Comscore Tracker

Tak Hanya Daging, Ini 5 Bagian Sapi yang Jadi Kuliner Khas Sumbar

Semuanya terasa lamak bana

Sumatera Barat, adalah satu daerah yang terkenal akan kelezatan kulinernya. Tak hanya di Indonesia, makanan khas Sumatera Barat sudah melanglang buana seantero dunia. Sebut saja rendang, yang pernah menyabet makanan terlezat nomor satu di dunia. 

Selain pintar mengolah daging sapi menjadi rendang, ternyata banyak lho makanan lezat lainnya dari ranah Minang yang terbuat dari bagian tubuh sapi yang lain seperti usus hingga tetelan sapi. Dan tentunya tidak kalah lezat dari rendang.

Apa saja ya makanannya? Yuk kita simak.

1. Tambunsu

Tak Hanya Daging, Ini 5 Bagian Sapi yang Jadi Kuliner Khas SumbarInstagram.com/soalpadang

Bagi kamu pencinta kuliner khas Sumatera Barat, pasti sudah tidak asing lagi dengan olahan satu ini.

Tambunsu adalah hidangan berbahan dasar usus sapi yang diisi dengan tahu dan kemudian diolah dengan cara digulai. Tambunsu ini menjadi hidangan wajib hampir di seluruh rumah makan nasi kapau. Apalagi jika disantap dengan nasi hangat, duh pasti bikin ketagihan.

2. Tunjang atau kikil

Tak Hanya Daging, Ini 5 Bagian Sapi yang Jadi Kuliner Khas SumbarInstagram.com/just_eka_kitchen

Selain usus, tunjang atau kikil sapi juga jadi olahan favorit khas Sumatera Barat. Biasanya tunjang diolah menjadi gulai.

Tekstur tunjang yang empuk-empuk kenyal berpadu dengan gurihnya kuah gulai membuat gulai tunjang jadi favorit banyak orang. Apalagi kalau dimakan bersama nasi hangat, bikin ngiler deh pokoknya.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Ayam Goreng Padang yang Gurihnya Bikin Nagih! 

3. Gulai cancang

Tak Hanya Daging, Ini 5 Bagian Sapi yang Jadi Kuliner Khas SumbarInstagram.com/numpangsaveresep.id

Berikutnya yang tak kalah nikmat yaitu gulai cancang. Gulai cancang berbahan dasar tetelan sapi yang kemudian diolah dengan rempah- rempah dan bumbu khas Minang. Rasanya yang gurih-gurih pedas pastinya bikin lidahmu bergoyang dan pengin nambah lagi.

4. Sate lidah

Tak Hanya Daging, Ini 5 Bagian Sapi yang Jadi Kuliner Khas SumbarInstagram.com/icha.irawan

Kuliner satu ini pas untuk kamu pecinta sate yang bosan dengan olahan sate ayam, daging sapi atau kambing. Olahan sate satu ini terbuat dari lidah sapi yang kemudian ditambah dengan kuah sate yang kaya akan bumbu dan rempah. Ditambah dengan potongan katupek yang pastinya bikin nambah lagi dan lagi.

5. Gulai bukek

Tak Hanya Daging, Ini 5 Bagian Sapi yang Jadi Kuliner Khas Sumbarwww.saribundo.biz

Hampir mirip dengan gulai cancang, gulai bukek juga berbahan dasar tetelan sapi. Namun, bedanya terletak pada tekstur kuah gulainya.

Jika pada gulai cancang kuahnya encer, berbeda pada gulai bukek yang tekstur kuahnya agak kental, mirip kuah sate. Selain tetelan sapi, biasanya pada gulai bukek juga ditambahkan jerohan lainnya.

Wah, ternyata bukan hanya rendang saja ya yang lezat dari Sumatera Barat. Beragam olahan sapi lain pun juga ada dan pastinya enak semua. Tertarik mencicipi?

Baca Juga: 3 Tips Merebus Buntut Sapi biar Lebih Empuk dan Enak, Coba Yuk!

Iftitah Ramadhani Photo Verified Writer Iftitah Ramadhani

let's make a great work!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya