Comscore Tracker

6 Rekomendasi Tempat Nasi Goreng Thiwul Khas Kediri, Enak Banget!

Olahan singkong seenak ini susah ditolak!

Nasi goreng merupakan makanan favorit semua orang. Kalau di Kediri, nasi gorengnya lebih spesial karena pakai bahan thiwul. Thiwul yang dibuat dari tepung singkong (gaplek) ini juga dikombinasi dengan racikan bumbu yang pas. Jadi nikmatnya terkenal selalu bikin nagih.

Yang bikin beda dari nasi putih, nasi goreng thiwul itu punya tekstur kenyal saat dikunyah. Tak heran kuliner yang populer sejak era penjajahan ini eksis sampai sekarang.

Untuk menikmati kuliner jadul yang enaknya mantul ini, kalian bisa mampir ke 6 kedai nasi goreng thiwul berikut. Yuk disimak!

1. Warung Giras Besuki

6 Rekomendasi Tempat Nasi Goreng Thiwul Khas Kediri, Enak Banget!instagram.com/ukm_kita

Manjakan lidah di sini bisa dengan coba menu trio nasi goreng yang merupakan ombinasi nasi putih, nasi jagung, dan thiwul. Kalau suka bisa dilengkapi dengan topping telur ceplok,juga oseng sayur pakis super pedas andalannya. Kenikmatan rasa nasi goreng ini tak diragukan lagi apalagi dengan tekstur yang beragam pasti bikin lidah bergoyang. Mantap kan!

Untuk menikmati nasi goreng ini kalian bisa mampir di kawasan Wisata Air Terjun Irenggolo, Kecamatan Mojo, Kediri.

2. Cafe Pronggos

6 Rekomendasi Tempat Nasi Goreng Thiwul Khas Kediri, Enak Banget!instagram.com/dhytarosa

Kafe ini menjual sepiring nasi goreng thiwul bertopping telur orak arik, irisan ayam goreng, dan bawang goreng. Yang bikin istimewa kedai ini mencampurkan daun manisah jadi makin mantap rasanya. Bumbunya cenderung pedas sehingga sangat cocok kalau dimakan sama kerupuk.

Tak hanya makan lezat, di setiap sudut kafe tersedia area selfie untuk memuaskan para pengunjung yang hobi foto.

Kafe instagramable ini bertempat di Kawasan Air Terjun Dholo, Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri. Bukanya mulai jam delapan pagi sampai empat sore. Kala weekend kafe ini bisa dikunjungi kapan saja karena buka 24 jam.

3. Wow Cafe Sumberpodang

6 Rekomendasi Tempat Nasi Goreng Thiwul Khas Kediri, Enak Banget!instagram.com/3_1_dodibanteng

Tempat makan ini berada di Kawasan Wisata Sumber Podang, Joho, Semen, Kediri. Bukanya jam 8 pagi hingga 9 malam.

Makan disini terbilang seru sekaligus nyaman. Sambil bersantap nasi goreng thiwul lengkap dengan telur ceplok, kalian bisa merasakan sejuknya lingkungan sekitar yang dipenuhi pepohonan hijau. Ademnya gemericik air dam atau saluran air yang jernih juga areal sawah yang membentang.

Pecinta olahan ikan kali (sungai) bisa coba udang dan uceng krispi yang cocok jadi lauk tambahan dengan sensasi tekstur kriuk maksimal. Sambil bersantai bisa ngemil jagung bakar dengan menyeruput es kelapa muda atau ngopi juga enak.

Tak ketinggalan sebagai penutup wajib makan durian yang terkenal legit disini. Duriannya dipetik langsung dari kebun sekitar kafe jadi dijamin fresh.

Baca Juga: 5 Tempat Menyantap Nasi Goreng yang Lezat dan Murah di Bandung

4. Warung Mbak Tri

6 Rekomendasi Tempat Nasi Goreng Thiwul Khas Kediri, Enak Banget!instagram.com/wildanafifkholidi

Usai mengeksplore air terjun Irenggolo, kalian bisa naik lagi untuk melihat indahnya air terjun Dolo di Dusun Besuki, Desa Jugo, Mojo, Kediri. Di sini juga terdapat warung mbak Tri yang recommended untuk mengisi perut yang lagi keroncongan.

Dengan merogoh uang sebesar Rp 10.000 per porsi kalian sudah bisa bersantap nasi goreng thiwul lengkap pakai telur goreng. Rasanya gurih abis dan pedasnya nendang.

Selain nasi goreng thiwul tersedia aneka masakan ndeso yang nikmatnya melekat. Ada nasi goreng jagung, nasi soto ayam, nasi sayur lodeh, nasi pecel dan, nasi thiwul urap manis.

5. Lesehan Pak Rosi

6 Rekomendasi Tempat Nasi Goreng Thiwul Khas Kediri, Enak Banget!instagram.com/kedirikulinerku

Menu andalannya adalah sonya goreng yang merupakan kombinasi dari thiwul, mie dan ampok. Dimasak dengan campuran teri, jagung manis dan kacang goreng. Diberi topping irisan ayam goreng dan irisan ketimun. Tak lupa kerupuk buat tambahan tekstur kriuk. Isi seabrek ini cuma dibanderol Rp 10.000 saja, mantap deh!

Tempat makan ini berlokasi di Kawasan Pasar Tugu Simpang Lima Gumul (SLG), Kediri. Bukanya mulai jam enam sampai sebelas malam.

6. Rumah Makan Erlangga

6 Rekomendasi Tempat Nasi Goreng Thiwul Khas Kediri, Enak Banget!instagram.com/rikisaraswati

Beralamat di Jalan Erlangga No 9, Katang, Sukorejo, Ngasem, Kediri. Buka dari jam 7 pagi sampai 9.30 malam.

Nasi goreng thiwul jadi menu favorit buat dicicipi di sini. Beda dengan tempat lain, terdapat campuran tauge yang bikin nasi goreng thiwul terasa lebih segar. Pas dikunyah sensasi teksturnya yang kres enak banget.

Harga yang dibandrol masih ramah kantong yakni Rp 13.500 seporsi. Cocoknya kalau dimakan dengan kerupuk uyel khas Kediri yang gurih abis.

Kalau lidah kalian masih belum pas dengan cita rasa thiwul, bisa kok pesan nasi goreng biasa dari nasi putih. Selain nasi goreng, tempat makan ini recommended didatangi pecinta masakan ayam. Menu serba ayam yang ditawarkan mulai dari ayam goreng, ayam bakar madu, sop ayam kampung, dan garang asem ayam.

Sambil bersantai enaknya ngemil tahu goreng pakai cocolan sambal petis. Tahunya digoreng garing dengan rasa asin yang pas. Pedas legit khas sambal petisnya juga bikin lahap. Dijamin susah deh buat berhenti ngunyah.

Nah, itu tadi referensi tempat makan nasi goreng thiwul khas Kediri yang enak. Ada yang langganan kalian gak nih?

Baca Juga: 5 Warung Pecel Punten Termaknyus Di Kediri, Gurihnya Mantap!

Fatiya Photo Community Writer Fatiya

Care & Share

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You