Comscore Tracker

5 Tanda Ikan Asin Mengandung Formalin, Pahami Ya!

Kamu harus lebih waspada saat membeli

Banyak pembuat ikan asin dan pedagang nakal yang mencampurkan formalin ke dalam ikan asin agar lebih awet. Padahal, formalin bukan pengawet makanan yang aman buat kesehatan. Saat formalin masuk ke tubuh bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Hal ini bahkan bisa meningkatkan risiko kanker.

Untuk itu, sebelum membeli ikan asin, pastikan mengetahui apakah mengandung formalin atau tidak. Lalu apa tandanya? Ada beberapa tanda ikan asin yang mengandung formalin. Simak ulasannya berikut ini.

1. Ikan sangat awet

5 Tanda Ikan Asin Mengandung Formalin, Pahami Ya!pixabay.com/pasja1000

Tanda pertama ikan asin mengandung formalin adalah ikan asin sangat awet. Biasanya, ikan asin ini akan bertahan selama berbulan-bulan dan bentuknya tidak berubah. Jika menemukan ikan asin seperti ini sebaiknya hindari. Ikan asin tanpa bahan pengawet hanya bertahan selama 1 bulan. Ikan asin yang tidak mengandung pengawet, umumnya akan cepat busuk atau rusak. 

2. Tidak ada lalat

5 Tanda Ikan Asin Mengandung Formalin, Pahami Ya!pixabay.com/Hans

Ikan asin yang mengandung pengawet tidak akan dihinggapi lalat. 

Baca Juga: Resep Tumis Ikan Asin, Rasanya Bikin Gak Mau Berhenti Makan

3. Tekstur ikan yang keras

5 Tanda Ikan Asin Mengandung Formalin, Pahami Ya!unsplash.com/chuttersnap

Daging ikan biasanya mudah hancur dan rapuh. Meski pun ikan itu sudah dijadikan ikan asin. Jika ikan memiliki tekstur keras, alot dan tidak mudah hancur, kemungkinan besar ikan ini telah mengandung formalin. 

4. Ikan tak berbau

5 Tanda Ikan Asin Mengandung Formalin, Pahami Ya!pixabay.com/uniquedesign52

Ikan asin yang mengandung formalin umumnya akan kehilangan bau khas ikan. Ini karena zat kimia pada formalin membuat aroma sedap pada ikan berkurang bahkan hilang. 

5. Kucing enggan memakan ikan

5 Tanda Ikan Asin Mengandung Formalin, Pahami Ya!Pixabay.com/Dennis Grigorjevs

Saat kamu memberikan ikan itu  pada kucing tidak akan memakannya. Hewan biasanya memiliki sensor lebih peka terhadap zat kimia yang berbahaya buat tubuhnya.

Baca Juga: Hobi Makan Ikan Asin? Ketahui 5 Efek Sampingnya Buat Kesehatan Berikut

Ika Photo Community Writer Ika

Don't give up!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You