Comscore Tracker

Pencinta Kuliner Wajib Tahu, Ini 8 Daftar Perayaan Hari Kuliner Sedunia

Ternyata ada hari cokelat sedunia lho. Siapa gak sabar menunggunya?

Ternyata hari peringatan gak cuma dihelat untuk mengenang sebuah kejadian maupun sosok inspiratif, lho. Di banyak negara, ada beberapa makanan dan minuman yang dirayakan pada hari tertentu.

Beberapa di antara kuliner tersebut memang dirayakan dalam rangka memberi kesadaran masyarakat akan pentingnya makanan dan minuman tersebut bagi manusia di Bumi.

Buat para pencinta kuliner, wajib tahu nih makanan dan minuman apa aja yang dirayakan di seluruh dunia, seperti yang dikutip dari Unileverfoodsolutions.com. Pastinya di setiap hari peringatan tersebut digelar acara-acara seru berkaitan dengan kuliner yang dirayakan.

1. Hari Pancake Sedunia (47 hari sebelum Paskah)

Pencinta Kuliner Wajib Tahu, Ini 8 Daftar Perayaan Hari Kuliner Seduniaallmercednews.com

Meski tidak dideklarasikan secara internasional, tapi tidak sedikit negara yang merayakan hari pancake. Perayaan ini juga sering dikenal dengan Shrove Tuesday yang dirayakan setiap hari pertama puasa Paskah bagi umat Kristen.

Tentunya ada maksud baik kenapa pancake dijadikan makanan khusus di hari ini. Pada hari Selasa atau sehari sebelum Rabu Abu, menjadi hari perenungan bagi umat Kristen untuk mengingat kesalahan-kesalahannya dan bertobat selama musim sebelum Paskah. Shrove Tuesday sendiri artinya adalah hari pengakuan dosa.

Nah, pada hari ini ada makanan berlemak yang wajib dikonsumsi sebelum puasa ritual pra-Paskah. Pancake menjadi tradisi makanan di Inggris untuk dihidangkan pada Shrove Tuesday karena kue ini terbuat dari telur dan mentega di mana kedua bahan tersebut dilarang digunakan selama berpuasa.

2. Hari Susu Sedunia (1 Juni)

Pencinta Kuliner Wajib Tahu, Ini 8 Daftar Perayaan Hari Kuliner Seduniahuffingtonpost.com

Minuman favorit siapa, nih? Susu ternyata juga dirayakan di seluruh dunia. Hari susu sedunia ini digagas oleh Food and Agriculture Organisation (FAO), lembaga di bawah PBB yang menaungi soal pertanian dan pangan dunia pada tahun 2001. 

Menurut FAO, susu merupakan salah satu asupan penting bagi tubuh kita. Maka, untuk mengampanyekan hal ini FAO membuat peringatan hari susu sedunia.

Terlebih, sebelum ada pertemuan FAO dengan berbagai negara untuk membahas pentingnya susu sebagai menu makanan global, sudah banyak negara yang memperingati hari susu. Akhirnya, dicetuskanlah hari susu sedunia ini.

3. Hari Sushi Sedunia (18 Juni)

Pencinta Kuliner Wajib Tahu, Ini 8 Daftar Perayaan Hari Kuliner Seduniaindependent.co.uk

Selama dua dekade terakhir ini sushi jadi makanan yang banyak digemari masyarakat. Kuliner asli dari Jepang ini meski sederhana tapi selalu nagih. Nah, sejak tahun 2009 ternyata dunia mencanangkan hari sushi internasional yang jatuh pada tanggal 18 Juni.

Hari sushi internasional diperingati untuk merayakan kelezatan dari makanan ini serta mengeksplorasi mix and match segala bahan makanan untuk dijadikan sushi. Oh, tentu saja di hari ini kamu sangat boleh membuat sushi versimu sendiri dengan bahan-bahan makanan sesuai seleramu. 

Kalau gak suka ikan, isiannya bisa diganti dengan daging lainnya. Tujuan dari peringatan ini memang cuma satu: mengajak semua orang di seluruh dunia untuk makan sushi sebanyak-banyaknya.

Wow, seru banget, ya! So, jangan lupa catat tanggalnya. Siapa tahu kalau kamu gak sempat bikin sushi sendiri malah ada banyak promo makan sushi di tempat-tempat makan khas Jepang.

4. Hari Cokelat Sedunia (7 Juli)

Pencinta Kuliner Wajib Tahu, Ini 8 Daftar Perayaan Hari Kuliner Seduniapetitepatriechocolate.com

Makan cokelat sepuasnya ternyata gak cuma bisa dilakukan pas hari Valentine, lho. Pada 7 Juli nanti akan ada peringatan hari cokelat sedunia di mana kita bisa mengonsumsi cokelat sampai kenyang!

Menurut beberapa catatan sejarah, tanggal tersebut diyakini sebagai hari pertama cokelat bar diperkenalkan di Benua Eropa pada 1847. Pencipta cokelat bar ini adalah Joseph Fry asal Inggris.

Ia mengolah cokelat dengan cara yang berbeda. Bila cokelat dulu hanya bisa dikonsumsi dalam bentuk cair, ia menambahkan butter kakao ke dalam cokelat sehingga menghasilkan cokelat yang padat.

Namun, ada juga perayaan hari cokelat internasional di tanggal lain. National Confectioners Association yang berada di Amerika Serikat mendeklarasikan Hari Cokelat Internasional pada 13 September. Tanggal tersebut bertepatan dengan hari ulang tahun pendiri merk cokelat Hershey Co, Milton S Hershey.

5. Hari Kopi Internasional (1 Oktober)

Pencinta Kuliner Wajib Tahu, Ini 8 Daftar Perayaan Hari Kuliner Seduniaburst.shopify.com

Sejak tanggal 29 September hingga 1 Oktober, 77 negara anggota International Coffee Organisation (ICO) dan beberapa asosiasi kopi seluruh dunia merayakan hari kopi internasional.

Menurut ICO, hari tersebut merupakan perayaan perjalanan sebuah kopi mulai dari perkebunan hingga menjadi minuman nikmat di cangkirmu. Hal ini juga sebagai bentuk penghormatan kepada para petani kopi di seluruh dunia.

Pada hari yang spesial khususnya bagi para pecinta kopi ini tentunya diadakan banyak sekali acara. Selain seminar-seminar tentang kopi, di berbagai negara juga diadakan festival kopi di mana kamu bisa mencicipi beragam jenis kopi sampai kembung!

6. Hari Telur Sedunia (Jumat ke-2 bulan Oktober)

Pencinta Kuliner Wajib Tahu, Ini 8 Daftar Perayaan Hari Kuliner Seduniainspiredtaste.net

Hari telur sedunia mulai diperingati sejak tahun 1996 yang dideklarasikan oleh IEC Vienna 1996 Conference. Peringatan ini diselenggarakan dalam rangka memberikan kesadaran akan pentingnya telur sebagai bahan makanan.

Di banyak negara, telur ternyata berperan besar sebagai menu makanan bagi para keluarga di seluruh dunia. Selain harganya yang terjangkau, kandungan gizi dalam telur tidak bisa diragukan lagi kebaikannya. Telur merupakan sumber protein terbaik yang sangat berguna bagi tubuh kita.

Hari telur sedunia diperingati setiap hari Jumat ke-2 bulan Oktober. Untuk tahun ini, peringatan tersebut jatuh pada tanggal 12 Oktober.

7. Hari Pasta Sedunia (25 Oktober)

Pencinta Kuliner Wajib Tahu, Ini 8 Daftar Perayaan Hari Kuliner Seduniataste.com.au

Ini juga jadi makanan favorit seluruh warga dunia selain sushi. Hari pasta sedunia sudah diperingati sejak tahun 1995 lho. Pada tanggal 25 Oktober tahun tersebut, para ahli pangan dari seluruh dunia berkumpul dan mendiskusikan soal panorama pasta. Akhirnya, di akhir konferensi tersebut dicetuskan hari pasta sedunia untuk mengajak masyarakat makan pasta.

Untuk merayakannya, kamu bisa memasak pasta dengan olahan bumbu favoritmu. Biar makin seru, jangan lupa bikin porsi besar dan membagi-bagikannya pada teman dan tetangga, ya!

8. Hari Vegan Sedunia (1 November)

Pencinta Kuliner Wajib Tahu, Ini 8 Daftar Perayaan Hari Kuliner Seduniacookinglight.com

Jelang akhir tahun, sudah saatnya mengurangi makan makanan yang gak sehat. Maka, 1 November boleh jadi kesempatan emas untuk memulai makan sehat karena hari ini diperingati sebagai hari vegan sedunia!

Hari vegan ini pertama kali dicanangkan tahun 1994 oleh Louise Wallis, ketua dari The Vegan Society di Inggris dalam rangka merayakan ulang tahun asosiasi yang ke-50 serta mengampanyekan "vegan" dan "veganism". 

Veganism merupakan jenis diet di mana orang tidak mengonsumsi makanan yang mengandung produk hewan. Mereka hanya mengonsumsi makanan nabati, termasuk mengganti susu sapi dengan susu berbahan dasar tumbuhan.

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya