Comscore Tracker

5 Nasi Pecel di Blitar Ini Bikin Sarapan Jadi Semangat!

Yang ini rasa kencurnya lebih nendang!

Sudah tahu kan, kalau setiap kota di Jawa Timur selalu punya nasi pecel sebagai menu andalan buat santap pagi. Termasuk Blitar yang menawarkan nasi pecel dengan citarasa istimewa. Di kota ini, ulegan sambalnya lebih nendang aroma kencurnya. Nah, buat cobain,  kalian mampir saja ke lima warung nasi pecel berikut. Yakin deh, ini paling enak loh di Blitar!

1. Nasi pecel Pandean

5 Nasi Pecel di Blitar Ini Bikin Sarapan Jadi Semangat!instagram.com/dymas_shah

Makan disini termasuk paling murah. Cukup rogoh saku Rp5.000 sudah kenyang dengan seporsi nasi pecel. Khasnya di sini pakai peyek kedelai yang tebal tapi tetap renyah. Harga segitu sudah sekalian dapat lauk tahu tempe goreng.

Untuk sambal kacangnya sendiri juga pas legit pedasnya dan dikasih banyak. Kalau mau bisa tambah lauk telur ceplok juga. Jangan lupa pesan minum es dawet yang segar yang ada rasa manis gurihnya.

Warung nasi pecel ini berlokasi di Jalan Kedondong No 42, Tenggok, Pandean, Wlingi, Blitar. Buka sejak pukul lima pagi sampai dua siang.

2. Nasi pecel Mbok Bari

5 Nasi Pecel di Blitar Ini Bikin Sarapan Jadi Semangat!instagram.com/feryarifian

Legendaris, terkenal dan eksis sampai sekarang. Warung pecel ini berdiri sejak tahun 1964 silam. Sudah ada enam cabang di blitar. Salah satunya berada di Jalan Ir Soekarno No 93, Sentul, Kepanjenkidul, Blitar.

Dengan uang Rp7.000 kalian bisa dapat nasi dengan topping daun singkong rebus, kecambah dan daun kemangi. Disiram sambal pecel di atasnya. Tak lupa tempe goreng dan peyek. Juga bisa nambah lauk pendamping mulai dari ayam goreng, bothok tawon, sate telur puyuh dan lainnya.

Kalau yang spesial wajib coba nasi pecel rawon. Bedanya, ada tambahan daging sapi dengan potongan besar. Diguyur kuah rawon yang bumbu kluweknya pekat. Rasanya dijamin menyatu di lidah. Apalagi sambal pecelnya khas banget. Ada gurih, manis, pedas dan aroma kencurnya wangi banget.

3. Nasi pecel Mbok Sani

5 Nasi Pecel di Blitar Ini Bikin Sarapan Jadi Semangat!instagram.com/diblitarnet

Warung nasi pecel legendaris ini telah ada sejak tahun 1970 silam. Lokasinya ada di Dusun Kembangan, Sumberjo, Blitar. Buka dari jam enam sampai sepuluh pagi. Setiap hari selalu rame, jadi usahakan datang lebih pagi.

Sediakan uang sebesar Rp 7.000 untuk makan di sini. Seporsi nasi pecel terdiri dari nasi dan sayuran rebusan (tauge, kangkung, daun pepaya). Pakai siraman sambal pecel. Juga lauk seperti tahu tempe goreng dan rempeyek kacang.

Untuk sambalnya sendiri termasuk kategori pedas jadi kalau gak kuat boleh minta sedikit dikurangi. Rasa kacangnya dominan karena diuleg kasar. Biasanya pengunjung pasti nambah perkedel yang merupakan lauk favorit di sini.

Baca Juga: 12 Ribu Bungkus Nasi Pecel Pincuk Dihidangkan Gratis di Madiun

4. Nasi pecel Lambe Ndower

5 Nasi Pecel di Blitar Ini Bikin Sarapan Jadi Semangat!instagram.com/bocahblitar_com

Meskipun terkenal dengan rasa pedas di atas rata rata, warung ini juga menyediakan varian sambal tidak pedas jadi buat yang tidak kuat makan pedas kalian tetap bisa mampir.

Selain nasi pecel di sini juga ada soto ayam yang maknyus. Uniknya kalian bisa request nasi pecel campur soto juga jadi perpaduan creamy sambal pecel dan segar kuah soto menggoda buat dicoba. Isinya ada nasi, suwiran ayam, sayuran rebus, sambal pecel, dadar jagung, tempe goreng, kuah soto dan rempeyek. Kapan lagi kan makan pecel berkuah.

Lokasi warung Lambe Ndower ada di Jalan Irian No 178, Jajar, Kanigoro, Blitar. Warung pecel buka dari jam lima pagi sampai dua belas siang.

5. Nasi pecel Asmara

5 Nasi Pecel di Blitar Ini Bikin Sarapan Jadi Semangat!instagram.com/pecelasmarablitar

Kuliner hidden gem ini bertempat di Desa Kalipucung, Sanankulon, Blitar. Buka setiap hari mulai jam enam pagi sampai dua belas siang.

Nasi ditumpuk aneka sayuran rebus seperti kecipir, sayur sawi, kemangi dan taoge. Tambah tahu tempe goreng selanjutnya disiram sambal kacang. Tak lupa lauk khasnya yang jarang ada di tempat lain yakni menjeng.

Gorengan ini terbuat dari kelapa dicampur singkong. Lengkap lagi pakai rempeyek. Di sini ada dua macam yakni rempeyek kacang dan udang. Menu seabrek ini cukup ditebus dengan harga Rp6.000 sepiring.

Selain dikenal sama nasi pecel tersedia juga jenang sumsum. Ini rasanya juara banget. Bubur sumsum dibuat dari tepung beras dicampur santan. Teksturnya lembut. Disajikan dengan gula merah cair.

Penggemar pecel jika ke Blitar jangan lupa mampir setidaknya satu dari lima tempat di atas ya buat cobain bumbu pecel khas dengan rasa kencurnya yang dominan.

Baca Juga: 5 Warung Pecel Punten Termaknyus Di Kediri, Gurihnya Mantap!

Fatiya Photo Community Writer Fatiya

Care & Share

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You