Comscore Tracker

Dari Ikan Sampai Cumi, Ini 11 Olahan Seafood Khas Thailand

Semua bikin lapar, kamu mau pilih yang mana?

Jalan-jalan ke Thailand rasanya gak lengkap jika kamu melewatkan keanekaragaman kulinernya. Terutama jika kamu berada di daerah pantai, mencicipi olahan lautnya merupakan salah satu hal wajib untuk dilakukan. Karena di sini kamu bisa dengan mudah menemukan beragam menu seafood yang segar.

Cita rasanya pun beragam, dari mulai gurih, pedas hingga sedikit asam. Seperti yang biasa kamu temukan dalam beragam masakan Thailand. Buat kamu yang ingin berlibur ke sana, ada sebelas rekomendasi seafood Thailand yang bisa kamu masukkan ke dalam list kulineranmu. Seperti beberapa jenis olahan seafood berikut ini.

1. Pla duk phat phet

Dari Ikan Sampai Cumi, Ini 11 Olahan Seafood Khas Thailandocweekly.com

Masakan yang satu ini terbuat dari potongan ikan goreng yang dicampur dengan daun kemangi dan saus kari merah Thailand yang pedas. Umumnya jenis ikan yang digunakan adalah lele. Beberapa penjual juga menyajikan versi pla duk phat phet bersantan yang rasanya lebih gurih.

2.  Khanom chin nam ya

Dari Ikan Sampai Cumi, Ini 11 Olahan Seafood Khas Thailandhot-thai-kitchen.com

Masakan yang satu ini populer di kawasan Thailand Tengah. Bihun disajikan dengan kari ikan yang kental dan pedas. Bedanya dengan kari ikan lain, ikan yang digunakan direbus dan ditumbuk halus terlebih dahulu sebelum dimasak dengan kuah kari. Itu mengapa tekstur masakan ini jadi kental. Saat penyajian bihun ini juga ditambahkan telur rebus, kemangi dan timun.

 3. Pla thot khamin 

Dari Ikan Sampai Cumi, Ini 11 Olahan Seafood Khas Thailandcommons.wikimedia.org

Jika kamu sedang berada di Thailand bagian Selatan jangan lupa mencicipi menu ini. Masakan ini menggunakan ikan utuh yang digoreng setelah dibaluri pasta kunyit dan bawang putih. Hal ini lah yang membuat ikan ini lebih gurih dan wangi. Saat penyajian pun Ikan akan dihidangkan bersama bawang putih dan kunyit yang digoreng renyah. 

4. Kaeng tai pla 

Dari Ikan Sampai Cumi, Ini 11 Olahan Seafood Khas Thailandventuretec.co.th

Seperti pla thot khamin, kaeng tai pla juga merupakan hidangan populer di kawasan Thailand Selatan. Ikan kari kental ini memiliki aroma yang khas karena menggunakan tai pla, yaitu pasta dari perut ikan yang difermentasi. Selain ikan, ada banyak jenis sayur juga yang ditambahkan ke dalamnya, seperti terung, buncis, rebung dan lainnya. 

5. Kung thot krathiam phrik thai

Dari Ikan Sampai Cumi, Ini 11 Olahan Seafood Khas Thailandchefneighbors.com

Kung thot krathiam phrik thai adalah udang tumis khas Thailand yang biasa dijadikan jajanan khas jalanan. terkadang juga jadi menu untuk makan siang. Udang digoreng dengan bawang putih dan merica lalu ditambahkan dengan aneka bumbu dan saus. Biasanya penjual akan menambahkan prik nam pla untuk pendamping hidangan ini.

Baca Juga: 9 Olahan Khas Thailand Berbahan Ketan, Gurih dan Bikin Lapar!

6.  Kaeng som

Dari Ikan Sampai Cumi, Ini 11 Olahan Seafood Khas Thailandyoutube.com/Daily Dish

Hidangan ini adalah kari Thailand dengan cita rasa asam. Hidangan dibuat dengan menggunakan udang atau ikan yang dimasak dengan bumbu yang terbuat dari cabai dan bawang merah. Ada beragam varian dari kaeng som, semua disesuaikan dengan daerah asalnya. Di Thailand selatan sendiri hidangan ini masuk ke dalam jenis kari kuning.

7. Goong ob woon sen

Dari Ikan Sampai Cumi, Ini 11 Olahan Seafood Khas Thailandhot-thai-kitchen.com

Satu lagi perpaduan bihun dan seafood dari negeri gajah putih. Dia menjadi salah satu menu wajib di restoran seafood Thailand. Bihun dan udang dimasak dengan beragam bumbu dengan cita rasa manis. Umumnya goong ob woon sen disajikan dalam keadaan hangat di dalam pot tanah liat 

8.  Poo cha

Dari Ikan Sampai Cumi, Ini 11 Olahan Seafood Khas Thailandwongnai.com

Penggemar kepiting wajb mencoba hidangan yang satu ini. Poo cha merupakan olahan makanan yang terbuat dari daging kepiting, udang dan daging babi yang dicincang halus. Campuran daging ini dimasukkan ke dalam cangkang kepiting untuk dikukus dan digoreng. Bagi pelancong muslim yang ingin mencicipinya tinggal datang ke restoran halal Thailand yang menggunakan daging sapi sebagai pengganti daging babi.

9. Hoy tod

Dari Ikan Sampai Cumi, Ini 11 Olahan Seafood Khas Thailandpadthai.com.vn

Hoy tod merupakan telur dadar tiram khas Thailand. Yang membuatnya berbeda dari dadar tiram lainnya adalah penggunaan taoge goreng yang ditambahkan ke dalamnya. Hidangan ini memiliki cita rasa gurih dan renyah. Telur dadar tiram yang satu ini disajikan dengan sambal hijau, cabai atau saus tomat.

10. Phla kung

Dari Ikan Sampai Cumi, Ini 11 Olahan Seafood Khas Thailandwikipedia.org

Bagi kamu penggemar makanan dengan cita rasa asam dan pedas yang kuat, makanan yang satu ini bisa dijadikan pilihan. Phla kung merupakan salad atau rujak dengan udang yang ditambahkan ke dalamnya. Hidangan ini menggunakan irisan serai dan daun mint yang cukup banyak.

11. Pla muek yang

Dari Ikan Sampai Cumi, Ini 11 Olahan Seafood Khas Thailandsaveur.com

Cumi panggang ini memiliki cita rasa asam, manis dan pedas. Rasa ini berasal dari saus oles yang digunakan ketika memanggang. Bahan sausnya sendiri terdiri atas air jeruk nipis, bawang putih, cabai, kecap ikan dan  akar ketumbar. Ketika masih hangat, cumi panggang ini akan disajikan bersama kacang dan daun ketumbar.

Itu dia sebelas olahan seafood khas negeri gajah putih. Bagi kamu yang ingin jalan-jalan ke Thailand, sekarang kamu memiliki banyak pilihan untuk dijadikan menu kulineran. 

Baca Juga: Resep Ayam Goreng Pandan Khas Thailand, Aromanya Menggugah Selera

Li Wei Photo Verified Writer Li Wei

food, travel & movie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya