Comscore Tracker

Mampir ke Sragen, Wajib Cobain 5 Kuliner Populer Ini!

Nomor 3 bikin ngiler~

Kota yang berada sebelah timur Kota Surakarta ini ternyata menyimpan pesona yang tidak bisa diremehkan. Walaupun belum se-populer kota lainnya di Jawa Tengah, namun kamu bisa mencicipi aneka kuliner menggiurkan. Nah, jika kamu mampir ke Sragen, wajib nyobain beberapa kuliner yang pastinya bikin lidah bergoyang? Apa aja, sih? Berikut ini ulasannya, check it out!

1. Sate Kelinci Pak Peng

Mampir ke Sragen, Wajib Cobain 5 Kuliner Populer Ini!instagram.com/annicenathania_

Dari foto di atas aja sudah terlihat menggiurkan, kan? Rasa sate-nya yang sangat isitimewa membawa kedai Pak Peng menjadi ciri khas kuliner legenda kota Sragen yang patut untuk dicicip. Berlokasi di Jl. Maospati - Solo, Karanganyar, Sambung Macan, Kabupaten Sragen, kedai Pak Peng yang sederhana ini selalu penuh dengan antrian panjang, apalagi di jam makan siang. Siap-siap bersabar antri ya, guys!

2. Bakso Rusuk Palur

Mampir ke Sragen, Wajib Cobain 5 Kuliner Populer Ini!instagram.com/adidwi16

Musim hujan selalu mendorong pecinta kuliner untuk menyantap menu hangat seperti bakso. Semangkuk bakso rusuk di kedai ini berisi empat butir bakso, beberapa potongan rusuk atau iga sapi, mie, serta taburan bawang merah goreng dan seledri yang disiram kuah yang masih panas.

Bakso rusuk di kedai ini terkenal sangat enak dan menjadi kuliner wajib untuk disantap. Penasaran ingin mencoba-nya? Yuk, mampir ke Jl Raya Solo – Ngawi, Jetak, Sine, Kabupaten Sragen!

3. Soto Girin

Mampir ke Sragen, Wajib Cobain 5 Kuliner Populer Ini!instagram.com/kyirfano

Selain bakso, menu Soto juga menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk menyantap sajian hangat. Yang unik dari kuliner ini adalah cara memasak yang masih menggunakan kuali dari tanah liat dan perapiannya memakai kayu bakar sehingga menciptakan nikmat yang tiada duanya.

Kuahnya yang berwarna kuning kecokelatan dan kaldu yang lebih kental menjadi ciri khas yang bikin ketagihan. Semangkuk soto ini berisi nasi hangat, potongan daging, kecambah, bawang goreng, serta daun seledri. Penasaran, kan? Soto Girin berlokasi di Jl. Brigjen Katamso no 2, Ringinanom.

4. Sate Taichan

Mampir ke Sragen, Wajib Cobain 5 Kuliner Populer Ini!instagram.com/taichangoreng.sragen

Berlokasi di Jl Yodarso No. 15 Gendingan Sragen Tengah, kedai Sate Taichan ini hadir dengan menu sate yang lengkap dan menggugah selera penikmat-nya. Sate di kedai ini berbahan dasar daging ayam dimasak dengan cara dibakar atau digoreng tanpa baluran bumbu kacang atau kecap seperti pada umumnya.

Disajikan dengan sambal dan perasan jeruk nipis, membuat sate ini terasa berbeda dan sangat pas di lidah. Nah, selain sate Taichan, kamu dapat menikmati menu lainnya seperti  sate dengan bahan kulit ayam dan usus ayam serta telur ayam lho. Dua jempol!

5. Warung Sate Sapi & Soto Buthek Bu Hanna

Mampir ke Sragen, Wajib Cobain 5 Kuliner Populer Ini!instagram.com/sasmitaedo

Soto Buthek Bu Hana ini menyediakan soto spesial daging sapi. Disebut Soto Buthek karena kuah soto ini memang buthek yang dalam bahasa Indonesia berarti keruh. Hal ini dikarenakan soto tersebut diolah dengan berbagai macam rempah-rempah khas Indonesia yang bikin makin sedap.

Menariknya, soto ini disajikan tanpa santan, kaya rempah, dan rendah kolesterol sehingga aman dikonsumsi oleh penikmat kuliner di segala usia. Gak perlu khawatir, karena kedai ini juga menyuguhkan menu lain seperti Thengkleng, Tongseng, Sop Iga, dan Sop Buntut. Lagi lapar? Langsung ke alamat Jalan Raya Masaran – Sragen km 11 (depan Kantor Kecamatan Masaran), yuk!

Kamu berencana ke Sragen? Jangan lupa nikmati lima kuliner di atas ya~

Fransisca Stefanie Chandra Photo Verified Writer Fransisca Stefanie Chandra

a dreamer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You