Comscore Tracker

6 Jenis Cokelat yang Wajib Kamu Tahu, Biar Gak Salah Pilih!

Cocok buat kado si doi saat Valentine nih

Selain bunga, cokelat menjadi satu hal yang wajib ada saat hari Valentine. Rasanya yang enak memang bikin hati juga bahagia. Kalau kamu bakal memberikan cokelat ke pasanganmu, pastikan sesuai dengan selera si dia ya!

Biar gak salah pilih, kamu harus tau jenis-jenis cokelat di bawah ini:

1. Unsweetened chocolate

6 Jenis Cokelat yang Wajib Kamu Tahu, Biar Gak Salah Pilih!livestrong.com

Unsweetened chocolate merupakan cokelat yang terdiri dari 100 persen kakao dan nol persen gula. Untuk menggumpalkannya, dibutuhkan lemak kakao.

Rasa yang keluar dari cokelat ini adalah pahit, karena memang tidak ada campuran gula atau susu sedikitpun. Biasanya digunakan sebagai pelengkap pada hidangan penutup yang dipanggang.

2. Cocoa powder

6 Jenis Cokelat yang Wajib Kamu Tahu, Biar Gak Salah Pilih!creativenaturesuperfoods.co.uk

Cocoa powder atau tepung cokelat terbuat dari 100 persen kakao tanpa gula. Tapi, yang membedakan adalah tidak ada lemak kakao di dalamnya. Tepung cokelat ini juga digunakan dalam campuran hidangan penutup dan cokelat panas. Yummy!

3. Dark chocolate

6 Jenis Cokelat yang Wajib Kamu Tahu, Biar Gak Salah Pilih!medicaldaily.com

Dark chocolate bukanlah cokelat terpahit yang kamu kira. Mengandung 70 persen kakao, rasa yang keluar dari cokelat ini adalah pahit, tapi tidak terlalu pekat. Sekitar 30 persen sisanya dicampur dengan gula dan susu. Gak bikin eneg nih!

Baca Juga: 7 Hidangan Inovatif dan Lezat Ini Ternyata Terbuat dari Cokelat

4. Semi-sweet chocolate

6 Jenis Cokelat yang Wajib Kamu Tahu, Biar Gak Salah Pilih!foodretro.com

Di level yang lebih rendah, ada semi-sweet chocolate yang mengandung 60 persen kakao and 40 persen gula. Cokelat ini paling fungsional, karena enak dimakan langsung, dibuat campuran dessert, bahkan sebagai hiasan. 

5. Milk chocolate

6 Jenis Cokelat yang Wajib Kamu Tahu, Biar Gak Salah Pilih!guppyschocolates.co.uk

Milk chocolate memiliki lebih sedikit kandungan kakao di dalamnya, hanya sekitar 10 hinga 40 persen saja. Sisanya gula dan susu. Biar lebih enak, cokelat ini dicampur dengan vanilla untuk menambah rasa dan lesitin untuk melembutkan teksturnya. Creamy!

6. White chocolate

6 Jenis Cokelat yang Wajib Kamu Tahu, Biar Gak Salah Pilih!sweets.seriouseats.com

Yang terakhir adalah white chocolate atau cokelat putih yang tidak memiliki kandungan kakao sama sekali. Cokelat ini terbuat dari lemak kokoa, gula, dan perasa saja. Oh iya, cokelat putih ini bahkan gak dianggap cokelat lho oleh ahli cokelat terdahulu. 

Sekarang sudah paham jenis-jenis cokelat, kan? Mana nih yang favoritmu?

Baca Juga: 10 Makanan Antimainstream yang Dicelup Cokelat, Mind Blowing Banget!

yummy-banner

Topic:

  • Fina Wahibatun Nisa
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya