Comscore Tracker

7 Tempat Makan Rawon Terlaris di Madiun, Sedap Maksimal!

Ada yang dipincuk daun pisang lho!

Enaknya nasi rawon memang begitu lekat di lidah orang Jawa Timur. Gak ada kata bosan untuk menikmati sajian yang terdiri dari potongan daging sapi empuk disiram kuah kluwek yang panas ini. Terlebih jika kalian lagi di Madiun, pasti makin suka.

Salah satu rawon di sini terasa spesial berkat penyajiannya. Kalau biasanya pakai wadah mangkuk, nasi rawon di sini khas dengan pincukan daun pisang. Dijamin aroma sedapnya lebih maksimal.

Yang penasaran, bisa coba icip-icip 7 tempat makan rawon ala Madiun sebagai berikut.

1. Kedai Rawon Pincuk Serayu

7 Tempat Makan Rawon Terlaris di Madiun, Sedap Maksimal!instagram.com/streetfoodmadiun

Berlokasi di Jalan Serayu Timur No 148, Madiun. Buka mulai jam sembilan pagi hingga sembilan malam.

Rawon dipincuk daun pisang memang jadi daya tarik dari kedai ini. Mungkin cuma di sini kalian bisa coba sensasi baru makan kuah dengan wadah daun. Pasti makin sedap. Dagingnya empuk, kuahnya segar gak berlemak. Seporsinya cukup ditebus dengan Rp13.000 saja.

Coba deh bermacam menu rawon mulai rawon daging, iga, tulang muda dan rawon vegetarian. Kalau rawon vegetarian ini recommended buat makan rawon tanpa daging. Rasanya tetap enak meski isinya diganti potongan labu siam. Yang terpenting sajian vegan ini juga tidak pakai kuah kaldu daging.

Bisa nambah lauk lagi mulai paru, telur asin, perkedel dan lain lain. Ada juga menu soto daging sego sambel disajikan dengan lalapan segar dengan pilihan lauk gorengan seperti udang, lele, telur dadar.

2. Rawon Mbah Saiman

7 Tempat Makan Rawon Terlaris di Madiun, Sedap Maksimal!instagram.com/huenii

Berlokasi di Parkiran Pasar Burung Joyo, Madiun. Bukanya dari jam sepuluh pagi sampai sepuluh malam.

Spesial makan rawon di sini adalah kuah ringan berlimpah potongan daging sapi nan lembut. Paling mantap jika nambah topping telor asin atau aneka gorengan. Untuk seporsi polosan dibanderol Rp15.000.

Yang enak lagi di sini yakni nasi pecelnya dengan porsi pas buat mengisi perut di pagi hari. Kalau mau sekedar menghangatkan badan bisa coba menikmati wedang cemoe di sini. Terdiri dari kombinasi kuah santan dengan isi kacang goreng, ketan dan roti tawar.

3. Depot Rawon Spesial

7 Tempat Makan Rawon Terlaris di Madiun, Sedap Maksimal!instagram.com/jajanae_

Lokasinya di Jalan Wuni No 37, Belakang Pasar Besar, Kejuron, Taman, Madiun. Bukanya setiap hari mulai jam sembilan pagi sampai sembilan malam.

Porsinya banyak, daging sapinya besar dan berlimpah. Cukup siapkan uang sebesar Rp20.000 untuk makan seporsi nasi rawon bertopping telur asin.

Depot ini juga punya menu andalan lain yakni nasi pecel, nasi campur dan aneka lodeh.

Baca Juga: 5 Warung Rawon Paling Enak di Banyuwangi, Rasanya Mantap!

4. Rawon Warung Sedep Ma'e

7 Tempat Makan Rawon Terlaris di Madiun, Sedap Maksimal!instagram.com/sam_kuliner

Bertempat di Jalan Merbabu No 22, Madiun. Bukanya jam enam pagi sampai dua belas siang.

Makan rawon prasmanan gak cuma kalau lagi kondangan, di sini juga bisa. Kalian bebas meracik sendiri isi piring sesuai selera. Tambah lauk paru goreng, empal dan babat.

Biasanya untuk seporsi nasi rawon dibanderol Rp 17.500. Porsinya seabrek rasanya mantap. Kalau suka bisa dimix sama nasi pecel. Khas nasi pecelnya pakai serundeng, sayuran rebus, tahu tempe goreng dan disiram sambal pecel super gurih.

5. Rawon "Warung Dawet Suronatan"

7 Tempat Makan Rawon Terlaris di Madiun, Sedap Maksimal!instagram.com/puri_kurniasari

Warung legendaris ini eksis sejak berdiri tahun 1960 silam. Tempat makan ini punya sajian kaya rasa seperti rawon penyuka olahan daging sapi. Untuk satu porsi nasi rawon pisah cukup ditebus seharga Rp26.000.

Juga sedia aneka menu kuah lain seperti bakso, nasi soto ayam, garang asem dan sayur asem. Untuk minumnya sebenarnya banyak pilihan tapi favoritnya tentu es dawet.

Isinya komplit terdiri dari cendol, tape singkong, jenang sumsum, jenang ketan hitam, juruh (gula merah cair) dan santan kental. Terakhir baru dikasih es baru biar nyess pas diseruput.

Buat mampir kalian bisa datang ke Jalan Merbabu No 10, Madiun. Buka mulai jam delapan pagi sampai setengah empat sore.

6. Warung Rawon Bu Sut

7 Tempat Makan Rawon Terlaris di Madiun, Sedap Maksimal!instagram.com/arifbarokah

Nasi rawon dengan isi daging sapi yang banyak dan besar potongannya cukup ditebus dengan harga Rp 12.000. Puas banget apalagi kalau ditambah lauk pendamping.

Mulai dari gorengan lidah sapi, empal, paru, limpa dan aneka tusukan. Dimana ukurannya lauk di sini juga terbilang besar tapi teksturnya tetap empuk. Kalau suka coba tempe gorengnya yang diiris tipis. Tersaji hangat dan sangat renyah saat digigit.

Tak hanya rawon, tempat makan ini juga recommended untuk penikmat soto daging sapi. Lokasinya sendiri berada di Taman Olahraga Gulun, Jalan Semangka, Kejuron, Taman, Madiun. Buka jam setengah tujuh pagi hingga tiga pagi.

7. Depot Rawon Bu Sri Kasiyan

7 Tempat Makan Rawon Terlaris di Madiun, Sedap Maksimal!instagram.com/bagoes_poedji

Bertempat di Jalan Sendang No 1, Kartoharjo, Madiun. Bukanya dari jam tujuh pagi hingga setengah empat sore.

Kuahnya yang ringan memang nikmat diseruput berulang kali. Sambil mengunyah potongan daging yang terasa merasuk bumbunya. Selain enak, harganya cukup murah yakni dibanderol Rp 12.000 per porsi.

Juga tersedia pilihan menu soto ayam kampung. Soto di sini khas dengan kuah bening berisi bihun, telur rebus dan kacang tanah goreng. Biar maksimal segarnya jangan lupa kasih perasan jeruk purut.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Nasi Rawon Paling Favorit di Surabaya, Nikmat Abis!

Fatiya Photo Verified Writer Fatiya

Care & Share

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya