Comscore Tracker

Baru Tahu, 9 Teh Berbahan Dasar Bunga Ini Punya Beragam Khasiat

Ada yang berkhasiat untuk anti penuaan lho. Yuk yang mau terlihat awet muda

Ternyata ada beragam macam teh di dunia ini. Tak hanya teh yang berasal dari daun teh Camellia sinensis. Berbagai rempah dan bunga pun dapat dijadikan teh. Bagi orang Indonesia ini mungkin terdengar aneh.

Kalaupun ada, mungkin hanya bunga melati atau rosella yang diketahui dapat dijadikan teh. Padahal beragam bunga lain yang juga dapat diseduh dan dijadikan teh.

Tak hanya sebagai minuman, teh dari berbagai jenis bunga ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Yuk cek bunga apa saja yang bisa dikonsumsi sebagai teh. Siapa tahu bunga itu malah ada di sekitar kamu.

1. Teh Dandelion

Baru Tahu, 9 Teh Berbahan Dasar Bunga Ini Punya Beragam Khasiatarticles.mercola.com

Dandelion kaya akan nutrisi sehat, mulai dari sterol dan flavonoid hingga karotenoid, seskuiterpen, vitamin, dan mineral. Dilansir dari Beautynesia.id, dan organicfacts.net., teh dandelion terbukti membantu liver untuk dalam memproduksi cairan empedu. Sifat diuretik dalam teh ini juga bisa mengatasi sembelit, penyakit batu ginjal dan menurunkan berat badan. 

Kandungan kalsiumnya sangat bagus untuk kesehatan tulang. Teh ini juga membantu tubuh menghilangkan radikal bebas, meminimalkan stres oksidatif yang merupakan penyebab utama penyakit kronis, termasuk kanker. Bagi kamu yang berjerawat, teh danlelion masuk ke dalam daftar minuman yang baik buat kamu konsumsi.

2. Teh Mawar

Baru Tahu, 9 Teh Berbahan Dasar Bunga Ini Punya Beragam Khasiatamazon.com

Teh mawar adalah pilihan yang sangat baik jika kamu sedang berjuang melawan flu,bronkitis atau kondisi lain yang mempengaruhi sistem pernapasan. Ini juga membantu mengusir lendir dan dahak, di mana bakteri dan patogen lainnya dapat hidup dan berkembang. 

Jika kamu menderita insomnia, cobalah teh mawar sebelum tidur. Teh ini juga membantu meredakan masalah pencernaan seperti konstipasi, kram, kembung dan diare.

3. Teh Lavender

Baru Tahu, 9 Teh Berbahan Dasar Bunga Ini Punya Beragam Khasiatdrweil.com

Selama ini Lavender terkenal dengan keampuhannya untuk menangkal nyamuk. Tapi tahukah kamu kalau bunga ini juga bisa mengurangi kepenatan akibat stres, meringankan sakit kepala dan juga nyeri sakit perut.

Minyak esensial yang ditemukan dalam teh lavender juga dapat menghilangkan peradangan, mengatur fungsi otot polos, dan membantu kesehatan pencernaan. 

Antioksidan dan senyawa volatil yang ditemukan dalam minyak lavender mampu menetralisir radikal bebas di dalam tubuh. Segelas teh lavender juga dapat mengatasi gangguan tidur ataupun insomnia karena sifat anxiolytic dan relaxant teh ini, dilansir dari Vemale.com.

4. Teh Melati

Baru Tahu, 9 Teh Berbahan Dasar Bunga Ini Punya Beragam Khasiatpinewoodhealth.ca

Teh melati memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko serangan jantung, menjadikan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan pencegahan diabetes. Selain itu teh melati juga mampu mencegah kanker, memperbaiki sistem pencernaan.dan menurunkan kadar kolesterol. 

Menghirup Aroma melati yang keluar dari seduhan teh kamu juga mampu meredakan stres. Kandungan antioksidannya ampuh memerangi radikal bebas, sehingga dapat membantu mengatasi problem kerusakan kulit.

5. Teh Chamomile

Baru Tahu, 9 Teh Berbahan Dasar Bunga Ini Punya Beragam Khasiatsamley.co

Teh chamomile dapat mengurangi masalah migrain, sulit tidur dan pembengkakan. Sifat anti-inflamasi dan antioksidan pada teh chamomile mampu mengurangi munculnya noda dan kerutan pada wajah. Senyawa fenolik dalam teh chamomile dapat memerangi infeksi bakteri di tubuh. 

Selain itu, sifat anti-inflamasinya juga bermanfaat untuk meredakan kembung, kram dan perubahan emosi saat haid. Teh chamomile juga mampu mengontrol gula darah sehingga dapat mengurangi risiko diabetes.

6. Teh Krisan

Baru Tahu, 9 Teh Berbahan Dasar Bunga Ini Punya Beragam Khasiatalchetron.com

Vitamin C yang terdapat pada teh bunga krisan ini berperan penting untuk sistem kekebalan tubuh. Selain itu vitamin C ini juga berfungsi meredakan gejala flu dan mengurangi nyeri pada sinusitis. Varian teh ini dapat membantu menurunkan tekanan darah, mendinginkan tubuh dan mengurangi peradangan,

Kandungan mineral teh krisan dapat mencegah osteoporosis. Teh krisan dikenal juga dengan kemampuannya mempertajam pikiran dan meningkatkan kadar konsentrasi dan fokus, meski tanpa kandungan kafein di dalamnya.

7. Teh Hibiscus

Baru Tahu, 9 Teh Berbahan Dasar Bunga Ini Punya Beragam Khasiatstaynaturallyhealthy.com

Teh hibiskus atau teh kembang sepatu memiliki berbagai manfaat diantaranya Obat alami untuk pilek, flu batuk dan demam serta mengurangi sensasi terbakar dalam tubuh wanita sebagai tanda awal menopause.

Teh hibiskus ini dapat mengurangi tekanan darah tinggi yang secara otomatis menurunkan tingkat stres dan hipertensi. 

Asam protocatechuic kembang sepatu yang memiliki sifat anti tumor dan antioksidan. Teh kembang sepatu mengandung vitamin dan mineral seperti flavonoid. Memiliki khasiat antidepresan yang bisa membantu menenangkan sistem saraf, mengurangi kecemasan dan depresi dengan menciptakan sensasi santai di dalam pikiran dan tubuh.

8. Teh Rosella

Baru Tahu, 9 Teh Berbahan Dasar Bunga Ini Punya Beragam Khasiat2herbs.com

Kandungan nutrisi yang paling menonjol dalam teh rosella adalah vitamin C. Kandungan vitamin C ini enam kali lipat lebih banyak daripada sebuah jeruk. Vitamin C dan beta karoten yang terdapat di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan yang kuat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Teh rosella juga dapat membantu mencegah dan menyembuhkan penyakit darah tinggi. Ia juga bagus untuk stamina tubuh, karena bermanfaat untuk meremajakan sel tubuh serta melindungi tubuh dari infeksi kuman dan virus.

9. Teh Telang

Baru Tahu, 9 Teh Berbahan Dasar Bunga Ini Punya Beragam Khasiatsaliha.id

Teh bunga telang ini bisa mengobati sakit tenggorokan dan panas dalam, meningkatkan kesehatan mata serta kesuburan wanita. Bioflavonoid yang terkandung didalamnya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut beruban. 

Antioksidannya merangsang kolagen sintesis dan elastin yang membantu meremajakan kulit dan mengurangi kerutan dan tanda penuaan lainnya. Teh Telang juga memiliki efek menenangkan pada tubuh, mengurangi stres dan kecemasan.

Anti-Asthmatic dari teh ini bertindak sebagai ekspektoran dan mengurangi iritasi organ pernapasan sehingga dapat mengobati flu, batuk & asma, seperti dilansir dari Okezone.com, Majesticherbs.com, dan Herbpathy.com.

Li Wei Photo Verified Writer Li Wei

food, travel & movie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya