Comscore Tracker

Sabet Rekor MURI, Begini Sedapnya Nasi Buwuhan Khas Bojonegoro 

Cita rasa pedesaan yang pasti ngangenin!

Pada tanggal 14 Juli, 25.000 bungkus nasi buwuhan berhasil mendapatkan rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Bagi orang dari luar daerah Bojonegoro mungkin masih asing dengan nama makanan ini, sebab memang nasi buwuhan belum lama ditetapkan sebagai penganan khas.

Meski demikian, sebenarnya masyarakat Bojonegoro sendiri sudah lama akrab dengan nasi buwuhan, terutama mereka yang di daerah pedesaan. Pemecahan rekor muri bulan lalu ini juga merupakan langkah awal agar kelezatan nasi buwuhan bisa dikenal lebih banyak orang. 

1. Nasi buwuhan merupakan makanan khas Bojonegoro yang mempunyai cita rasa pedesaan yang sederhana namun nikmat

Sabet Rekor MURI, Begini Sedapnya Nasi Buwuhan Khas Bojonegoro instagram.com/eastjawatrip.id

Di masyarakat pedesaan, nasi buwuhan awalnya merupakan makanan yang khusus di buat ketika seseorang menyelenggarakan hajatan. Kata "buwuhan" sendiri mempunyai makna 'hajatan'. Seiring banyaknya permintaan dan minat nasi buwuhan ini akhirnya dijadikan makanan keseharian yang mudah ditemui di warung-warung dan pedagang kaki lima.

2. Yang paling khas dari nasi buwuhan adalah wadahnya yang menggunakan daun jati

Sabet Rekor MURI, Begini Sedapnya Nasi Buwuhan Khas Bojonegoro lifestyle.sindonews.com

Hal yang unik dari nasi buwuhan yaitu wadah atau bungkusnya yang menggunakan daun jati. Iya, daun dari pohon jati yang biasa dipakai sebagai bahan furnitur itu. Bungkus daun jati ini mempunyai wangi yang khas dan makanan terasa lebih enak. Meskipun sederhana, daun jati ini juga mampu menimbulkan sensasi lezat yang berbeda dan tentunya bikin nagih. 

3. Hidangan ini berisikan nasi dan lauk utama berupa momoh tempe, mie kuning, tumis pepaya muda, dan sayur tewel

Sabet Rekor MURI, Begini Sedapnya Nasi Buwuhan Khas Bojonegoro instagram.com/zulfi_mayrisna

Hal lain yang menjadi ciri khas nasi buwuhan adalah lauk pauknya. Nasi buwuhan umumnya kurang lengkap jika tidak disertai lauk berupa mi kuning, momoh tempe, sayur tewel atau bisa juga sayur pepaya muda. Bumbunya yang melimpah di setiap jenis lauk pastinya mampu membuat lidahmu terus bergoyang. 

Baca Juga: Yuk ke 10 Destinasi Asyik di Bojonegoro dan Ramaikan #PesonaMudik2019

4. Agar semakin spesial, bisa ditambah lauk tambahan berupa tempe goreng, ayam telur balado atau sate komo serta rempeyek

Sabet Rekor MURI, Begini Sedapnya Nasi Buwuhan Khas Bojonegoro detakpos.com

Kenikmatan dari nasi buwuhan akan menjadi semakin spesial ketika disantap dengan lauk tambahan. Lauk tambahan yang cocok disandingkan dengan lauk utama antara lain tempe goreng, sate komo (daging sapi), sate telur puyuh, ayam goreng, telur balado serta rempeyek teri atau kacang. Kita bisa memilih sesuai dengan selera. 

5. Sedapnya nasi buwuhan kian mantap ketika dimakan hangat-hangat, langsung dengan menggunakan tangan

Sabet Rekor MURI, Begini Sedapnya Nasi Buwuhan Khas Bojonegoro instagram.com/zulfi_mayrisna

Hidangan dari nasi putih memang selalu lebih nikmat ketika disantap selagi hangat. Wanginya nasi dan lauk pauk  yang masih segar dipadu dengan khas aroma daun jati  mampu membuai indra penciuman dan menerbitkan liur di indra pengecapan. Sensasi nikmatnya cita rasa pedesaan nasi buwuhan ini semakin sempurna ketika jari-jari kita sendiri yang menjamahnya.

Nah, jika kamu masih penasaran bagaimana sensasi makan nasi buwuhan dengan wadah daun jati, coba saja sendiri saat berkunjung  kota Bojonegoro ya.

Baca Juga: Enak Banget, 6 Kuliner Khas Bojonegoro Ini Bisa Bikin Kamu Ketagihan

Hanifah Nd Photo Community Writer Hanifah Nd

In the journey of finding Y

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You