Comscore Tracker

7 Jenis Dipping Sauces Populer dalam Hidangan Thailand

Pelengkap hidanganmu saat kulineran

Jika kamu mencicipi hidangan Thailand, tak jarang terdapat cawan kecil berisi dipping sauce di antara banyaknya hidangan yang disajikan. Dipping sauce ini berfungsi untuk menambah cita rasa dari makanan yang disajikan.

Ada banyak ragam dipping sauce dalam hidangan Thailand. Jenis dan rasanya berbeda, semua disesuaikan dengan hidangan utamanya. Biar gak bingung yuk lihat apa saja jenisnya.

1. Nam chim chaeo

7 Jenis Dipping Sauces Populer dalam Hidangan Thailandth.wikipedia.org

Nam chim chaeo bisanya dijadikan dipping sauce untuk daging atau ayam panggang. Nam chi chaeo memiliki cita rasa manis, asam dan pedas dengan tekstur yang sedikit kental. Dipping sauce ini terbuat dari cabai kering, kecap ikan, gula aren, air jeruk nipis dan ketan sangrai. 

2. Nam chim kai

7 Jenis Dipping Sauces Populer dalam Hidangan Thailandthespruceeats.com

Nam chim kai kadang disebut juga dengan saus sambal Thailand yang manis. Sering digunakan untuk  dipping sauce ayam panggang. Rasa manis lebih dominan dibandingkan rasa pedas. Dipping sauce ini terbuat dari cabai, jahe, gula, cuka, bawang putih dan  tepung maizena.

3. Nam phrik phao

7 Jenis Dipping Sauces Populer dalam Hidangan Thailandweb.bncc.ac.th

Nam phrik phao tak hanya digunakan sebagai dipping sauce namun juga menjadi salah satu itu bumbu dasar atau bahan  rahasia dari banyak hidangan Thailand. Dipping sauce ini terbuat dari cabai merah kering, udang dan bahan lainnya yang dipanggang kemudian digiling halus.

Baca Juga: 7 Dipping Sauce Terfavorit di Berbagai Negara, Gak Hanya Saus Sambal 

4. Nam pla wan

7 Jenis Dipping Sauces Populer dalam Hidangan Thailandngocfoody.blogspot.com

Nam pla wan sangat cocok untuk dinikmati bersama buah-buah segar seperti mangga, nanas, apel dan lainnya. Dipping sauce ini memiliki cita rasa pedas manis dan gurih. Nam pla wan ini terbuat dari campuran cabai, udang kering, gula aren dan bahan-bahan lainnya.

5. Nam phrik

7 Jenis Dipping Sauces Populer dalam Hidangan Thailanden.wikipedia.org

Nam phrik sebenarnya mengacu pada sambal atau bumbu pedas khas Thailand.  Ada banyak variasi dari nam phrik,  tergantung dari daerahnya.  Teksturnya pun beragam, dari yang cair hingga padat. Umumnya terbuat dari cabai, terasi, jeruk nipis, dan bawang. Nam pla wan yang satu ini biasa digunakan untuk pelengkap lalapan. 

6.  Nam chim satay

7 Jenis Dipping Sauces Populer dalam Hidangan Thailandcheechongruay.smartsme.co.th

Menikmati satai dengan saus kacang ternyata juga menjadi kebiasaan masyarakat Thailand. Saus Kacang inilah yang disebut Nam Chim Satay.  Dipping sauce yang satu ini terbuat dari selai kacang yang dicampur dengan beberapa bahan seperti pasta udang, cabai dan santan.

7. Sriracha

7 Jenis Dipping Sauces Populer dalam Hidangan Thailandbalanh.com

Sriracha merupakan salah dipping sauce paling populer di Thailand. Ia terbuat dari cabai prik chee fah yang difermentasi.  Dipping sauce yang satu ini digunakan pada banyak hidangan Thailand seperti hidangan seafood dan telur dadar. Bahkan sriracha juga dijadikan sebagai bumbu masak untuk sup, mi goreng dan lainnya.

Bagi kamu penggemar makanan Thailand tentu tak asing lagi dengan dipping sauce di atas. Jika sudah pernah mencoba semuanya, maka dipping sauce mana yang paling kamu suka?

Baca Juga: Resep Membuat Chicken Steak dengan Honey Soy Sauce Enak ala Restoran

Li Wei Photo Verified Writer Li Wei

food, travel & movie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya