Comscore Tracker

9 Nasi Tempong Paling Nendang di Banyuwangi, Pedasnya Menggigit!

Sambal ranti mentahnya mantul!

Kalau kalian hobi makan sambal, sego tempong adalah sajian khas Banyuwangi yang wajib dicoba. Di setiap warung nasi tempong dipastikan racikan sambalnya pedas, levelnya bisa menampar lidah. Rasa cabe yang menyengat ini didapat dari bahannya yang sengaja tidak digoreng. Jadi rasanya lebih kuat sekaligus segar.

Sambal mentah ala nasi tempong umumnya diracik dari ulegan cabe rawit, tomat ranti, terasi, gula dan garam. Tak lupa dikucuri sedikit jeruk purut biar aromanya makin sedap.

Sajian sambal menggoda ini makin mantul saat tersaji dengan nasi putih, lauk, sayuran rebus dan lalapan segar. Spesialnya lagi pilihan lauknya banyak banget. Selain wajib ada ikan asinnya masih bebas pilih lauk ikan, lele, wader, aneka gorengan, pepes, bothok dan lainnya.

Sekilas mirip nasi lalapan atau nasi sambal Surabaya tapi kalau nasi tempong ini sayur rebusnya lebih banyak komposisinya. Ada terong, kol, daun selada, daun pepaya dan sayur kenikir. Nah, kalau ke Banyuwangi 9 nasi tempong paling nendang berikut bisa jadi referensi buat dicicipi.

1. Nasi Tempong Kebun Pak Likin

9 Nasi Tempong Paling Nendang di Banyuwangi, Pedasnya Menggigit!instagram.com/yunantabuana

Tempat makan di sini sangat cozy karena makannya di pinggir sungai yang airnya jernih. Udaranya juga sejuk, khas pedesaan yang asri. Pemandangan alami ini bikin betah apalagi buat tempat makan nasi tempong, pasti lahap!

Nasi hangat dengan sambal mentah yang pedasnya greget tersaji sama lalapan komplit. Ada kemangi, sayuran rebus dan ketimun. Pilihan lauknya ada ayam goreng, pelasan ikan dan favoritnya ikan wader goreng.

Sebaiknya datang pas musim durian karena saat itu banyak durian yang dijajakan. Sekalian berendam di kolam renang dengan sumber air alami pasti lebih segar dan penat jadi lenyap. Mampir yuk ke alamatnya di Jalan Ahmad Yani, Pakis, Songgon, Banyuwangi.

2. Nasi Tempong Mbok Wah

9 Nasi Tempong Paling Nendang di Banyuwangi, Pedasnya Menggigit!instagram.com/andreyongz

Berlokasi di Jalan Gembrung 220, Bakungan, Glagah, Banyuwangi. Warung ini bisa jadi jujugan sarapan dimana mulai buka jam sembilan pagi. Makan di sini memang asyik, tak heran lokasinya selalu ramai. Selain rasa, porsinya juga termasuk memuaskan. Apalagi sambalnya yang selalu memanjakan lidah para penikmat pedas.

Seporsi nasi tempong yang kalian pesan datang dengan komposisi komplit. Ada nasi, sayuran rebus, tahu tempe goreng dan sambal ranti. Biar makin mantap tersedia lauk tambahan siap santap yang ditata berjejer di meja. Tampilannya sangat menarik mata jadi kalau gak fokus pasti kalap mau dicoba semua. Banyak banget pilihannya dari seafood goreng dan kuah, telur pindang, ayam goreng, paru goreng dan masih banyak lagi. 

Kalau datangnya siangan pastikan buat ambil lauk unik yang paling favorit di sini yakni rajungan goreng. Bentuknya mirip kepiting tapi ukurannya kecil jadi dagingnya minim. Meski begitu, sensasi makan rajungan goreng ini seru. Dengan digoreng teksturnya jadi renyah banget. Nikmat banget dikunyah pas masih hangat. 

3. Nasi Tempong Mbok Hariyati

9 Nasi Tempong Paling Nendang di Banyuwangi, Pedasnya Menggigit!instagram.com/nadyanadnidnud

Lokasinya gampang ditemukan karena posisinya di pinggir jalan. Tepatnya ada di Jalan Raya Benculuk, Cluring, Banyuwangi. Di sini kalian bisa tunjuk mau lauk yang mana. Untuk memanjakan selera aneka bothok dan pepes juga tersedia. Selain nasi tempong ada masakan khas Jawa Timur lainnya seperti nasi rawon dan ayam pedas.

Untuk kalian yang datang rombongan tempat ini sangat pas karena parkiran dan area makannya luas. Bisa duduk di kursi atau duduk santai lesehan.

4. Nasi Tempong Mbok Nah

9 Nasi Tempong Paling Nendang di Banyuwangi, Pedasnya Menggigit!instagram.com/susanand7922

Berada di Jalan Kolonel Sugiono No 16, Tukang Kayu, Banyuwangi. Rumah makan ini mulai buka jam sepuluh pagi sampai dua belas malam.

Makan di sini mesti siap mental karena pedas sambalnya rata dimana ngulegnya langsung banyak. Selain cabe, aroma segar dari campuran jeruk limaunya bikin sambal di sini rasanya khas. Cocok deh kalau disantap sama bayam rebus, nasi dan lauk pauk.

Kuatkan iman kalau gak pengen kantong jebol karena terdapat  banyak lauk tambahan seperti ayam goreng, pepesan, telur goreng dan aneka gorengan. Kalau bingung memilih cobain dulu bothok tawonnya yang terkenal nikmat dengan campuran kelapa rasanya jadi gurih dan manis. Buat penawar pedas kalian mesti pesan minuman tradisional yakni es temulawak. Rasanya segar, manis dan wanginya nikmat saat diseruput. 

Baca Juga: Mencicipi Rawon Bik Ati, Kuliner Banyuwangi dari Empat Generasi

5. Nasi Tempong Mbok Tien

9 Nasi Tempong Paling Nendang di Banyuwangi, Pedasnya Menggigit!instagram.com/hobimakan.banyuwangi

Yang bikin lahap makan di sini karena lauknya selalu tersaji hangat. Apalagi pilihannya juga banyak terutama olahan berbahan seafood. Kalau bingung memilih, ikan lemuru goreng merupakan salah satu lauk favorit yang selalu dirindukan pengunjung.

Jarang ada di tempat lain, ikan ini rasanya gurih dan tekstur dagingnya padat. Karena ukurannya sedang maka paling nikmat kalau digoreng agak garing. Tak perlu ragu mampir kemari, selain enak harganya ramah kantong yakni mulai Rp 15.000

Lokasinya gampang dicari yakni di Jalan MH Thamrin, Banyuwangi. Rumah makan ini mulai buka jam sepuluh pagi sampai sepuluh malam.

6. Nasi Tempong Bek Youk

9 Nasi Tempong Paling Nendang di Banyuwangi, Pedasnya Menggigit!instagram.com/miaoctavia

Lokasinya ada di Jalan Kyai Asy'ari, Tukangkayu, Banyuwangi. Kuliner nasi tempong yang melegenda dari tahun 1977 ini tentu rasanya sudah masuk level bikin candu. Sambalnya juara pedasnya, kalau udah kecampur nasi dan lauk jadi susah berhenti nguyah. Buat referensi makan malam, kedai yang mulai buka pada jam enam petang ini wajib dicoba.

Pilihan lauknya banyak terutama yang favorit adalah cumi hitamnya. Kuah tintanya itu gurih gak bau amis sama sekali. Pas digigit teksturnya empuk banget. Kalau beruntung bisa dapat telur cuminya yang gurih dan creamy. Jangan sampai kalap lauknya masih ada yang digoreng seperti ayam goreng laos atau udang goreng.

7. Nasi Tempong Warung Kelor

9 Nasi Tempong Paling Nendang di Banyuwangi, Pedasnya Menggigit!instagram.com/hurinqori

Isinya komplit mulai dari nasi hangat, kuluban ( sayuran rebus), ikan asin, ayam goreng, dadar jagung, udang goreng, terong goreng dan tentu ada sambal mentah super pedas cukup dibanderol seharga Rp15.000.

Kalau makan nasi tempongnya lebih enak sambil nyeruput sayur kelornya. Jangan salah duga, racikan sayur kelor ternyata enak dan segar. 

8. Tempong Wader Warung Puthuk Mbok Misnah

9 Nasi Tempong Paling Nendang di Banyuwangi, Pedasnya Menggigit!instagram.com/bayu_c_pamungkas

Beralamat di Dusun Jambean, Desa Kenjo, Glagah, Banyuwangi. Buka mulai dari jam sepuluh pagi sampai sembilan malam. Suasana hijau dengan udara sejuk bisa kalian rasakan sembari makan.
Pelengkap andalannya adalah sayur manisah rebus. Rasanya manis, lembut dan berair. Cocok kalau disantap sama sambal dan lauk pauk. Pilihan lauknya terbatas cuma ada satu bahan yakni ikan wader. Tapi buat variasi biar gak bosen masaknya ada dua macam yakni wader goreng dan wader krispy yang digoreng tepung.

Seporsi nasi tempong cukup ditebus Rp19.000. Lebih nikmat lagi lauknya ini selalu tersaji panas. Digoreng sesaat kalian pesan jadi sensasi kriuk wadernya maksimal.

9. Nasi Tempong Mbak Ida

9 Nasi Tempong Paling Nendang di Banyuwangi, Pedasnya Menggigit!instagram.com/makananjemberbanyuwangi

Warung nasi tempong ini berlokasi di Jalan Basuki Rahmat, Banyuwangi. Buat yang mau datang warung ini mulai buka pada jam lima sore hingga sembilan malam. Kalian harus siapkan iman karena begitu banyak lauk yang dihadirkan warung ini. Ada lele, ayam goreng, telur dadar dan masih banyak lagi.

Kalau yang favorit biasanya pelanggan banyak yang pesan ikan asin goreng. Meski sangat sederhana tapi sensasi gurih asinnya sangat cocok kalau dicampur nasi dan sambal. Apalagi sambalnya ini beda, selalu diuleg baru sesaat kalian pesan. Jadi selain pedas rasanya juga segar.

Baca Juga: 7 Keseruan Wisata Budaya Banyuwangi di Desa Kemiren, Memorable!

Fatiya Photo Verified Writer Fatiya

Semangat Arek Laros!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya