Comscore Tracker

Ada yang Dijuluki Bread of the Dead, Inilah 6 Ragam Roti Khas Meksiko

Ada juga yang populer hingga ke berbagai negara, lho

Roti adalah kudapan yang cocok untuk pengganjal lapar. Bahkan, di beberapa negara roti juga dijadikan sebagai makanan pokok atau hidangan wajib dalam suatu acara.

Lantas, bagaimana dengan keberadaan roti di Meksiko? Ternyata, di negara tersebut roti dinikmati dengan cara beragam. Masyarakat Meksiko biasa menyantap roti sebagai makanan pokok, teman minum kopi, hingga jadi hidangan wajib dalam sebuah ritual keagamaan.

Beragam, yuk cari tahu beberapa macam roti khas Meksiko yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke sana.

1. Pan de Acambaro 

Ada yang Dijuluki Bread of the Dead, Inilah 6 Ragam Roti Khas Meksikomas-mexico.com.mx

Roti ini berasal dari kota Acambaro di Guanajuato. Dibuat dengan adonan fermentasi yang dikenal dengan sebutan masa madre. Corak unik pada permukaan roti menjadi ciri khasnya. Biasanya roti ini dinikmati dengan secangkir kopi atau cokelat panas.

2. Conchas 

Ada yang Dijuluki Bread of the Dead, Inilah 6 Ragam Roti Khas Meksikodorastable.com

Concha berarti cangkang. Hal ini akan kamu lihat pada bentuk roti yang mirip cangkang kerang. Cemilan ini terbuat dari tepung, gula, garam, mentega, telur, ragi, dan susu. Roti ini memiliki topping dengan beragam warna yang terbuat dari campuran tepung, gula, dan mentega.

3. Totopo 

Ada yang Dijuluki Bread of the Dead, Inilah 6 Ragam Roti Khas Meksikohogarmania.com

Totopo ini sejenis tortila yang terbuat dari jagung. Roti yang satu ini dibuat dengan cara digoreng, dipanggang atau dibakar.

Ukuran dan bentuknya bervariasi. Biasanya totopo bulat yang berukuran besar diniknati dengan saus celup. Sementara totopo dengan potongan kecil dijadikan sebagai topping hidangan.

Baca Juga: 10 Ragam Camilan di Meksiko yang Wajib Dicoba Saat Main ke Sana

4. Pan de muerto 

Ada yang Dijuluki Bread of the Dead, Inilah 6 Ragam Roti Khas Meksikoviajabonitomx.com

Roti ini dikenal juga dengan nama "Bread of the Dead". Biasanya, roti ini dinikmati pada perayaan Hari Orang Mati setiap tanggal 2 November.

Pola di bagian atas roti menjadi ciri khas pan de muerto. Pola ini konon dibuat menyerupai tulang manusia. Namun terkadang ada juga pan de muerto yang menyerupai tengkorak, bintang hingga malaikat.

Roti ini biasa didampingi dengan dengan cokelat panas dan krim oaxacan.

5. Bolillo 

Ada yang Dijuluki Bread of the Dead, Inilah 6 Ragam Roti Khas Meksikothespruceeats.com

Roti ini memiliki bentuk yang mirip dengan bola football. Adonannya mirip dengan baguette Prancis.

Bolilo biasa digunakan untuk bahan pembuatan torta atau sandwich Meksiko. Selain itu, umumnya bolilo disajikan bersama telur dan daging atau pelengkap gazpacho, posole, menudo serta sup chile verde.

6. Tortila

Ada yang Dijuluki Bread of the Dead, Inilah 6 Ragam Roti Khas Meksikoseriouseats.com

Tortila tidak hanya terkenal di Meksiko, tapi sudah meluas ke berbagai negara di dunia. Awalnya tortila terbuat dari jagung. Namun, kini ada juga yang dibuat dari gandum. Dahulunya tortila menjadi makanan pokok masyarakat Meksiko, tapi kini umum digunakan sebagai pembungkus berbagai hidangan, seperti quesadillas.

Nai itu dia enam ragam roti khas Meksiko yang mungkin bisa kamu coba saat berkunjung ke sana. Bikin penasaran dengan rasanya, ya.

Baca Juga: 6 Ragam Hidangan Meksiko Ini Terbuat dari Serangga, Berani Coba?

Li Wei Photo Verified Writer Li Wei

food, travel & hype

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya