Comscore Tracker

Daftar Spit Cake Populer dari Seluruh Dunia, Unik & Lezat!

Proses pembuatannya juga unik

Mungkin kamu mengenal cake sebagai kudapan yang dimasak dengan memasukkan adonan ke loyang lalu di panggang. Tapi spit cake justru dimasak dengan cara berbeda. Alih-alih menggunakan loyang, spit cake justru menggunakan batangan besi dalam proses memasaknya.

Spit cake dibuat dengan menuang, mengoles atau  menggulung adonan ke batangan besi lalu dibakar langsung di dekat sumber api atau oven khusus. Batangan besi diputar dan adonan dilapisi berkali-kali. Hal inilah yang membuat tampilan spit cake jadi berbeda.

Cake ini umumnya disajikan pada acara pernikahan atau perayaan keagamaan. Ada beberapa spit cake yang populer di dunia. Masing-masing memiliki adonan dan tampilan yang berbeda, bahkan salah satunya sudah masuk ke Indonesia. Yuk lihat apa saja jenis spit cake ini.

1. Baumkuchen

Daftar Spit Cake Populer dari Seluruh Dunia, Unik & Lezat!kitchoan.co.uk

Cake yang mirip lapis legit ini sudah bisa kamu nikmati di Indonesia. Ada beberapa toko kue yang khusus menjual cake satu ini, bahkan salah satu perusahaan roti ternama di Indonesia juga mengeluarkan produk spit cake satu ini. Baumkuchen yang spit cake yang berasal dari Jerman, tapi cake ini juga populer di negara Jepang.

Dalam bahasa Jerman kue ini berarti kue pohon karena bentuknya yang mirip batangan pohon sebelum di potong. Baumkuchen dibuat dengan mengoleskan adonan ke batangan logam lalu memutar logam ini di sumber panas, hal ini dilakukan berulang hingga menghasilkan cake yang memiliki lapisan mirip lapis legit.

Adonannya sendiri terbuat dari mentega, telur, gula, vanila, garam, dan tepung. terkadang baumkuchen yang sudah masak dilapisi dengan gula atau glasir coklat.

2. Sakotis

Daftar Spit Cake Populer dari Seluruh Dunia, Unik & Lezat!thespruceeats.com

Beda dengan baumkuchen, sakotis dibuat dari mentega, putih telur dan kuning telur, tepung, gula, dan krim yang dimasak dengan menuang adonan secara perlahan di sebuah batangan besi. Hal ini membuat adonan yang menetes membentuk semuah pola mirip pohon cemara.

Sakotis sendiri berarti pohon yang memiliki banyak cabang. Kue ini populer di daerah Polandia - Lithuania. Umumnya berbentuk kerucut dan dihiasi coklat atau bunga namun sering juga disajikan dalam bentuk yang sederhana. Šakotis adalah salah satu makanan penutup paling penting dalam perayaan Lithuania, terutama di pernikahan atau acara-acara khusus lainnya seperti Natal.

Baca Juga: Maafmu Bakal Lebih Bermakna Jika Disampaikan Lewat 10 Kue Unik Ini

3. Spettekaka

Daftar Spit Cake Populer dari Seluruh Dunia, Unik & Lezat!netuleny.com

Spettekaka atau spettkaka adalah dessert lokal di bagian selatan Swedia , terutama di provinsi Scania. Spit cake satu ini merupakan bagian penting dari warisan kuliner Rumania.

Adonan utamannya terdiri dari telur, tepung kentang dan gula. Adonan ini dimasukkan ke dalam plastik lalu disemprotkan pada batangan logam yang berputar di atas bara api. Setelah matang Spettekaka kadang juga dilapisi dengan royal icing agar tampilannya lebih menarik. Spit cake ini sering disajikan disertai dengan kopi hitam, es krim vanila dan port wine. 

4. Kürtőskalács

Daftar Spit Cake Populer dari Seluruh Dunia, Unik & Lezat!twitter.com/halifaxretales

Kurtoshkalach adalah spit cake yang berasal dari Hongaria. kue ini juga populer di wilayah Ceko dan Slovakia. Selain dikenal dengan nama Kurtoshkalach, spit cake ini juga dikenal dengan nama Hungary's Chimney Cakes, Baumstriezel dan Trozkol.

Kurtoshkalach terbuat dari adonan ragi manis yang terdiri dari tepung, gula, susu, mentega, telur, ragi dan garam. Adonan ini dililitkan pada batangan logam atau kayu lalu dilapisi gula sebelum dipanggang. Kadang ditambah kacang atau bubuk kayu manis di lapisan luarnya. Beberapa gerai ada juga yang menyajikannya dengan es krim. 

Inilah 4 spit cake populer di dunia, tertarik mencobanya?

Baca Juga: 10 Ide Unik Kue Ulang Tahun yang Nggak Mainstream, Tapi Tetap Enak

Li Wei Photo Community Writer Li Wei

Li Wei

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You