Comscore Tracker

5 Cara Menyimpan Madu Agar Nutrisinya Tidak Hilang

Sudah tahu?

Madu merupakan bahan makanan yang tak hanya enak tetapi juga kaya manfaat dan bisa dijadikan obat. Selama ini, madu menjadi bahan makanan yang dinilai sangat penting bagi sebagian besar orang.

Bicara mengenai madu, ada cara tepat untuk menyimpan madu agar nutrisinya tidak hilang dan tahan lama. Bagaimana cara menyimpan madu yang tepat agar awet dan tahan lama? Berikut ini penjelasannya!

1. Simpan madu di tempat yang tertutup

5 Cara Menyimpan Madu Agar Nutrisinya Tidak Hilangunsplash.com/Christina Branco

Cara pertama yang tak boleh dilewatkan begitu saja adalah menyimpan madu di tempat tertutup. Tempat tertutup bisa berupa botol atau wadah lain yang punya tutup rapat. Botol untuk menyimpan bisa botol kaca maupun botol plastik. Pastikan botol kering, bersih dan bebas dari semut maupun kotoran lainnya.

2. Simpan di tempat yang kering

5 Cara Menyimpan Madu Agar Nutrisinya Tidak Hilangpexels.com/Pixabay

Simpanlah madu di tempat yang kering dan sejuk. Madu yang disimpan di tempat tepat ini akan tahan lebih lama dan kualitasnya tak berubah. 

3. Jauhkan madu dari bau menyengat

5 Cara Menyimpan Madu Agar Nutrisinya Tidak Hilangunsplash.com/Chinh Le Duc

Untuk membuat madu awet dan tahan lama adalah menyimpan madu di tempat yang jauh dari makanan maupun benda lainnya dengan bau menyengat. Jauhkan madu dari segala sesuatu yang bisa merusak kualitasnya

Baca Juga: Jangan Masukkan Madu ke Dalam Kulkas, Ini Penjelasannya!

4. Jauhkan madu dari sinar matahari

5 Cara Menyimpan Madu Agar Nutrisinya Tidak Hilangpexels.com/Pixabay

Madu yang disimpan di tempat yang terkena sinar matahari langsung akan membuat madu mudah rusak dan nutrisinya berkurang. Sinar matahari juga berpotensi mengubah warna madu jadi lebih hitam dan tak menarik lagi.

5. Jangan simpan madu di wadah logam

5 Cara Menyimpan Madu Agar Nutrisinya Tidak Hilangpexels.com/Pixabay

Pastikan untuk menyimpan madu di wadah yang terbuat dari kaca atau plastik. Hindari menyimpan madu di wadah yang terbuat dari logam karena ditakutkan madu akan rusak dan justru berubah menjadi racun karena zat kimia berbahaya pada logam menyatu dengan madu.

Itulah 5 cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan madu agar awet dan tahan lama. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan Madu yang Baik Agar Awet dan Anti Disemutin

Ika Photo Community Writer Ika

Don't give up!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You