Comscore Tracker

7 Olahan Jenis Pisang Kekinian yang Bikin Nagih

Aduh, jadi ngiler...

Jika biasanya pisang hanya digoreng dengan tepung terigu, kali ini olahan pisang goreng lebih inovatif dengan topping-topping variatif. Kekinian banget, deh!

Tidak hanya kekinian, tapi juga sangat mudah di buat. Cocok untuk cemilan keluarga ataupun dijadikan usaha yang menjajikan. Berikut ini 7 olahan pisang yang kekinian banget.

1. Banana Spring Roll

7 Olahan Jenis Pisang Kekinian yang Bikin Nagihtaste.co.za

Nama lain dari Banana spring roll adalah lumpia pisang. Cukup dengan bahan-bahan seadanya kamu bisa membuat camilan olahan pisang yang satu ini, seperti menu ala kafe-kafe. Perpaduan kulit lumpia yang renyah dengan manis dan gurihnya isian pisang membuat camilan ini bikin kamu ketagihan.

Cara bikinnya luar biasa gampang, hanya dengan mencampurkan irisan pisang dan tambahan nutella atau keju yang dibungkus dengan kulit lumpia. Goreng dan sajikan dengan topping gula halus dan susu kental manis dan walaaa Banana spring roll ala kafe-kafe telah siap untuk di santap.

2. Banana Nugget

7 Olahan Jenis Pisang Kekinian yang Bikin NagihYouTube.com/ Mama Adeeva

Dewasa ini, siapa sih yang gak tau dengan pisang nugget? Mulai dari rasa choco oreo, coklat susu, hingga nuttela chococrunc dan masih banyak lagi pilihan rasa lainnya yang bisa anda kombinasikan sendiri.

Pisang yang dibalut dengan kulit lumpia dan tepung panir ini sangat cocok dijadikan sebagai cemilan sore. Inilah salah satu jajanan kekinian yang mengangkat derajat pisang goreng.

3. Pisang Krispi

7 Olahan Jenis Pisang Kekinian yang Bikin Nagihnjajan.com

Pisang krispi adalah pisang yang digoreng dengan tepung terigu pada umumnya. Namun yang membedakannya dari pisang goreng lainnya adalah pilihan toping yang beraneka rasa, mulai coklat nuttela hingga yang paling populer adalah rasa matcha green tea. Pisang krispi ini membuat pisang goreng lebih nikmat dan menggoda. Kamu juga bisa lho bikin sendiri di rumah.

Baca Juga: 5 Manfaat Membungkus Makanan dengan Daun Pisang, Apa Saja?

4. Pisang Geprek

7 Olahan Jenis Pisang Kekinian yang Bikin NagihGrabFood/Pisang Geprek Dan Nugget Bang Jon

Pernah denger tentang Pisang Epe, salah satu kuliner khas Makassar? Nah, yang ini hampir sama namun digeprek hingga tipis lalu digoreng kering tanpa tepung apapun. Makin mantap makannya sambil dicocolin pada sambal yang pedas. Di Makassar sendiri pisang geprek lebih dikenal dengan nama pisang peppe’ dan berbahan dasar pisang mengkal. Cocok banget untuk kamuyang lagi diet sebagai pengganti nasi.

Cara membuatnya pun cukup mudah, cukup cari pisang kapok atau pisang ambon yang masih mengkal dan goreng sebentar dengan minyak secukupnya, kemudian geprek dan rendam sebentar kedalam air garam lalu goreng kembali hingga krispi atau sesuai seleramu. Selamat mencoba!

5. Pie Pisang

7 Olahan Jenis Pisang Kekinian yang Bikin Nagihmakananlampung.com

Lampung sebagai salah satu Provinsi penghasil pisang terbanyak di Indonesia, memang banyak memiliki buah tangan yang berbahan dasar pisang. Salah satu jajanannya yang paling hits adalah Pie Pisang dari Yussy Akmal. Berbeda dengan pie pada biasanya yang berbentuk bulat, pie pisang ala Lampung ini berbentuk lonjong dengan lengkungan mirip pisang dengan isian pastri yang beraneka ragam.

Hal lain yang membedakan pie ini dari yang lain apalagi kalau bukan bahan dasarnya yaitu pisang. Kalau kalian jalan-jalan ke Lampung jangan lupa untuk mencicipi pie pisang yang lagi ngehits banget.

6. Frozen Choco Banana

7 Olahan Jenis Pisang Kekinian yang Bikin Nagihlalunarose.com

Olahan pisang kekinian berikutnya adalah Frozen choco banana. Jika olahan pisang kekinian biasanya di goreng, yang satu ini cukup anda dinginkan kedalam frezer. Ambil pisang yang telah matang, potong menjadi dua bangian lalu tusung dengan stik es dan dinginkan dalam frezer. Untuk balutan coklatnya, cukup dengan lelehkan coklat batang dan celupkan pisang yang tadi telah di dinginkan. Kamu juga bisa menambahkan taburan meses ataupun kacang cincang dan yang lainnya.

7. Barongko

7 Olahan Jenis Pisang Kekinian yang Bikin Nagihtravelingyuk.com

Kota Makassar memang sudah terkenal dengan cemilan pisangnya yaitu pisang epe’ dan es pisang ijo. Tetapi ada satu lagi cemilan dari Kota Daeng ini yang gak kalah enaknya, masih dengan olahan pisang dan menjadi primadona di kalangan kaula muda, kue ini bernama Barongko.

Barongko adalah kue yang berbahan dasar pisang raja masak yang di blender dengan santan, gula dan tambahan tepung terigu. Keunikan kue ini, dibungkus dan dikukus dengan daun pisang yang dibentuk mirip cetakan nasi kuning. Barongko paling nikmat di sajikan saat dingin.

Sebenarnya Barongko merupakan kue tradisional suku Bugis yang resepnya di wariskan turun temurun dan biasanya hanya ditemui saat acara-acara pernikahan suku Bugis-Makassar ataupun acara-acara adat lainnya. Jika Anda berkunjung ke Kota Daeng jangan lupa untuk mencicipi kue Barongko si manis dan lembut dari Makassar.

Baca Juga: 6 Manfaat Mengagumkan Kulit Pisang yang Sering Disepelekan Orang

Hes Has Photo Writer Hes Has

Tiada hari tanpa karya. Be Productiv!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Novaya
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya