Comscore Tracker

10 Nasi Lodho Ayam Ternikmat di Tulungagung, Pedas Gak Kenal Ampun!

Jodohnya nasi gurih dan urap sayur!

Saat liburan ke Tulungagung pastikan coba nasi lodho ayamnya. Sajian ini identik dengan sensasi rasa pedas di atas rata rata. Untuk menjaga citarasa autentik, ayam kampung dipilih sebagai bahan utama masakan ini.

Ayamnya dipanggang dulu lalu dicampurkan dalam santan pedas. Sekilas mirip sama ayam pedas khas Banyuwangi. Bedanya, kalau lodho ayam ini pasti datang bersama urap sayur dan nasi gurih. Begitu dilahap jadi satu makin kaya rasa. Gurih, asin, manis, pedas dan wangi bakarannya sedap.

Gak perlu mengulur waktu, 10 tempat makan lodho ayam berikut wajib dicicipi kala ke Tulungagung.

1. Nasi Lodho Ayam Bu Sri

10 Nasi Lodho Ayam Ternikmat di Tulungagung, Pedas Gak Kenal Ampun!instagram.com/rommyroperta

Berada di Jalan Dr Sutomo No 36, Karangwaru, Tertek, Tulungagung. Bukanya mulai pukul 6 sampai 10 pagi. Antrinya panjang apalagi saat weekend.

Tersedia lodho ayam suwir yang bebas pilih lauk. Mulai bagian ayam seperti dada, sayap, kepala sampai ceker. Kalau suka jeroan enaknya pesan hati ayam yang teksturnya menggoda.

Karena kuah ayamnya gurih saja bagi yang suka pedas wajib tambah sayur lodeh kacang dan cabe rawit utuhan. Dilengkapi kerupuk juga biar lahap sampai habis.

2. Nasi Lodho Ayam Mbak Suprih

10 Nasi Lodho Ayam Ternikmat di Tulungagung, Pedas Gak Kenal Ampun!instagram.com/myfair_m2

Sedia nasi dengan ayam kampung suwir disiram kuah lodeh pedas. Seporsi sudah dilengkapi kerupuk. Tapi kalau mau topping favorit wajib coba kulit ayam goreng.

Nikmat banget disajikan pakai daun pisang yang dipincuk. Sarapan murah meriah ini harganya Rp7.000 per porsi.

Lokasinya ada di Jalan Dr Sutomo, Karangwaru, Tulungagung.

3. Nasi Lodho Ayam Mbak Miaten

10 Nasi Lodho Ayam Ternikmat di Tulungagung, Pedas Gak Kenal Ampun!instagram.com/jusufgo

Berlokasi di Jalan Dr Soetomo, Tulungagung. Buka mulai pukul 6 pagi sampai 12 siang.

Tempat makan legendaris ini telah berdiri sejak tahun 1947 silam. Citarasa autentik masih terjaga dengan penyajian dalam wadah daun pisang. Seporsi dibanderol mulai harga Rp7.000. Lauknya sendiri bisa minta jeroan, ayam potongan maupun suwiran.

Yang khas adalah tambahan lodeh kacang panjang. Kuahnya termasuk paling pedas di antara tempat lain. Jadi pastikan pesan minum dulu sebelum mulai makan.

4. Nasi Lodho Ayam Bu Suparti

10 Nasi Lodho Ayam Ternikmat di Tulungagung, Pedas Gak Kenal Ampun!instagram.com/dika901

Warung legendaris sejak tahun 1970 ini jadi salah satu tempat favorit bersantap nasi lodho ayam. Posisinya yang dekat sawah bikin pikiran jadi adem. Gak rugi buat blusukan di Jalan Raya Bandung-Campuradat, Desa Sukoanyar, Pakel, Tulungagung. Bukanya dari pukul 8 pagi sampai 4 sore.

Menu paket yang bisa buat barengan cukup ditebus dengan Rp175.000. Berisi ayam utuh, kuah lodho, urap daun bayam dan nasi gurih. Lebih spesial lagi jika disantap dengan nasi thiwul.

Bahannya pakai ayam kampung yang masih muda. Teksturnya lebih empuk dan gurih banget. Selain porsi utuhan bisa juga pesan ayamnya seperempat atau setengah potong.

5. Nasi Lodho Ayam Mbak Srianik

10 Nasi Lodho Ayam Ternikmat di Tulungagung, Pedas Gak Kenal Ampun!instagram.com/njajan.tulungagung

Bertempat di Jalan Mayjend Sungkono, Tulungagung. Sarapan pagi nasi lodho ayam cukup merogoh Rp8.000 saja. Penyajiannya sederhana yakni ayam suwir diberi kuah gurih. Tak ketinggalan topping kerupuk.

Selain ayam, telur muda atau uritan jadi lauk favorit di sini. Sekali gigit rasa gurihnya langsung pecah dalam mulut.

Baca Juga: 5 Warung Ayam Lodho Legendaris di Tulungagung, Kelezatan Sesungguhnya!

6. Nasi Lodho Ayam Bu Yati

10 Nasi Lodho Ayam Ternikmat di Tulungagung, Pedas Gak Kenal Ampun!instagram.com/kulinerandtravelyukz

Bertempat di Jalan Yos Sudarso 58, Karangwaru, Tulungagung. Buka mulai pukul 6 pagi sampai 11 siang. Untuk bersantap cukup tebus dengan harga Rp7.000 seporsi. Toppingnya lebih nendang kalau pakai kulit ayam. Tersedia lodho bebek juga buat variasi.

Spesial di sini pilihan sayurnya lebih banyak. Mulai lodeh kacang, lodeh tewel dan plecing kangkung. Saking larisnya banyak juga artis yang langganan.

7. Nasi Lodho Ayam Warung Sumber Rejeki Hj Kasnan

10 Nasi Lodho Ayam Ternikmat di Tulungagung, Pedas Gak Kenal Ampun!instagram.com/gindra.satriyadi

Makan lodho ayam bakar utuh dengan nasi gurih sebakul dibanderol Rp150.000. Harga segitu sudah lengkap sama urap daun singkong juga lalapan.

Jangan lewatkan sambal untuk mengimbangi rasa gurih kuah santan kental. Sambil ditemani seporsi ayam goreng yang empuk banget.

Bertempat di Jalan Jayeng Kusuma No 22, Kedungwaru, Ds Talapan, Tulungagung. Buka dari pukul 7 pagi sampai 8 malam.

8. Nasi Lodho Ayam Bu Yayuk

10 Nasi Lodho Ayam Ternikmat di Tulungagung, Pedas Gak Kenal Ampun!instagram.com/kulinerhaujekrek

Beralamat di Jalan Bandung-Campur, rt 1 rw 1, Bandung, Tulungagung. Bukanya mulai pukul 7 pagi sampai 5 sore.

Coba sepaket nasi lodho ayam dengan nasi gurih dan urap sayur. Ditaburi kacang goreng yang gurihnya bikin enak. Kisaran harga mulai Rp18.000 sampai Rp150.000.

Selain ayam jangan lewatkan lodho ikan laut. Ikannya digoreng dulu sebelum dicampur kuah santan jadi aromanya khas. Untuk peredam pedas bisa minum segelas es beras kencur.

9. Nasi Lodho Ayam Pak Yusuf

10 Nasi Lodho Ayam Ternikmat di Tulungagung, Pedas Gak Kenal Ampun!instagram.com/sasmitaedo

Berlokasi di Jalan KH R Abdul Fatah No 44, Botoran, Tulungagung. Bukanya dari pukul 7 pagi sampai 9 malam.

Khas di sini adalah aroma daging ayam pejantan yang dipanggang sangat sedap. Apalagi kala diguyur kuah santan kental dengan cabe rawit super banyak. Kalau suka tinggal gerus pakai sendok. Sepaketnya komplit dengan nasi gurih, lalapan ketimun dan urap sayur.

Urapnya dibuat dari campuran bumbu kelapa parut dengan sayur tauge dan daun singkong rebus. Menu sepaket dibanderol mulai Rp20.000 sampai Rp40.000. Usai makan, jangan lupa minum es beras kencur yang adem pas diseruput.

10. Warung Kebunsari

10 Nasi Lodho Ayam Ternikmat di Tulungagung, Pedas Gak Kenal Ampun!instagram.com/hendysanjaya888

Lodho ayam biasanya jadi menu andalan untuk dipesan rombongan. Sambil merasakan suasana sejuk dari pepohonan yang mengelilingi tempat makan. Kalian bebas ambil sendiri pelengkapnya mulai dari sayur urap dan nasi.

Selain lodho ayam kalian bisa coba pecel lele santan, sayur lodeh dan sayur bobor. Untuk kulineran di sini cukup sediakan budget mulai Rp10.000 saja.

Beralamat di Jalan Pinggir Kali, Mangunsari, Kedungwaru, Tulungagung. Buka dari pukul 9 pagi sampai 5 sore.

Kuliner khas Tulungagung ini pedasnya memang gahar tapi nikmatnya juga menggoyang lidah. Sekali kunyah pasti tambah nasi berkali kali. Dari sekian list tadi kalian berani coba yang mana?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Wisata di Tulungagung yang Wajib Banget Kamu Kunjungi

Fatiya Photo Community Writer Fatiya

Care & Share

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You