Comscore Tracker

5 Camilan Nikmat Khas Banjar Bikin Kamu Gak Berhenti Ngunyah!

#ANGPOIN Kelezatan rasanya bikin ketagihan

Satu hal yang tak boleh kamu lewatkan saat mengunjungi Banjarmasin adalah, mencicipi sajian kuliner khas Banjar. Banjarmasin tak hanya punya Soto Banjar saja lho! Ada beraneka macam camilan di Kota Seribu Sungai ini, yang wajib untuk kamu cicipi.

Berikut ini adalah 5 camilan khas Banjar, yang sekali saja kamu mencicipinya, akan membuatmu tak berhenti mengunyah.

1. Rabuk Ikan Haruan

5 Camilan Nikmat Khas Banjar Bikin Kamu Gak Berhenti Ngunyah!instazu.com

Rabuk ikan bisa dibilang sebagai abonnya Banjar. Jika biasanya abon dibuat dari daging sapi atau pun daging ayam, abon khas Banjar ini berbahan dasar ikan haruan atau gabus. Ikan ini memang menjadi salah satu hasil tangkapan umum di banyaknya sungai di Kalimantan Selatan, khususnya Banjarmasin.

Selain menawarkan kegurihan, camilan ini juga kaya akan protein lho! Kamu bisa mengonsumsinya langsung sebagai camilan, atau pun menjadikannya pendamping makan nasi.

2. Kue Rangai

5 Camilan Nikmat Khas Banjar Bikin Kamu Gak Berhenti Ngunyah!commons.wikimedia.org

Camilan gurih selanjutnya yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Banjarmasin adalah Kue Rangai. Kue Rangai ini terutama sekali laris manis disajikan saat lebaran.

Camilan yang memiliki cita rasa manis ini, dibuat dari bahan berupa tepung sagu, kelapa yang telah disangrai, serta gula aren. Aromanya yang begitu harum setelah dipanggang, akan menggoda indra penciumanmu.

Baca Juga: 12 Kuliner Paling Populer di Medan, Wajib Mampir Nih!

3. Putri Selat

5 Camilan Nikmat Khas Banjar Bikin Kamu Gak Berhenti Ngunyah!publicinsta.com

Ingin merasakan bagaimana kelezatan camilan khas Kerajaan Banjar? Kamu harus mencicipi Putri Selat! Camilan ini memiliki rupa yang unik, terlihat dari 3 lapisannya yang berbeda warna, yaitu hijau, kuning kecokelatan, dan putih.

Tekstur camilan ini kenyal, serupa dengan kue talam, karena terbuat dari santai, tepung beras, tepung terigu, serta daun suji dan gula merah sebagai pewarnanya.

4. Bingka Barandam

5 Camilan Nikmat Khas Banjar Bikin Kamu Gak Berhenti Ngunyah!instagram.com/cemil_comel_amuntai

Sama seperti Putri Selat, Bingka Baranda juga merupakan camilan khas Kerajaan Banjar. Camilan ini memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa yang manis.

Kata ‘barandam’ yang berarti berendam ditambahkan, karena memang camilan ini disajikan dengan kuah berupa sirup gula. Cita rasa dari bingkanya pun kini dibuat beragam, ada yang rasanya nangka, kelapa, bahkan juga keju dan cokelat.

5. Dodol Kandangan

5 Camilan Nikmat Khas Banjar Bikin Kamu Gak Berhenti Ngunyah!ksmtour.com

Dodol Kandangan merupakan camilan yang wajib dijadikan sebagai buah tangan, saat kembali dari Banjarmasin. Bahan utamanya yang terdiri dari beras ketan, gula aren, dan juga santan kelapa yang bagus kualitasnya.

Alhasil, dodol pun jadi begitu lembut saat dikunyah dan terasa manis. Dodol Kandangan bebas dari pengawet, serta tersedia dalam beragam varian rasa lain seperti kacang, kelapa, dan nangka.

Itulah tadi 5 camilan khas Banjar, yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja saat kamu berkunjung ke sana. Jika tak memiliki kesempatan mendatanginya langsung, kamu juga bisa, kok memesan camilan ini atau bahkan mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selamat menikmati kelezatan semua camilan enak ini, ya!

Baca Juga: 5 Kue Khas Banjarmasin Ini Cocok Disantap Saat Lebaran, Endes!

Gusti Hafsari Photo Verified Writer Gusti Hafsari

Thriller is not my cup of tea

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya