Comscore Tracker

5 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Bayi

Tentunya hanya untuk bayi yang sudah makan MPASI ya!

Pada umumnya, banyak orang yang menganggap bit sebagai buah. Nyatanya ini merupakan kesalahan besar. Bit bukanlah termasuk kedalam jenis buah-buahan, melainkan umbi-umbian yang sama seperti bengkoang, wortel, ubi, singkong dan beberapa jenis tanaman umbian lainnya. Bit dianggap sebagai buah karena bentuknya menyerupai buah-buahan yang berwarna merah. 

Bit juga memiliki rasa yang cukup manis dan lembut. Tak heran banyak orang yang membudidayakan tanaman yang satu ini. Selain rasanya yang enak, bit juga mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, tak terkecuali untuk kesehatan si buah hati. Salah satu manfaatnya adalah mampu meningkatkan kecerdasan dan fungsi otak. Nah, berikut ini ada 5 manfaat bit untuk kesehatan si bayi. Yuk simak informasi selengkapnya dibawah ini!

1. Bit merah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang mampu melindungi si buah hati dari gangguan rakhitis

5 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Bayiilustrasi bayi yang sehat (pexels.com/Daniel Reche)

Vitamin dan mineral sangat dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan si bayi. Ada beberapa jenis vitamin dan mineral yang terkandung di dalam umbian ini, seperti yang telah dirangkum dari laman Dr Health Benefits. Kandungan vitamin dan mineral dalam 100 gram bit meliputi:

  • Vitamin C 9 mg
  • Vitamin B-6 067 mg
  • Vitamin A 33 IU
  • Vitamin E 04 mg
  • Vitamin K2 ug
  • Zat besi 80 mg
  • Fosfor 40 mg
  • Natrium 78 mg
  • Kalsium 16 mg
  • Magnesium 23 mg
  • Kalium 325 mg
  • Seng 35 mg

Ternyata bit memiliki banyak sekali vitamin dan mineral yang bermanfaat, salah satunya adalah sebagai pelindung untuk si bayi dari berbagai macam gangguan penyakit, seperti rakhitis atau tulang melunak, osteomalasia, beri-beri dan lain-lain. Untuk mencegahnya sebelum terjadi, sebaiknya berikan umbian ini sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi yang berusia diatas enam bulan.

2. Bit dipercaya dapat melindungi bayi dari penyakit kuning dan hepatitis 

5 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Bayiilustrasi bayi yang sehat (pexels.com/Teemu R)

Penyakit kuning pada bayi ditandai apabila kulit atau bagian putih mata berwarna kekuningan. Pada dasarnya, penyakit ini tidaklah berbahaya jika dapat ditangani dengan tepat. Selain dapat mencegah munculnya penyakit kuning, ternyata bit juga dapat mencegah penyakit hepatitis lho, karena terdapat unsur seng di sana. Untuk mencegah munculnya gangguan ini, cobalah berikan si buah hati umbi merah ini yang telah dihaluskan sebanyak dua hingga tiga sendok makan.

3. Bit juga memiliki khasiat untuk menjaga si bayi dari kekurangan sel darah merah 

5 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Bayiilustrasi bayi yang sehat (pexels.com/Dominika Roseclay)

Kekurangan sel darah merah tidak hanya menyerang orang dewasa, melainkan juga dapat menyerang si bayi lho. Kekurangan sel darah merah atau dikenal juga dengan penyakit anemia, disebabkan karena zat besi di dalam tubuh tidak mencukupi. Zat besi ini merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu memproduksi sel darah merah. Dengan memberikan si bayi bit sebagai makanan pendamping ASI, dipercaya mampu menurunkan risiko munculnya penyakit anemia.

Baca Juga: 5 Manfaat Baby Led Weaning untuk Bayi, Mulai Kenali Sebelum MPASI

4. Jangan takut sistem pencernaan bayi masih belum sempurna, nyatanya memberikan bit sebagai MPASI dapat menyehatkan pencernaannya lho

5 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Bayiilustrasi pencernaan bayi yang sehat (pexels.com/Hasan Albari)

Mungkin kamu masih ragu memberikan bit untuk si buah hati sebagai makanan pendamping ASI. Tapi, bit ternyata aman kok diberikan untuk bayi yang sudah berusia diatas enam bulan. Bit mengandung serat yang cukup tinggi seperti kebanyakan buah dan sayuran lainnya. Serat berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan. Dengan memberikan bit kepada bayi dengan porsi yang cukup, mampu melindungi si buah hati dari gangguan seperti sembelit dan gangguan pada sistem pencernaan lainnya.

5. Bit sangat cocok diberikan kepada bayi untuk perkembangan otak

5 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Bayiilustrasi seorang bayi belajar mengenal sesuatu (pexels.com/Lina Kivaka)

Buat kamu yang mempunyai bayi agar tumbuh dan berkembang menjadi anak yang cerdas, memberikan bit kepada bayi saat masih berusia diatas enam bulan merupakan salah satu cara yang ampuh lho. Bit mengandung zat besi yang berperan aktif dalam membantu melancarkan peredaran sel darah merah menuju otak. Hal ini membuat sel-sel pada otak menerima oksigen dan nutrisi yang cukup, sehingga otak dapat berkembang dengan baik.

Itulah 5 manfaat bit untuk si buah hati. Tidak perlu diragukan lagi bukan, khasiat yang didapatkan dari tanaman berumbi yang satu ini, untuk kesehatan dan perkembangan si buah hati?

Baca Juga: 5 Makanan Tradisional Berbagai Negara dengan Bahan Utama Bit

Fauzan Fadhilah Photo Verified Writer Fauzan Fadhilah

"Tak harus menjadi seperti orang lain, karena kita memiliki ranahnya masing-masing." || Instagram: @ffz_23

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya