saat ini beberapa negara sudah memproduksinya sendiri. Bentuk dan warna-warnanya sama persis dengan batu kerikil yang sering digunakan sebagai hiasan akuarium atau kolam ikan. Ketika masuk mulut, rasa cokelat yang enak dan milky langsung terasa. Dari anak-anak kecil hingga orang dewasa pun menyukai makanan ini. Rocky choco sangat mudah ditemukan di beberapa swalayan dan pusat oleh-oleh di Malaysia.

9. Naraya Oat Choco

10 Oleh-oleh Khas Malaysia yang Wajib Dibeli Kala Liburan!Naraya Oat Choco

Naraya Oat Choco adalah semacam crackers dan cemilan sehat yang berbahan dasar oatmeal. Satu bungkus besar Naraya Oat Choco berisi sekitar 20 bungkus kecil-kecil seberat @10 gram dan memiliki rasa yang berbeda-beda tetapi semuanya manis. Cemilan ini cocok untuk kalian yang sedang menjalani program diet dan menjadi teman minum teh petang (sore) di manapun berada.

10. Penang White Curry Mee

10 Oleh-oleh Khas Malaysia yang Wajib Dibeli Kala Liburan!Penang White Curry Mee

Jika di sini kita memiliki (makanan kesayangan) ind*mie, sar*mie, mie s*dap dan sejenisnya, di Malaysia juga ada mie instan dengan rasa khas kuliner lokal. Salah satunya adalah Ibumie Penang White Curry Mee yang terkenal enak dan rasanya tak terlupakan. Curry mee sendiri adalah makanan khas Penang yang terdiri dari mie dengan kuah kari berbumbu rempah-rempah dan dilengkapi dengan telur rebus, udang, daging ayam, cumi-cumi, pasta cabe dan ditaburi potongan daun mint. Ibumie Penang White Curry Mee memiliki pilihan rasa, mulai dari pedas, sangat pedas, hingga rasa kari yang kental.

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You