Comscore Tracker

5 Spot Tahu Gimbal di Yogyakarta, Bumbu Kacangnya Pecah!

Rasa petis udangnya ngangenin 

Siapa nih yang suka makanan yang memakai bumbu kacang? Bagi pecinta bumbu kacang, memang sulit untuk menolak jenis makanan yang satu ini. Nah, salah satu kuliner yang memakai siraman bumbu kacang adalah tahu gimbal. Tahu gimbal merupakan makanan khas kota Semarang. Makanan ini terdiri dari tahu goreng, irisan kol mentah, lontong, tauge, telur, dan tentu saja gimbal udang yang menjadi primadona menu ini. Taste bumbu kacangnya ini menjadi istimewa, karena menggunakan petis udang.

Daripada makin ngiler, lebih baik simak spot tahu gimbal enak yang ada di Yogyakarta berikut ini, yuk!

1. Tahu gimbal PaK Yono 

5 Spot Tahu Gimbal di Yogyakarta, Bumbu Kacangnya Pecah!tahu gimbal pak yono (instagram.com/jogjafooddrink)

Tahu gimbal Pak Yono termasuk yang legendaris. Pak Yono sudah merintis usaha ini dari tahun 1980-an di kota Semarang. Baru pada tahun 1997 Pak Yono hijrah ke kota Yogyakarta. Kedai Pak Yono ini sangat terkenal dan selalu ramai diserbu pembeli. Dalam sehari saja beliau bisa menghabiskan 17 kg kacang tanah dan 500 porsi tahu gimbal. Luar biasa, bukan?

Seporsi tahu gimbal Pak Yono berisi potongan tahu, telur ceplok, irisan kubis, tauge, ketupat, dan gimbal, yang disiram dengan bumbu kacang, dan diberi irisan daun seledri. Rasanya manis, agak sedikit pedas, serta dominan rasa gurih yang berasal dari udang serta kacang tanah yang dihaluskan. Bumbu kacangnya light, terlihat dari warnanya yang coklat muda. Llau, porsinya jangan ditanya, sepiring munjung udah pasti kenyang dong!

Alamat: Jalan Tentara Pelajar Nomor 17, Yogyakarta

Jam operasional:

Senin-Sabtu : pukul 08.00-16.00 WIB 

Minggu : libur

Harga: mulai dari Rp 14rb

2. Tahu gimbal Pak Ribut 

5 Spot Tahu Gimbal di Yogyakarta, Bumbu Kacangnya Pecah!tahu gimbal pak ribut (instagram.com/bl3ssin6)

Gerobak dagangan Pak Ribut menempati lokasi yang mudah ditemukan, yaitu berada di depan Pasar Sleman. Pak Ribut mulai berjualan tahu gimbal sejak tahun 2019. Meskipun baru berjalan 2 tahun, tapi pelanggan setianya sudah tersebar dimana-mana. Menurut pengakuannya, dalam sehari, tahu gimbalnya bisa laku 60 sampai 70 porsi. Meskipun tempatnya berada di pinggir jalan, namun cara penyajiannya cukup higienis kok! Bapaknya pakai sarung tangan plastik. Gerobaknya juga bersih. Cuma 1 aja yang gak enak, antriannya itu lho, sudah seperti di stasiun.

Isian tahu gimbalnya sama seperti pada umumnya. Warna bumbu kacangnya coklat pekat. Porsinya itu juga ngajak ribut. Saking banyaknya, 1 porsi bisa dimakan bertiga, puas bener, kan? Paling atas ditaburi bawang goreng. Wah makin mantap, deh!

Alamat: depan Pasar Sleman unit 1, Wadas, Tridadi, Sleman, Yogyakarta

Jam operasional:

Senin-Kamis : pukul 10.00-15.00 WIB

Jumat : libur

Harga: mulai dari Rp 14rb

3. Tahu gimbal Simbok 

5 Spot Tahu Gimbal di Yogyakarta, Bumbu Kacangnya Pecah!tahu gimbal simbok (instagram.com/tahugimbaltelorsimbok)

Warung tahu gimbal Simbok berada di pinggir jalan, sehingga tidak sulit menemukannya. Selain menjual tahu gimbal, Warung Simbok juga menjual berbagai macam pepes. Isian tahu gimbal Simbok cukup lengkap, terakhir disiram kuah bumbu kacang yang khas. Gimbalnya sudah disiapkan setengah matang sebelumnya, jadi ketika ada pesanan, tinggal digoreng lagi, sehingga pas dimakan, masih fresh hangatnya.

Taste bumbunya gak terlalu strong, terlihat dari warnanya yang light dan encer, namun tidak mengurangi kenikmatan dari rasa petis udangnya yang gurih. Ada manis, sedikit pedas dan aromatik. Semua rasa bercampur dengan sangat pas dan memanjakan lidah. Yang mau pakai nasi, bisa ambil sendiri, porsi sesukanya. Jangan lupa ditambah kerupuk biar rasanya makin mantap!   

Alamat: Jalan Pandega Marta Nomor 1, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta

Jam operasional:

Senin-Sabtu : pukul 10.00-20.00 WIB

Minggu : libur

Harga: mulai dari Rp 13rb

Baca Juga: Resep Tahu Gimbal ala Anak Kos, Begini Cara Membuatnya yang Mudah

4. Tahu gimbal Dilla 

5 Spot Tahu Gimbal di Yogyakarta, Bumbu Kacangnya Pecah!tahu gimbal dilla (instagram.com/yukyukmakan)

Tahu gimbal yang berada di selatan Yogyakarta ini adalah anak kandung tahu gimbal Pak Yono. Nama Dilla diambil dari nama anak Pak Iswadi (anak Pak Yono). Kedai ini dalam sehari bisa menghabiskan sekitar 200 porsi tahu gimbal. Saking ramenya, yang mau mencicipi tahu gimbal Dilla harus extra sabar dengan antriannya.

Kacangnya tidak ditumbuk halus, masih agak kasar, jadi tekstur kacangnya masih terasa. Bumbunya kental dan luber. Porsinya jumbo, sudah pasti mengenyangkan, deh! Bisa buat porsi makan siang juga. Tahu gimbalnya pakai telor ceplok. Cita rasanya manis, tekstur lontongnya tidak terlalu padat. Untuk level pedas, bisa langsung request ke Pak Iswadi.

Alamat: Jalan Parangtritis km 7 Nomor 138, Dadapan, Panggungharjo, Sewon, Bantul (dekat SMP 1 Sewon), Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, pukul 09.00-17.00 WIB

Harga: mulai dari Rp 11rb

5. Tahu gimbal Mbokdhe Whorr 

5 Spot Tahu Gimbal di Yogyakarta, Bumbu Kacangnya Pecah!tahu gimbal mbokdhewhorr (instagram.com/mbokdhewhorr)

Spot tahu gimbal yang terakhir adalah di warung Mbokdhe Whorr. Sebelumnya Mbokhe Whorr berjualan di Gejayan, sekarang pindah ke daerah Selokan Mataram. Tidak hanya spesialis tahu gimbal, menu semarangan lain seperti babat gongsonya juga tersedia di sini. Yang terbaru ada nasi cumi hitam.

Untuk isian tahu gimbalnya cukup komplit. Gimbal udangnya berasa kress sewaktu digigit. Gak pelit udang, lumayan besar ukuran udangnya. Porsinya juga pas. Kacangnya gak di blender. Jadi masih berasa kasar, crunchy gitu pas digigit. Rasanya tidak mengecewakan, patut dicoba!

Alamat: Jalan Selokan Mataram, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, pukul 07.00-17.00 WIB

Harga: mulai dari Rp 15rb

Kombinasi gorengan dan bumbu kacang memang perpaduan yang pas nikmatnya. Gurihnya gimbal udang yang digoreng, ditambah potongan tahu yang empuk, serta siraman petis udang bumbu kacangnya. Hhmm, siapa coba yang sanggup menahan godaan ini? Nah, pecinta bumbu kacang, favorit kamu, tahu gimbal yang nomor berapa nih?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tahu Gimbal di Semarang, Nyesel Kalau Gak Coba!

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

keep calm and keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya