Comscore Tracker

Kitchen 101: 5 Tips Merawat Peralatan Masak yang Terbuat Dari Kayu

Bye-bye jamur dan bau tidak sedap!

Siapa nih di sini yang masih menggunakan peralatan masak di dapur yang terbuat dari kayu? Selain harganya yang relatif lebih murah dari peralatan masak berbahan dasar stainless, peralatan masak yang terbuat dari kayu juga lebih awet dan aman.

Dibalik semua keunggulan peralatan masak yang terbuat dari kayu, terdapat dua musuh utama bagi para penggemarnya. Yap, jamur dan bau tidak sedap. Nah, maka dari itu, IDN Times punya beberapa tips yang mampu dan ampuh mengusir kedua hal tersebut dari peralatan masak kayu kesayangan kamu. Catat, ya!

1. Jangan merendam peralatan masak yang terbuat dari kayu

Kitchen 101: 5 Tips Merawat Peralatan Masak yang Terbuat Dari Kayuthepioneerwoman.com

Merendam peralatan masak terbuat dari kayu dapat membuat proses pelapukan lebih cepat. Merendam peralatan masak yang terbuat dari kayu juga menjadi penyebab utama bau tidak sedap yang sangat berpengaruh pada cita rasa makanan. Jadi, segera cuci peralatan masak yang terbuat dari kayu setelah digunakan.

2. Bersihkan dengan campuran garam dan lemon

Kitchen 101: 5 Tips Merawat Peralatan Masak yang Terbuat Dari KayuPexels.com/rawpixel.com

Agar hasilnya maksimal dan terbebas dari bau tidak sedap, kamu bisa nih membersihan talenan, sendok kayu, dan peralatan masak lainnya yang terbuat dari kayu menggunakan campuran lemon dan garam.

Caranya mudah kok, cukup taburkan garam ke atas permukaan peralatan masak dan gosok menggunakan irisan lemon.

3. Bersihkan permukaan peralatan masak menggunakan cuka

Kitchen 101: 5 Tips Merawat Peralatan Masak yang Terbuat Dari Kayufood52.com

Untuk menghilangkan bau tidak sedap pada peralatan masak kayu, kamu bisa menggunakan cuka. Selain itu, cuka juga mampu menjauhkan bau tidak sedap dari koleksi peralatan masak kamu. Cukup semprotkan cuka ke atas permukaan peralatan masak kamu dan lap hingga bersih. Lakukan setiap satu kali seminggu, ya, agar peralatan masak kamu tetap bersih dan terbebas dari bau.

Baca Juga: Gak Pakai Mahal, 5 Bahan di Dapur yang Bisa Memutihkan Ketiak

4. Simpan di tempat yang tidak lembab

Kitchen 101: 5 Tips Merawat Peralatan Masak yang Terbuat Dari Kayuinstructables.com

Pastikan kamu menyimpan koleksi peralatan masak yang terbuat dari kayu di tempat yang terpapar oleh sinar matahari. Jika dapur kamu tertutup, kamu bisa menyimpannya di tempat yang tidak lembab seperti di dekat kompor. Hal ini ampuh mencegah tumbuhnya jamur di permukaan peralatan masak kayu kesayangan kamu.

5. Simpan dalam keadaan kering

Kitchen 101: 5 Tips Merawat Peralatan Masak yang Terbuat Dari Kayufood52.com

Setelah selesai di cuci, keringkan menggunakan lap bersih. Pastikan peralatan masak dari kayu koleksi kamu dalam keadaan benar-benar kering sebelum di simpan agar tidak ditumbuhi oleh jamur.

Mudah banget kan caranya? Jangan lupa dipraktekkan, ya!

Baca Juga: 6 Barang Jadul yang Pasti Pernah Kamu Temukan di Dapur Saat Kecil

Febby Arshani Photo Community Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You