Comscore Tracker

5 Cara Menyimpan Udang Agar Tidak Amis dan Tahan Lama 

Berapa lama udang bisa disimpan?

Ketika cara yang digunakan untuk menyimpan udang salah, ini akan membuat kualitas udang menurun. Alhasil, udang yang disimpan pun baunya akan membusuk, teksturnya jadi lembek dan warnanya kurang menarik. Untuk menyimpan udang yang tepat, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan. Berikut lima cara menyimpan udang agar tidak amis dan tahan lama!

1. Pilihlah udang yang masih segar

5 Cara Menyimpan Udang Agar Tidak Amis dan Tahan Lama pixabay.com/jackmac34

Agar udang tidak bau amis, saat membelinya kamu wajib membeli udang yang masih fresh atau segar. Pilih udang yang masih segar dengan ciri-ciri mata udang bening dan teksturnya cukup keras atau segar.

2. Buang kepala udang

5 Cara Menyimpan Udang Agar Tidak Amis dan Tahan Lama pixabay.com/manfredrichter

Sebelum menyimpan udang, cuci udang hingga bersih, buang kepala, duri dan tanduknya. Namun, jika tidak ingin membuang kepalanya, buang duri dan tanduknya, belah kepala udang dan keluarkan kotoran yang ada di dalamnya.

3. Bumbui udang

5 Cara Menyimpan Udang Agar Tidak Amis dan Tahan Lama pixabay.com/ppkpichch

Usahakan untuk membumbui udang sebelum disimpan. Selain bisa membuat bumbu udang meresap dengan baik, ini juga bisa membuat udang tahan lama. Jika tidak akan membumbui, cukup taburi garam dan lada bubuk pada tubuh udang.

Baca Juga: 7 Manfaat Udang Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

4. Simpan dalam tempat tertutup

5 Cara Menyimpan Udang Agar Tidak Amis dan Tahan Lama pixabay.com/mhollaen

Pastikan untuk menyimpan udang di wadah tertutup. Wadah ini bisa berupa kantong plastik yang kemudian diikat hingga kedap udara atau wadah kotak bekal atau stoples. Menyimpan udang di wadah tertutup akan membuat udang tahan lama dan kualitasnya tetap baik.

5. Simpan udang di freezer

5 Cara Menyimpan Udang Agar Tidak Amis dan Tahan Lama pixabay.com/PublicDomainPictures

Udang yang masih segar akan tahan lama ketika disimpan di freezer. Udang yang disimpan di freezer bahkan sampai membeku akan tahan hingga satu minggu lebih.

Itulah cara menyimpan udang agar tidak amis dan tahan lama saat dimasak nantinya. Kuncinya udang harus bersih dan disimpan dalam wadah yang rapat.

Baca Juga: 5 Trik Jitu Membuat Kaldu dari Kepala & Kulit Udang yang Bebas Amis

Ika Photo Community Writer Ika

Don't give up!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You