Comscore Tracker

8 Makanan dan Minuman Sehat yang Berpotensi Buruk buat Kesehatan

Makanan rendah lemak sesehat itukah?

Jika kamu melihat makanan dan minuman yang dijual di pasaran, entah itu dalam kemasan atau telah dimasak di dapur, bisa jadi itu tergolong sehat. Namun di baliknya, siapa yang tahu proses pembuatannya?

Tak heran bila ada makanan dan minuman yang sebenarnya sehat, namun jadi kurang sehat karena ada salah kaprah semasa pengolahannya. Berikut ini daftar makanan dan minuman sehat yang berpotensi buruk buat kesehatan.

1. Makanan berlabel rendah lemak atau rendah kalori

8 Makanan dan Minuman Sehat yang Berpotensi Buruk buat KesehatanIlustrasi makanan rendah kalori (Pexels.com/Küflü Çıkın)

Meskipun sudah ada embel-embel rendah lemak atau rendah kalori, kamu tetap harus waspada. Perhatikan dulu porsi yang diukur dan dicantumkan pada kemasan.

Mungkin saja, makanan itu rendah lemak dan kalori karena diukur hanya seperempat kemasan. Tapi jika kamu menghabiskan seluruhnya makanannya dalam suatu kesempatan sekaligus, kalori dan lemaknya bisa tak serendah yang kamu sangka.

2. Kue bebas gula

8 Makanan dan Minuman Sehat yang Berpotensi Buruk buat KesehatanIlustrasi kue (Pexels.com/Dayvison de Oliveira Silva)

Kue tanpa gula bukan berarti tidak ada kalori sama sekali. Kalori pun bisa berasal dari tepung atau potongan cokelat yang dipakai.

Oleh karenanya, telitilah membaca label kandungan kuemu. Cek berulang lebih baik ketimbang menyesal kemudian.

3. Kopi

8 Makanan dan Minuman Sehat yang Berpotensi Buruk buat KesehatanIlustrasi kopi (Pexels.com/Gagan Kaur)

Kopi memang rendah kalori. Tapi, banyak orang menikmatinya dengan gula, krim, cokelat, susu, hingga sirup manis. 

Teman minum kopi itulah yang bisa membawa kalori tinggi untuk tubuh. Jika kamu tidak bisa mengonsumsi kopi begitu saja, cobalah menambahkan gula lebih sedikit dari porsi biasanya. Selain itu, toping-toping lainnya bisa dijauhi.

4. Salad

8 Makanan dan Minuman Sehat yang Berpotensi Buruk buat KesehatanIlustrasi salad (Pexels.com/julie aagaard)

Salad memang identik dengan diet. Bahkan, kita tak sulit lagi menemukan tempat makan yang menyediakan salad di sejumlah restoran, kafe, atau mall.

Namun, teliti lagi dressing yang kamu pilih. Jika pilihanmu jatuh pada saus mayones nan creamy ditambah keju, dietmu bisa saja sia-sia.

Baca Juga: Apa Iya Makanan Mentah Lebih Sehat Daripada Makanan Matang?

5. Buah kering

8 Makanan dan Minuman Sehat yang Berpotensi Buruk buat KesehatanIlustrasi kismis (Pexels.com/Anthony Shkraba)

Buah kering, seperti kismis, sangat sedikit kandungan airnya. Namun, kandungan gula dan kalori tetaplah ada. 

Kalau kamu makan beberapa biji atau segenggam saja, mungkin tak masalah. Tapi jika sekantung yang kamu santap, otomatis kandungan kalori yang masuk ke tubuh juga tinggi. Karenanya, catat baik-baik bahwa buah kering punya kandungan kalori jauh lebih banyak.

6. Jus atau soda

8 Makanan dan Minuman Sehat yang Berpotensi Buruk buat KesehatanIlustrasi jus kemasan dan soda (Pexels.com/Nothing Ahead)

Jus yang dimaksud di sini adalah jus yang terbuat dari gula serta konsentrat rasa buah. Tentunya, kandungannya berbeda dengan jus yang dibuat sendiri tanpa tambahan gula.

Jus yang bukan dari buah asli dan soda biasanya sangat tinggi gula. Parahnya, orang kerap tak menyadari kalori yang tersumbang dari kedua jenis minuman ini!

7. Kacang tanah

8 Makanan dan Minuman Sehat yang Berpotensi Buruk buat KesehatanIlustrasi kacang tanah (Pexels.com/Lucas Pezeta)

Kacang tanah memang jadi sumber protein yang baik. Selain itu, masih ada kandungan vitamin dan mineral.

Namun, tidak berarti kamu bebas makan selai kacang atau produk olahannya sepuas-puasnya sembari nonton film atau sepakbola. Jika mau aman dari kalori, cemil secukupnya atau hanya makan kacang rebus tanpa tambahan bumbu apa pun.

8. Sup

8 Makanan dan Minuman Sehat yang Berpotensi Buruk buat KesehatanIlustrasi sup krim (Pexels.com/Ponyo Sakana)

Ada beragam sup yang bisa kita temui sehari-hari. Sup yang bening dan berisi aneka sayuran, apalagi hangat, bisa menekan nafsu makan yang berlebihan.

Namun, lain halnya dengan sup jagung creamy karena campuran susu dan krim. Terlalu puas menyantapnya, bisa-bisa kamu kebanjiran kalori sebelum menyantap menu utamanya.

Setelah kamu membaca daftar di atas, apa pendapatmu? Ada yang kaget karena baru tersadar akan efek buruknya? Yuk, cermati lagi makanan sehat yang kamu konsumsi!

Baca Juga: 7 Minuman yang Bisa Meredakan Mual dan Menenangkan Perut

Lita Michelle Photo Verified Writer Lita Michelle

I believe the grass is no more greener on the other side

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya