Comscore Tracker

Miliki Serat Tinggi, Ini 5 Khasiat Buncis Bagi Kesehatan Puasa

#RamadanMasaKini Gurih dan bikin enak makan!

Termasuk dalam jenis polong-polongan, buncis merupakan sayuran yang memiliki kandungan gizi tinggi. Tak hanya dibuat menjadi menu aneka sayur untuk buka puasa dan sahur, buncis muda pun bisa disantap langsung menjadi lalapan teman makan nasi. Rasanya yang khas dan gurih menjadikan buncis sangat digemari oleh sebagian besar masyarakat di Tanah Air.

Bagi kamu yang kurang suka buncis, mulailah mengonsumsinya secara teratur karena beberapa manfaat ini ternyata sangat baik bagi kesehatanmu.

1. Obat awet muda

Miliki Serat Tinggi, Ini 5 Khasiat Buncis Bagi Kesehatan PuasaPixabay.com/Couleur

Mengonsumsi buncis secara teratur secara tidak langsung bisa membuat kamu lebih terlihat awet muda, lho. Karena memiliki kandungan vitamin A dan anti-oksidan, buncis bisa membantu meregenerasi sel-sel kulit mati hingga kulit terlihat lebih awet muda.

Selain memiliki pola pikir dan gaya hidup yang sehat, mengonsumsi buncis juga bisa membuat kamu merasa percaya diri dengan kulit yang terlihat lebih halus dan mulus.

2. Menjaga kestabilan tekanan darah

Miliki Serat Tinggi, Ini 5 Khasiat Buncis Bagi Kesehatan PuasaPixabay.com/LoggaWiggler

Buncis yang memiliki kandungan kalium tinggi memiliki manfaat menjaga kestabilan tekanan darah dalam tubuh. Karena tekanan darah normal, maka potensi terkena penyakit jantung pun bisa tereliminasi dengan cepat. Tak hanya mencegah penyakit jantung, beberapa penyakit yang berkaitan dengan ketidakstabilan tekanan darah pun bisa segera teratasi dengan mudah.

Baca Juga: 8 Jenis Sayuran yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok Buat Sahur!

3. Mencegah infeksi

Miliki Serat Tinggi, Ini 5 Khasiat Buncis Bagi Kesehatan PuasaPixabay.com/Free-Photos

Merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tubuh, mengonsumsi buncis ternyata bisa mencegah infeksi juga, lho. Gak salah sih, karena buncis memiliki kandungan zat niacin dan tiamin yang cukup tinggi sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Miliki Serat Tinggi, Ini 5 Khasiat Buncis Bagi Kesehatan Puasafarmanddairy.com

Bagi yang memiliki masalah dengan sitem pencernaan, mengonsumsi buncis merupakan salah satu pilihan yang tepat. Karena buncis memiliki zat karbohidrat sekaligus sumber serat pangan, maka buncis sudah pasti bisa mengatasi masalah pencernaan kamu. Kamu tidak ingin kan puasa kamu terganggu karena masalah pencernaan yang tidak sehat?

5. Menurunkan berat badan

Miliki Serat Tinggi, Ini 5 Khasiat Buncis Bagi Kesehatan PuasaPixabay.com/stevepb

Nah, ini nih solusi efektif bagi yang memiliki masalah dengan berat badannya yang berlebih. Selain menjaga pola hidup yang sehat, mengonsumsi buncis juga bisa menurunkan berat badan berlebihan, lho. Karena buncis rendah kalori, rendah natrium, memiliki lemah jenuh dan rendah kolesterol, maka sudah pasti mengonsumsi buncis bisa mengatasi masalah berat tubuh kamu lebih sempurna.

Setelah mengetahui manfaat buncis bagi kesehatan, masih ragukah kamu untuk mengonsumsi buncis sebagai menu makan?

Baca Juga: 5 Olahan Wortel yang Rasanya Luar Biasa, Pernah Cobain Wortel Goreng?

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya