Comscore Tracker

7 Makanan Manis Khas Sumatera Barat, Cocok Buat Ngemil Sore

#ANGPOIN Udah pernah coba yang mana?

Sumatera Barat memang terkenal dengan kulinernya yang memanjakan lidah. Sebut saja rendang yang menempati posisi makanan terenak sedunia. Namun gak cuma rendang, Sumatera Barat juga punya camilan manis yang gak kalah lezatnya lho.

Penasaran apa saja camilan manis lezat khas Sumbar yang cocok buat teman nongkrong sore hari? Yuk kita simak di bawah ini.

1. Pisang Kapik

7 Makanan Manis Khas Sumatera Barat, Cocok Buat Ngemil Soreinstagram.com/cheche_kitchen

Jika biasanya pisang diolah dengan cara digoreng, lain halnya dengan kuliner Sumbar yang satu ini. Pisang diolah dengan cara 'dikapik' atau dijepit.

Pisang yang digunakan adalah pisang gepok yang sudah dibakar terlebih dahulu. Lalu dipenyetkan dengan alat khusus. Dan terakhir ditambahkan parutan kelapa yang sudah dicampur dengan gula merah. Hmmm, lamak bana!

2. Ampiang Dadiah

7 Makanan Manis Khas Sumatera Barat, Cocok Buat Ngemil SoreInstagram.com/ota_lapau

Dadiah adalah yogurt khas Minangkabau. Dadiah biasanya terbuat dari susu kerbau yang difermentasikan di dalam sebuah bambu. Tekstur Dadiah lebih padat jika dibandingkan dengan yogurt pada umumnya. Sebagai pelengkap, Dadiah biasa dikonsumsi bersama ampiang atau emping dan gula merah.

3. Pinyaram

7 Makanan Manis Khas Sumatera Barat, Cocok Buat Ngemil Soreinstagram.com/beyubaystory

Punya cita rasa manis dan gurih, Pinyaram cocok untuk menemani santai soremu. Berwarna kecoklatan, Pinyaram punya tekstur yang unik yakni pinggirannya krenyes, sementara di bagian tengah terasa lembut. Selain jadi cemilan, jajanan berbentuk bulat ini biasanya juga selalu hadir diberbagai acara adat.

Baca Juga: 7 Jajanan Ini Sangat Mudah Ditemui Saat Kamu Naik ke Tawangmangu

4. Bika Si Mariana

7 Makanan Manis Khas Sumatera Barat, Cocok Buat Ngemil Soreinstagram.com/padangfoodpedia

Salah satu kuliner paling terkenal di Sumatera Barat adalah bika Si Mariana. Bika sendiri adalah sejenis kue yang terbuat dari santan, tepung beras dan gula merah. Adonan bika diletakkan di atas daun jati, lalu dipanggang di atas tungku. Hal inilah yang membuat bika Si Mariana punya aroma dan cita rasa yang khas. Penasaran mau mencoba?

5. Pinukuik

7 Makanan Manis Khas Sumatera Barat, Cocok Buat Ngemil Soreinstagram.com/kuliner_minang

Sekilas Pinukuik ini mirip dengan serabi khas Bandung, Jawa Barat. Namun, sebenarnya mereka berdua berbeda lho. Jika menyantap serabi harus dilengkapi dengan kuah santan, Pinukuik bisa langsung dikonsumsi karena rasanya sudah manis. Pinukuik ini nikmat sekali jika disantap dalam keadaan hangat di sore hari.

6. Galamai

7 Makanan Manis Khas Sumatera Barat, Cocok Buat Ngemil Soreinstagram.com/pesonasumbar.id

Jika Garut punya Dodol, Sumatera Barat juga punya yang namanya Galamai. Terbuat dari santan, ketan dan gula aren, proses pembuatan Galamai ini cukup memakan waktu dan tenaga lho. Tapi, lelahnya terbayar dengan legit dan lezatnya Galamai saat sudah matang.

7. Bubur Kampiun

7 Makanan Manis Khas Sumatera Barat, Cocok Buat Ngemil Soreinstagram.com/aryo.angkoso

Sajian bubur khas ranah Minang ini juga cocok dikonsumsi di sore hari. Biasanya bubur kampiun terdiri dari berbagai campuran makanan manis. Mulai dari ketan putih, bubur sumsum, kolak pisang, bubur ketan hitam, hingga bubur kacang hijau. 

Wah, menggugah selera sekali bukan? Kamu sudah pernah coba yang mana saja nih?

Kini kamu bisa ngemil sore dengan cemilan khas Sumatera Barat tanpa harus bayar mahal-mahal, karena dengan promo Grab Food kamu bisa nyemil dengan harga yang jauh lebih hemat. 

Baca Juga: 10 Jajanan Tradisional Enak Berbahan Dasar Pisang Khas Indonesia 

Iftitah Ramadhani Photo Community Writer Iftitah Ramadhani

let's make a great work!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indra Zakaria
  • Septi Riyani

Just For You