Comscore Tracker

5 Kreasi Masakan dari Bumbu Bekas Rebusan Ayam, Jangan Keburu Dibuang!

Inspirasi masakan unik yang mudah banget untuk ditiru

Bumbu bekas rebusan ayam ini, selain harum juga sangat berkaldu karena sebelumnya digunakan untuk merebus ayam dalam waktu yang cukup lama. Dibuat dari bahan bumbu yang lengkap dan beraroma kaldu bikin bumbu ini sebenarnya sangat istimewa. Namun, banyak dari kita yang tidak menyadarinya sehingga bumbu istimewa ini seringkali berakhir di tempat sampah. Sayang sekali, ya!

Nah, supaya bumbu istimewa ini tidak lagi berakhir di tempat sampah, kita manfaatkan kembali untuk memasak, yuk! Masakan apa saja, ya, yang bisa dibuat dengan bumbu bekas rebusan ayam ini?

Setidaknya ada 5 masakan yang bisa kita masak dengan bumbu bekas rebusan ayam. Ada ide apa saja? Langsung simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Tempe/tahu goreng 

5 Kreasi Masakan dari Bumbu Bekas Rebusan Ayam, Jangan Keburu Dibuang!ilustrasi tempe goreng (dok. pribadi/Yahya Hastuti)

Cobain, deh, membuat tempe atau tahu goreng dengan bumbu bekas rebusan ayam. Rasanya akan lebih gurih berkaldu. Bumbu bekas rebusan ayam bisa difungsikan sebagai bumbu celupan tahu atau tempe sebelum digoreng.

Selain itu, jika ingin terasa lebih gurih lagi, maka sebelum digoreng tempe atau tahu bisa direbus sebentar dengan bumbu bekas rebusan ayam tersebut. Tambahkan sedikit garam bila dirasa kurang asin. Setelah selesai direbus, tahu atau tempe pun siap digoreng. Rasanya akan sanget berbeda dengan tempe goreng pada umumnya.

2. Soto

5 Kreasi Masakan dari Bumbu Bekas Rebusan Ayam, Jangan Keburu Dibuang!ilustrasi soto (dok. pribadi/Yahya Hastuti

Kekayaan khasanah kuliner Nusantara memiliki banyak jenis soto dengan bumbu yang berbeda-beda. Dari sekian banyak jenis soto tersebut, ada satu jenis soto yang memakai bumbu kuning. Nah, bumbu bekas rebusan ayam juga bisa dipakai untuk tambahan bumbu soto ini, lho.

Ketika menumis bumbu soto, tambahkan bumbu bekas rebusan ayam. Dijamin soto akan lebih enak dan terasa banget bumbunya. Jangan lupa untuk menambahkan daun salam, serai, lengkuas, cengkeh, dan kayu manis supaya aromanya lebih harum dan semakin menggugah selera, ya!

3. Tumisan

5 Kreasi Masakan dari Bumbu Bekas Rebusan Ayam, Jangan Keburu Dibuang!ilustrasi tumis sayur (dok. pribadi/Yahya Hastuti

Buat yang senang masak menu mudah seperti aneka tumisan, maka bumbu sisa rebusan ini lumayan cocok, lho, untuk memasak masakan jenis tumisan, seperti tumis sayur misalnya. Tumis sayur akan terasa lebih gurih dan harum dengan ditambahkan bumbu sisa rebusan ayam.

Bumbu bekas rebusan ayam tersebut bisa ditumis terlabih dahulu sebelum sayuran dimasukkan. Aroma harum akan menguar begitu bumbu bekas rebusan ayam ini mulai ditumis. Gak percaya? Langsung coba saja sendiri!

Baca Juga: 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Menambahkan Garam pada Masakan

4. Nasi bumbu

5 Kreasi Masakan dari Bumbu Bekas Rebusan Ayam, Jangan Keburu Dibuang!ilustrasi nasi kuning (dok. pribadi/Yahya Hastuti)

Nasi bumbu adalah nasi yang dimasak dengan bumbu yang mirip dengan nasi kuning yang dimasak dengan santan. Nah, bumbu bekas rebusan ayam ini cocok banget untuk membuat nasi bumbu, lho. Selain aromanya yang harum, rasa nasinya akan lebih gurih karena mengandung kaldu. Nasi berbumbu dihidangkan layaknya nasi kuning yaitu dengan lauk ayam goreng, tumis tempe, kering kentang, lalapan, dan sambal.

Untuk membuatnya, pertama saring bumbu bekas rebusan ayam, lalu campur dengan beras dan santan. Jangan lupa tambahkan daun salam, serai, dan lengkuas supaya aroma lebih harum. Masukkan ke penanak nasi kemudian masak hingga matang. 

5. Mie goreng

5 Kreasi Masakan dari Bumbu Bekas Rebusan Ayam, Jangan Keburu Dibuang!ilustrasi mi goreng (dok. pribadi/Yahya Hastuti)

Mie goreng sederhana pun akan sangat enak bila diolah dengan bumbu bekas rebusan ayam ini. Rasanya bakal lebih harum daripada mie goreng biasanya.

Bumbu bekas rebusan ayam ini hanya sebagai bumbu tambahan, ya,  jadi kita harus tetap menambahkan lada dan udang kering supaya aroma khas mie goreng tetap ada. 

Nah, itulah 5 masakan yang bisa dimasak dengan bumbu bekas rebusan ayam. Mulai sekarang, jangan langsung membuang bumbu bekas rebusan ayam lagi, ya! Manfaatkan sisa bahan tersebut untuk memasak kreasi masakan-masakan di atas. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Kreasi Masakan dari Bawang Bombai dan Parmesan yang Menggugah Selera

A Yahya Hastuti Photo Writer A Yahya Hastuti

Hanya emak-emak yang kurang pintar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya