Comscore Tracker

7 Hidangan Manis Berbahan Dasar Blewah, Gak Melulu Minuman

Ada granita khas Italia, lho!

Jika mendengar kata "blewah", apa yang ada dalam pikiranmu? Buah segar dengan kandungan air cukup banyak ini kerap disajikan dengan es. Ada yang menyebutnya es garbis, ada pula yang dicampur dengan beberapa buah lain, menjadi es buah atau es campur.

Ternyata, blewah gak cuma dihidangkan menjadi es. Blewah juga dapat diolah menjadi makanan maupun dessert. Mau tahu lebih lanjut? Berikut ini hidangan manis berbahan dasar blewah. 

1. Crunch blewah

7 Hidangan Manis Berbahan Dasar Blewah, Gak Melulu Minumanallrecipes.com

Crunch menjadi hidangan berbahan dasar blewah yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Kalau biasanya crunch terbuat dari campuran karamel dan sereal beras. Namun, kali ini cukup blewah dengan campuran tepung.

Tambahan lainnya supaya makin segar, yakni perasan lemon. Sedangkan untuk perasa menggunakan kayu manis, pala dan vanili. Kemudian dioven selama 45 menit dan siap disajikan setelah berwarna cokelat keemasan.

2. Roti blewah

7 Hidangan Manis Berbahan Dasar Blewah, Gak Melulu Minumanjocooks.com

Roti dengan rasa buah mudah banget ditemui. Namun, kali ini ada roti blewah yang beda dari biasanya. Sedangkan bahan yang dibutuhkan mirip roti pada umumnya, seperti telur, tepung, gula.

Blewah menjadi perasa alami yang menyegarkan. Apalagi dipadukan dengan jahe, kayu manis dan vanilla. Supaya blewah kian terasa manis, kamu bisa memotongnya menjadi beberapa bagian. Kemudian dimasukkan dalam freezer, setelah beku, baru diblender dan siap menjadi bahan roti.

3. Pie blewah

7 Hidangan Manis Berbahan Dasar Blewah, Gak Melulu Minumanmygorgeousrecipes.com

Kalau di Indonesia kamu pasti pernah menemukan pie susu yang kerap menjadi oleh-oleh. Tapi, udah pernah coba pie blewah dengan warna oranye yang menyegarkan? Kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah, lho.

Selain blewah yang menjadi bahan utamanya, kamu perlu menambahkan gula, gelatin dan air perasan jeruk. Supaya makin terasa, bisa membuat bola-bola kecil dari blewah sebagai hiasan di atasnya.

Baca Juga: 5 Sajian Segar Berbahan Buah Blewah, Manisnya Bikin Penasaran!

4. Cake blewah

7 Hidangan Manis Berbahan Dasar Blewah, Gak Melulu Minumanbakingafterdark.com

Kamu bosan dengan cake cokelat atau strawberry yang banyak ditemukan di pasaran? Coba berkreasi dengan blewah yang menyegarkan. Kamu juga bisa memadukannya dengan yogurt dan cokelat putih.

Kalau kamu gak mau menjadikan blewah sekadar hiasan, tentunya perlu menghaluskannya. Setelah itu, campurkan dengan bahan lainnya seperti, tepung jagung, gelatin, dan gula. 

5. Muffin blewah

7 Hidangan Manis Berbahan Dasar Blewah, Gak Melulu Minumanpalatablepastime.com

Buat kamu yang gak suka porsi besar untuk makanan manis, coba buat muffin blewah. Kamu pun bisa membuatnya tanpa telur, lho. Sedangkan isiannya, bisa menggunakan kacang kenari atau potongan buah atau buah kering.

Kalau kamu kurang suka manis, bisa menyesuaikan takaran gula. Pasalnya, blewah sudah cukup manis dan berair. Kamu pun bisa menggunakan gula merah jika menginginkan muffin yang lebih manis. 

6. Puding blewah

7 Hidangan Manis Berbahan Dasar Blewah, Gak Melulu Minumanht.co.th

Puding blewah bisa menjadi hidangan segar untuk takjil maupun makanan penutup. Tentunya kamu perlu gelatin bubuk tanpa rasa sebagai campurannya. Sedangkan untuk buah pelengkapnya, bisa menggunakan blueberry atau strawberry.

Kamu pun bisa menambahkan madu dan perasan jeruk, supaya makin nikmat. Apalagi disajikan dalam keadaan dingin, lengkap dengan buah segar.

7. Granita blewah

7 Hidangan Manis Berbahan Dasar Blewah, Gak Melulu Minumanrachaelraymag.com

Satu lagi nih hidangan berbahan dasar blewah yang bisa kamu jadikan makanan penutup, granita. Hidangan satu ini berasal dari Italia yang umumnya dasar kopi atau buah-buahan. Granita menyerupai es serut yang biasanya diberi tambahan minuman beralkohol.

Tenang aja, kamu bisa membuatnya tanpa menggunakan minuman beralkohol. Cukup campurkan blewah, gula pasir, air lemon segar dan es batu. Setelah diblender halus, tuangkan dalam wadah dan bekukan. Bisa dinikmati setelah dikikis dengan garpu dan sajikan dalam gelas.

Gimana, udah gak bingung lagi 'kan mau buat hidangan manis berbahan dasar blewah? Gak melulu dijadikan minuman, bisa juga untuk membuat roti hingga puding. Mana nih yang bikin ngiler?

Baca Juga: 5 Fakta Nutrisi Blewah, Si Bulat Kaya Beta Karoten

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya