Comscore Tracker

5 Bahan Alami yang Bisa Menambah Manfaat Saat Minum Kopi

Coba yuk! Kalau bisa jadi minuman sehat kenapa nggak?

Kopi adalah minuman yang sangat disenangi oleh banyak orang. Menikmati secangkir kopi adalah rutinitas yang tak dapat dilewati oleh sebagian orang. Dan tentunya semua orang ingin agar secangkir kopi yang mereka minumdapat memberikan manfaat baik bagi tubuh.

Dan 5 bahan alami ini solusinya, mereka dapat membuat secangkir kopimu jadi lebih kaya vitamin dan anti-oksidan lho! Banyak sekali manfaatnya mulai dari melindungi jantung, meningkatkan suasana hati, menjaga kadar gula darah, dan masih banyak lagi. Penasarankan apa saja? Yuk simak daftarnya berikut ini.

1. Kayu manis

5 Bahan Alami yang Bisa Menambah Manfaat Saat Minum Kopifood-hacks.wonderhowto.com

Taburkan sedikit bubuk kayu manis pada secangkir kopimu dan ia akan menjadi minuman yang bagi jantung dan juga otak. Kayu manis sejak jaman dahulu telah digunakan sebagai rempah dan obat karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi.

Caranya adalah dengan menambahkan 1/2 sdt bubuk kayu manis atau merendam potongan kecil kayu manis kedalam secangkir kopimu.

2. Jahe

5 Bahan Alami yang Bisa Menambah Manfaat Saat Minum Kopispot.ph

Selain kayu manis rempah lainnya yang tak kalah manfaat kesehatannya adalah jahe. Kaya akan kandungan anti-oksidan dan anti-inflamasi, membuat jahe telah digunakan sebagai bahan obat bagi berbagai penyakit seperti batuk, mengatasi mual, dan mengurangi nyeri otot.

Penambahan jahe pada kopi memang dapat membuat secangkir kopimu menjadi memiliki aroma khas dan rasa yang sedikit pedas. Namun bukankah ini sebanding dengan manfaat yang kamu terima?

3. Kunyit

5 Bahan Alami yang Bisa Menambah Manfaat Saat Minum Kopirunningmagazine.ca

Untuk kamu pecinta kopi, kalian pasti tak asing lagi dengan turmeric latte yang populer itu. Rempah berwarna kuning yang satu ini juga memiliki banyak manfaat, mulai dari memperlancar saluran pencernaan, meredakan sakit pada peradangan, detoksifikasi hati, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Kondisi Kopi Indonesia: Konsumsi Rendah, Petani Didikte Importir

4. Bubuk akar maca

5 Bahan Alami yang Bisa Menambah Manfaat Saat Minum Kopiglueandglitter.com

Bubuk akar maca biasanya dapat kalian temukan di toko herbal. Akar maca telah secara tradisional digunakan untuk meningkatkan kesuburan, menyeimbangkan hormon, mengatasi masalah menstruasi, anti-depresan dan masih banyak lagi. 

Maca terkenal karena kandungan asam amino yang melimpah, tinggi protein, dan vitamin C. Campurkan 1sdt bubuk maca kedalam kopimu untuk mendapatkan banyak manfaatnya.

5. Bubuk kakao/cokelat murni

5 Bahan Alami yang Bisa Menambah Manfaat Saat Minum Kopimusureceptai.lt

Cokelat memiliki banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari mengurangi rasa stres, menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat, dan masih banyak lagi. Namun yang perlu di garis bawahi di sini adalah jenis coklat yang digunakan adalah cokelat murni yang belum di campur apa-apa ya!

Bukan cokelat yang telah tercampur dengan gula yang kurang baik bagi kesehatan. Campurkan 1/2 sdt bubuk cokelat murni kedalam kopimu setiap harinya dan buat kopimu menjadi lebih sehat.

Nah itulah 5 bahan alami yang dapat membuat secangkir kopimu menjadi lebih sehat. Yuk coba dari sekarang!

Baca Juga: 7 Macam Jenis Roti Eropa yang Enak Banget Buat Teman Minum Kopi

iefa_pooh Photo Community Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You