Comscore Tracker

Bikin Hangat, Ini 5 Warung Ronde Paling Populer di Yogyakarta

Pas banget diminum di musim hujan begini

Kamu suka minuman berbahan jahe? Kuliner ronde sangat pas di lidah ketika sedang kurang enak badan atau membutuhkan santapan hangat di malam hari. Ronde adalah adonan khusus yang terdiri dari campuran tepung beras dan gula merah berbentuk bulatan cantik yang biasanya berwarna pink dan putih.

Nah, jika kamu berkunjung ke Yogyakarta, wajib nih mampir cobain semangkuk hangatnya ronde. Berikut ini adalah ulasan lima warung ronde yang dapat kamu singgahi. Check it out!

1. Ronde Mbah Payem

Bikin Hangat, Ini 5 Warung Ronde Paling Populer di Yogyakartascontent.cdninstagram.com

Mbah Payem konon sudah lama menjual ronde dan merupakan ronde legendaris langganan Presiden ke-2 RI, Soeharto. Biasanya, mbah Payem berjualan ronde di sebelah timur perempatan Kauman, Kota Yogyakarta, sekitar 100 meter ke barat dari Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta.

Uniknya, ronde mbah Payem dibuat dengan cara tradisional, sehingga menghasilkan cita-rasa wedang ronde yang sangat khas. Berjualan sejak tahun 1965 silam, ronde mbah Payem dinilai sebagai salah satu kuliner yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Yogyakarta.

2. Ronde Wasis

Bikin Hangat, Ini 5 Warung Ronde Paling Populer di Yogyakartainstaview.xyz

Berbeda dengan ronde lainnya, warung ini ternyata menjual wedang ronde khas Temanggung, lho! Semangkuk ronde ini dilengkapi dengan kacang gurih dan kuah jahe yang manisnya gak berlebihan. Berlokasi di Jalan Affandi (Gejayan), Sleman Jogjakarta, siap-siap antri jika berkunjung kesini, ya! Rasanya pas di lidah.

3. Ronde Lek Dhie

Bikin Hangat, Ini 5 Warung Ronde Paling Populer di Yogyakartaoleholehjogja.biz

Berlokasi di Jalan Dagen No. 7-12, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta, warung ronde satu ini buka dari jam 5 sore hingga tengah malam, lho! Siap menyuguhkan ronde hangat di tengah malam, warung ini kian menjadi warung favorit warga Yogyakarta.

Selain harum rempahnya yang bikin segar, isi semangkuk ronde Lek Dhie berisi roti kecil, kolang-kaling, dan kacang gurih. Dua jempol!

4. Bakmi Jawa dan Wedang Ronde Sor Ringin

Bikin Hangat, Ini 5 Warung Ronde Paling Populer di Yogyakartaoleholehjogja.biz

Jangan kaget jika setiap hari kamu berkunjung kesini selalu dipenuhi pengunjung. Pasalnya, warung sederhana ini menjual dua kuliner khas Yogyakarta yakni Bakmi Jawa dan Ronde. Berdiri sejak belasan tahun lalu, warung ini menyuguhkan ronde yang pas di lidah. Rasa jahe hangat ronde bikin tenggorokan jadi plong!

Tertarik mencoba? Langsung ke alamat Jl. Anggakaya 1, Depan Kantor Desa Condong Catur, ya!

5. Ronde Pak Seno

Bikin Hangat, Ini 5 Warung Ronde Paling Populer di Yogyakartacookpad.com

Jika kamu berkunjung ke warung ini, kamu akan menemukan dekorasi yang sangat tradisional dan merupakan khas Yogyakarta. Semangkuk ronde Pak Seno ternyata memiliki rasa yang sangat khas, dengan jahe yang sedikit pedas dan ronde yang sangat kenyal. Isi kacang dalam ronde pun tidak terlalu manis.

Penasaran? Kamu dapat menemukan warung ronde Pak Seno di Jalan Sidorejo, Ngestiharjo, Bantul. Nah, warung ini buka dari jam 3 sore hingga tengah malam, lho!

Lagi masuk angin? Yuk, minum ronde di lima warung di atas ini. Pasti jadi segar lagi!

Fransisca Stefanie Chandra Photo Verified Writer Fransisca Stefanie Chandra

a dreamer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You