Comscore Tracker

Gak Cuma Buat Lalapan, Ini Dia 7 Manfaat Timun untuk Kesehatan

Timun cuma buat lalap? RUGI~

Gak cuma enak dijadikan lalapan, ternyata timun punya segudang manfaat untuk kesehatan lho! Mulai dari bisa mencerahkan wajah sampai mencegah penyakit kanker, semuanya bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi mentimun. Gak percaya, yuks kita lihat penjelasannya di bawah ini.

1. Menghidrasi kulit

Gak Cuma Buat Lalapan, Ini Dia 7 Manfaat Timun untuk KesehatanInstagram.com/catra.medika

Manfaat pertama yang bakal kamu dapetin setelah mengkonsumsi metimun adalah menghidrasi kulit. Yups, kandungan air  sekitar 96 % dalam mentimun mampu membuat kulit kamu tetap lembab dan segar. Cukup dengan membuatnya menjadi masker ataupun lotion, maka kulit kamu akan mendapatkan kulit wajah yang sehat terawat.

2. Mencerahkan kulit

Gak Cuma Buat Lalapan, Ini Dia 7 Manfaat Timun untuk KesehatanInstagram.com/ammarashalihah_boutique

Selain dapat melembabkan kulit, mentimun juga bisa mencerahkan wajah lho. Bahkan mentimun bisa juga menjadi tabir surya alami agar kulitmu terlindungi dari paparan sinar matahari secara langsung. Gak cuma itu, kandungan potasium yang ada pada mentimun juga sangat membantu mengatasi masalah kulit kering. Kamu cukup  membuatnya menjadi jus ataupun masker yang diaplikasikan ke wajah , pasti deh wajah kamu bakal besinar.

3. Mengurangi ruam dan noda bekas luka

Gak Cuma Buat Lalapan, Ini Dia 7 Manfaat Timun untuk Kesehatanunsplash.com/harshalhirve

Nah, buat kamu yang lagi galau akibat ruam ataupun bekas luka yang tak kunjung sirna, kamu bisa coba gunain mentimun sebagai obatnya. Kandungan air yang tinggi serta vitamin A, B, dan C pada metimun dipercaya ampuh menyamarkan bekas luka dan ruam. Cukup dengan menghaluskan mentimun dan mencampurkan dengan perasan lemon, maka ruam dan bekas lukamu akan tersamarkan.

Baca Juga: 5 Rasa Snack Unik yang Dijual di Rusia, Ada Soda Rasa Mentimun Nih!

4. Anti penuaan

Gak Cuma Buat Lalapan, Ini Dia 7 Manfaat Timun untuk Kesehatanthaythuocvietnam.vn

Mentimun juga bisa jadi anti aging lho. Kandungan mangan dan kalium yang ada pada mentimun, di percaya ampuh menyamarkan garis-garis halus serta mengencangkan kulit wajah yang mulai longgar. Cukup dengan membuat masker mentimun dicampur dengan putih telur, maka wajahmu akan terlihat awet muda terus.

5. Menghilangkan lingkaran hitam serta mata bengkak

Gak Cuma Buat Lalapan, Ini Dia 7 Manfaat Timun untuk Kesehatanangelagold.com.vn

Selanjutnya mentimun punya manfaat untuk menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata. Gak cuma itu, mentimun juga bisa mengempiskan mata kamu yang bengkak akibat kelelahan. Cukup dengan menempelkan irisan mentimun di mata kamu selama kurang lebih 20 menit, maka kamu akan merasakan fresh dan sejuk di mata kamu. Dan kamu bisa katan selmat tinggal mata panda.

6. Menguatkan rambut

Gak Cuma Buat Lalapan, Ini Dia 7 Manfaat Timun untuk Kesehatanunsplash.com/henrihere

Kandungan magnesium dan vitamin lainnya yang ada pada mentimun juga bisa membuat akar rambut menjadi kuat lho. Dengan rutin mengkonsumsi jus mentimun dan membuat masker rambut dari mentimun kamu bakal dapetin rambut panjang yang sehat dan kuat. So, kamu bakal tampil percaya diri dengan rambut kamu yang indah dan sehat.

7. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Gak Cuma Buat Lalapan, Ini Dia 7 Manfaat Timun untuk KesehatanInstagram.com/runa.natural

Terakhir, mentimun juga bisa menjadi penghambat pertumbuhan sel kanker nih guys.
Mentimun memiliki kandungan lignan dan cucurbitacun yang dipercaya mampu  melindungi tubuh dari serangan kanker. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan, salah satu kandugan mentimun yang mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat adalah flavonoid fisetin.

Masih banyak lagi guys manfaat mentimun bagi kesehatan kita. So, mulai sekarang rajin-rajin deh mengkonsumsi timun.

Baca Juga: Buah Mirip Mentimun Ini Ternyata Alpukat Tanpa Biji, Sudah Coba?

Ocha Lubis Photo Verified Writer Ocha Lubis

I like food so iam interesting for cooking. Iam simple how about u ☺☺☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya