Comscore Tracker

7 Makanan Kaki Lima Khas Taiwan yang Wajib Kamu Jajal, Awas Kalap!

Ada yang manis-manis dan gurih-gurih

Berbicara soal Taiwan, pasti gak lepas dari pembicaraan tentang kuliner. Yup, bisa dibilang jiran China ini merupakan surga bagi kamu yang hobi jajan. Ada banyak sekali ragam makanan yang bisa kamu coba ketika bertandang ke negara ini.

Kalau biasanya Taiwan identik dengan minuman boba, alias bubble tea, ataupun xiao long bao-nya, kali ini, kita akan membahas kuliner khas lainnya yang gak kalah menggoyang lidah. Ada apa saja, ya?

Mari simak informasi tentang tujuh makanan kaki lima khas Taiwan yang wajib kamu jajal. Kuy, baca sampai habis!

1. Ba Wan 

7 Makanan Kaki Lima Khas Taiwan yang Wajib Kamu Jajal, Awas Kalap!ba wan khas Taiwan (dok. YouTube/TaiwanCooking)

Kuliner khas Taiwan yang pertama adalah Ba Wan. Kalau dilihat-lihat, namanya mirip bakwan di Indonesia, ya? Tapi, jajanan yang satu ini cukup berbeda, ya, Gengs.

Ba Wan sendiri merupakan sejenis dumpling (pangsit) raksasa yang terbuat dari campuran tepung beras, tepung jagung, dan tepung ubi jalar. Karena merupakan pangsit, biasanya makanan kaki lima yang satu ini memiliki isian berupa daging babi, jamur, sayuran, dan telur.

Di samping itu, Ba Wan lebih sering dikukus. Selain itu, kudapan yang telah dianggap sebagai makanan nasional Taiwan ini juga sering disantap dengan siraman kaldu ataupun saus pedas-manis.

2. Ji Pai

7 Makanan Kaki Lima Khas Taiwan yang Wajib Kamu Jajal, Awas Kalap!ji pai khas Taiwan (dok. YouTube/푸드링FoodRing)

Kamu suka katsu ayam goreng? Taiwan juga punya, nih. Namanya Ji Pai. Bisa dibilang, jalan-jalan ke Taiwan belum lengkap kalau gak coba makanan kaki lima yang satu ini. Namun, ada yang unik dari Ji Pai, yaitu ukuran potongan dagingnya yang jumbo.

Sensasi rasa Ji Pai didominasi oleh baluran rasa asin dan pedasnya lada. Namun, kalau suka pedas, kamu bisa banget minta dibubuhi bubuk cabai. Awas kalap dengan kelezatan dan tekstur crispy Ji Pai, ya!

3. Dan Huang Su 

7 Makanan Kaki Lima Khas Taiwan yang Wajib Kamu Jajal, Awas Kalap!dan huang su khas Taiwan (omnivorescookbook.com)

Dari Ji Pai yang renyah, jajanan khas Taiwan berikutnya adalah Dan Huang Su. Visualnya mirip banget pia di Indonesia, ya? Namun, yang berbeda adalah isiannya.

Dan Huang Su sendiri adalah sejenis kue-kuean dengan isian seperti mooncake, yaitu kuning telur bebek yang diasinkan beserta pasta kacang merah. Atau, bisa dibilang makanan kaki lima ini adalah kue bulan versi pia.

Makanan yang sering dikonsumsi saat festival Mid-Autumn (pertengahan musim gugur) ini memiliki rasa manis-asin, kombinasi dari kuning telur dan isian pastanya. Tidak hanya itu, kuenya yang flaky dijamin bakal bikin kamu ketagihan, deh.

Baca Juga: 5 Sup Lezat Khas Taiwan, Segar Kuahnya Bikin Ketagihan! 

4. Ice cream burrito 

7 Makanan Kaki Lima Khas Taiwan yang Wajib Kamu Jajal, Awas Kalap!ice cream burrito khas Taiwan (dok. YouTube/Travel Thirsty)

Pernah kepikiran makan burrito sama es krim? Nah, Taiwan punya inovasi yang cukup unik, nih. Adalah run bing atau ice cream burrito, salah satu makanan kaki lima khas Taiwan yang wajib kamu jajal.

Bagaimana tidak? Kuliner ini menggabungkan es krim (rasa nanas, taro, atau kacang) dengan remahan kacang tanah, daging, kubis, dan daun ketumbar. Tidak lupa bahan-bahan tadi ditaruh di atas lumpia, lalu dilipat layaknya burrito.

Kombinasi isiannya tentu memberikan sensasi makan yang unik, yaitu manis, gurih, kenyal, dan creamy. Yum!

5. Tahu busuk 

7 Makanan Kaki Lima Khas Taiwan yang Wajib Kamu Jajal, Awas Kalap!tahu busuk khas Taiwan (pixabay.com/sgltw2017)

Berbeda dengan kuliner khas Taiwan lainnya, hanya orang pemberani saja mau mencoba makanan ini. Seperti julukannya, chou doufu alias stinky tofu (tahu busuk) memiliki bau yang kurang sedap. Ada yang bilang mirip bau sampah busuk atau kaus kaki lama.

Tahu fermentasi ini memang tidak dimakan secara langsung. Biasanya, stinky tofu digoreng, dikukus, ataupun di-stew sebelum disantap. Meskipun sudah diolah, rasa "tanah" dan bau tajamnya terkadang tidak hilang. Berani coba?

6. Gua Bao 

7 Makanan Kaki Lima Khas Taiwan yang Wajib Kamu Jajal, Awas Kalap!gua bao khas Taiwan (dok. YouTube/Omnivore's Cookbook)

Makanan kaki lima berikutnya adalah hamburger ala Taiwan, nih, Gengs. Orang lokal menyebutnya Gua Bao. Tentu, jajanan ini juga memiliki keunikannya tersendiri.

Kalau biasanya hamburger memakai roti wijennya, kuliner khas Taiwan ini menggunakan roti kukus. Kemudian, ditambahkan sejumlah filling, meliputi daging rebus, acar kubis, dan bubuk kacang.

Di setiap gigitan, perpaduan rasa asin, manis, dan asamnya lumer di mulut. Hmm, kayaknya enak, ya?

7. Taro balls 

7 Makanan Kaki Lima Khas Taiwan yang Wajib Kamu Jajal, Awas Kalap!taro balls khas Taiwan (instagram.com/jacquelinechui)

Kalau berpelesir ke Taiwan, kamu gak boleh ngelewatin taro balls (芋圓). Dari namanya, kamu pasti tahu kalau kudapan ini terdiri atas bola-bola kenyal yang terbuat dari taro. Namun, kamu juga bisa menambahkan topping lain, seperti cincau, kacang merah, boba, ataupun kembang tahu.

Kamu bisa menikmatinya dengan kuah jahe hangat ataupun serutan es yang dingin. Jangan lupa beri siraman susu kental manis supaya kelezatannya makin pol abis, ya!

Taiwan memanglah surga kuliner. Ada banyak jajanan yang bisa kamu coba saat mengunjunginya. Nah, dari ketujuh makanan kaki lima khas Taiwan tadi, mana yang paling pengin kamu coba?

Baca Juga: 5 Ragam Kreasi Cimol Menarik, Jajanan yang Bikin Betah Ngunyah!

E N C E K U B I N A Photo Verified Writer E N C E K U B I N A

Mau cari kerja yang bisa rebahan terus~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya