Comscore Tracker

Jajanan Tradisional dari Jagung Ini Bisa Jadi Camilan Saat Berbuka

#RamadanMasaKini Endes banget!

Jagung telah lama menjadi makanan pokok pengganti nasi bagi sebagian kecil masyarakat Indonesia. Bulir-bulir jagung ini tak hanya mengenyangkan tapi juga baik untuk kesehatan. Jadi tak salah jika Jagung juga dijadikan camilan.

Jagung bakar dan jagung rebus merupakan salah satu olahan jagung yang paling populer, terutama saat perayaan tahun baru. Tapi ada banyak olahan jagung khas Indonesia lho yang bisa kamu nikmati, dari yang rasanya manis hingga gurih seperti beberapa olahan jagung di bawah ini.

1. Talam jagung

Jajanan Tradisional dari Jagung Ini Bisa Jadi Camilan Saat Berbukawomantalk.com

Kue talam tak hanya bisa kamu nikmati dengan rasa pandan. Bagi kamu penyuka jagung atau yang cuma penasaran kamu bisa mencoba jajanan yang satu ini. Rasanya tak hanya manis tapi juga legit. Proses pembuatannya juga sama, kamu hanya perlu mengganti sari pandannya dengan jagung yang telah dihaluskan. Tentu saja dengan ditambah pipilan jagung di atasnya.

2. Lepet jagung

Jajanan Tradisional dari Jagung Ini Bisa Jadi Camilan Saat Berbukadeskgram.net

Bagi kamu yang terbiasa memakan lepet pisang, tak ada salahnya jika kini kamu mencoba lepet jagung. Pisang dan daun pisang yang biasa digunakan tinggal di ganti dengan jagung dan kulitnya. bukan hanya rasanya saja yang endes tapi bentuknya juga menarik.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Probolinggo, Lezatnya Bikin Ketagihan

3. Bakwan jagung

Jajanan Tradisional dari Jagung Ini Bisa Jadi Camilan Saat Berbukareview.bukalapak.com

Kalau jajanan yang satu ini pasti kamu tahu. Selain dikenal dengan nama bakwan jagung, sebagian orang juga menyebutnya perkedel jagung. Jajanan ini cocok bagi kamu yang lebih suka rasa gurih.

Bahan dan pembuatannya pun sederhana. Kamu tinggal memasukkan pipilan jagung dengan tepung terigu, bawang daun, cabe merah, bawang merah, dan bawang putih lalu digoreng dengan minyak panas. Jajanan yang satu ini enak banget dinikmati dengan cabe rawit ataupun saus sambal.

4. Jenang jagung

Jajanan Tradisional dari Jagung Ini Bisa Jadi Camilan Saat Berbukarebanas.com

Baru tahu ya ada jenang atau dodol yang terbuat dari jagung? Makanan yang satu ini cukup populer di Jawa Timur. Bahan pembuatannya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan Jagung halus dengan agar-agar, santan, gula, garam dan sedikit maizena.

5. Grontol jagung

Jajanan Tradisional dari Jagung Ini Bisa Jadi Camilan Saat Berbukacookpad.com

Nah, ini jajanan dari jagung yang pembuatannya paling mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan jagung rebus dengan kelapa parut dan gula, kalau kamu ingin rasa yang kekinian tinggal menambah keju dan susu di atasnya.

6. Nagasari jagung

Jajanan Tradisional dari Jagung Ini Bisa Jadi Camilan Saat Berbukasophieswork.blogspot.com

Bagi kamu pencinta makanan manis berbahan dasar jagung pasti akan ketagihan menikmati makanan yang satu ini. Sama seperti bakwan jagung, nagasari jagung juga cukup populer di Indonesia. Bahan yang kamu perlukan cuma jagung, santan, air, gula, garam dan tepung hunkwe.

7. Emping jagung

Jajanan Tradisional dari Jagung Ini Bisa Jadi Camilan Saat Berbukacamilannusantara.co.id

Emping yang satu ini tersedia dalam rasa manis ataupun gurih, kamu hanya perlu menambahkan gula atau penyedap rasa pada emping jagung yang baru saja di goreng. teksturnya yang krispi pasti bikin nagih.

Buat buka puasa nanti, enaknya bikin olahan jagung yang mana ya?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Li Wei Photo Community Writer Li Wei

Li Wei

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You