Comscore Tracker

5 Kafe Hits di Yogyakarta yang Bikin Nyaman, Ada Tema Bohemian Jawa  

Hangout seru dengan pemandangan alam 

Kota Yogyakarta tidak pernah kehabisan ide buat bikin tempat nongkrong. Selalu bermunculan yang baru, unik, dan seru. Kalo kamu bosan dengan suasana kekinian nan modern dan ingin suasana asri yang jauh dari hiruk pikuk kota, di Yogyakarta banyak nih tempat hangout asik yang baru buka.

Kafe-kafe ini jadi hits berkat promosi dan foto-foto instagenic di media sosial. Daripada kelamaan, mending langsung disimak aja ulasannya, yuk.

1. Diy Selatan Coffee & Space 

5 Kafe Hits di Yogyakarta yang Bikin Nyaman, Ada Tema Bohemian Jawa  Potret diy selatan (instagram.com/masclink_kulineran)

Diy Selatan Coffee & Space resmi dibuka oleh pemiliknya Haji Ali Martias pada 5 November 2021. Bertambah satu lagi ruang rekreasi warga di Bantul utara. Bangunan depan kafe ini berbentuk dua menara megah dengan warna putih dan krem.

Desainnya memanjang ke belakang dengan spot mix indoor dan outdoor. Di bagian indoor, kamu bisa duduk di sofa empuk dan tetap bisa melihat view outdoor, karena adanya sejumlah kaca besar. Ruangan ini dilengkapi pula dengan AC, lampu gantung, dan meeting room.

Area outdoor-nya sangat luas dan berada di pinggir sawah, sehingga kamu bisa bersantai menikmati view sawah dan semilir angin yang membelai kulit. Ada yang unik pada area outdoor, di halaman terasnya menggunakan atap transparan, sehingga tidak terasa berada di luar ruangan.

Tempat ini menyajikan acara live music setiap harinya yang akan membuatmu semakin betah. Menu yang ditawarkan cukup beragam. Tersedia masakan Indonesia, chinese, dan barat. Es kopinya kamu bisa coba bitter butter dan cobanna. Sate tunanya juga enak, lho!

Alamat: Jalan Tamantirto, Brajan, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Jam operasional:

Weekday: pukul 10.00-23.00 WIB.

Weekend: pukul 09.00-23.30 WIB.

Harga: mulai dari Rp25.000.

2. Kopi Nuri 

5 Kafe Hits di Yogyakarta yang Bikin Nyaman, Ada Tema Bohemian Jawa  Potret kopi nuri (instagram.com/kopinuri)

Sleman juga gak mau kalah, nih. Hadir lagi tempat nongkrong baru yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Kopi Nuri. Tempat ini baru soft opening pada tanggal 15 Maret 2021 lalu.

Kafe ini menyuguhkan tempat indoor dan outdoor dengan view alam sekitar yang menawan. Untuk indoornya ada lesehan dengan karpet rumput hijau. Bangunannya di dominasi warna putih dengan dinding kaca dan ber-AC, jadi meski indoor, kamu tetap dapat menyaksikan view alam di luar.

Area outdoor-nya menempati lahan di pinggiran sawah dengan payung besar. Pepohonan kelapa dan tanaman lain membuat suasana begitu sejuk nan asri. Tempat ini cocok banget nih buat hunting foto.

Makanannya ada nasi goreng rendang, magelangan, dan mie dokdok. Camilannya ada wedges, jamur krispi, dan chicken wings. Menu kopinya ada es kopi rum, sparkling coffee, dan es kopi nuri. Yang gak suka kopi ada pilihan virgin squash, caramel blend, dan bubble gum.

Alamat: Jalan Anggajaya II, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari, pukul 09.00-24.00 WIB.

Harga: mulai dari Rp4.000.

Baca Juga: 5 Kafe dengan Konsep Tropis di Yogyakarta, Hawanya Sejuk!

3. Laluna Lounge 

5 Kafe Hits di Yogyakarta yang Bikin Nyaman, Ada Tema Bohemian Jawa  Potret laluna lounge (instagram.com/laluna.lounge)

Laluna Lounge, spot nongki cantik di Palagan yang baru soft opening pada bulan November 2019 lalu ini terbilang unik, karena memiliki tema yang tidak biasa, yaitu bohemian yang di mix dengan unsur Jawa.

Bangunannya berbentuk pendopo dengan atap limasan. Dindingnya sebagian bermaterial kayu, dengan hiasan ukiran. Selain itu pada bagian dinding dan lantai keramik bermotif colorful. Beberapa dekorasi bohemian ditampilkan di sini, seperti lampu gantung rotan, hiasan macrame, serta ornamen lainnya.

Banyak pilihan spot duduk di sini. Ada spot area semi-indoor dengan kursi kayu dan sofa yang empuk. Area outdoor-nya bernuansa asri dengan tanaman di sekeliling dan angin sepoi-sepoi. Buat yang hobi berpose, bisa puas jeprat jepret di setiap sudut tempat ini.

Banyak titik instagenic yang bisa dijadikan latar ala OOTD. Laluna memiliki menu yang bercita rasa nusantara, asia dan western. Di antaranya ada nasi campur, risoles, pizza, spaghetti dan tom yum. Untuk minumannya ada lemon squash, fresh juice, dan cappucino.

Alamat: Jalan Palagan Tentara Pelajar Km 8, Sleman, Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari, pukul 11.00-24.00 WIB.

Harga: mulai dari Rp17.000.

4. Mbah Bayan Coffee & Kitchen 

5 Kafe Hits di Yogyakarta yang Bikin Nyaman, Ada Tema Bohemian Jawa  Potret mbah bayan (instagram.com/foodisteryjogja)

Mbah Bayan memiliki konsep back to nature. Nuansa alamnya sangat kental terasa. Diperjelas lagi dengan bangunan berbentuk Joglo dan furnitur serba kayu dengan atap berbentuk limasan.

Suasana tempat ini adem dan asri karena berada di tengah pepohonan. Banyak binatang seperti belalang, capung, dan kupu-kupu yang berseliweran serta suara gemercik air dari kolam ikan. Jadi bikin kerasan untuk berlama-lama di sini.

Banyak pilihan spot duduk yang nyaman. Ada bangku berupa ayunan dan spot lesehan. Di sore hari, warna langitnya cantik. Suara jangkrik siap menemani kamu nongkrong.

Mbah Bayan menawarkan menu ala nusantara. Di antaranya ada nasi goreng teri gundul, iga sapi bakar, ayam godong telo, nila dabu-dabu, tumis jantung pisang dan tumis genjer. Menu andalannya adalah ayam bakar madu.

Bagi penggemar pedas, jangan lewatkan nasi bakarnya, yang disajikan berikut dengan bambunya. Camilannya kamu bisa mencicipi pisang bakar penyet, singkong goreng keju, cilok krispi dan bola ubi.

Pilihan menu kopinya ada gayo wine, halu honey, dan Bali natural. Minuman lainnya ada wedangan dan jamu, seperti es kunyit asam, es beras kencur, dan es asam Jawa.

Alamat: Jalan Sidomoyo, Mlati, Sleman, Yogyakarta.

Jam operasional:

Selasa - Jumat: pukul 10.00-20.00 WIB.

Sabtu- Minggu: pukul 11.00-20.00 WIB.

Harga: mulai dari Rp5.000

5. Bawah Langit 

5 Kafe Hits di Yogyakarta yang Bikin Nyaman, Ada Tema Bohemian Jawa  Potret bawah langit (instagram.com/masclink_kulineran)

Nongkrong di Bawah Langit? Iya, ini nama tempat nongkrong baru di Kaliurang timur, tepatnya di sebelah timur Tengkleng Gajah. Masih fresh banget nih, kafe ini baru buka 20 Desember 2021.

Dari luar tempat ini kelihatan kecil, tapi begitu masuk, dalamnya luas banget dong. Areanya ada indoor dan outdoor. Bangunan indoor-nya berwarna terracotta. Outdoor-nya adem, tengahnya ada empang kecil, bisa lesehan juga dengan colorful bean bag. Signal wifi kenceng banget. Parkir luas. Ada mushola. Ada live music juga setiap hari.

Menu makanannya bervariasi. Untuk snacknya ada cikuwa, bola-bola salmon, tahu crispy dan aneka roti bakar. Menu beratnya ada nasi goreng bawah langit, nasi ayam penyet, mie selosor, dan aneka ricebowl.

Minuman signature-nya ada es susu tape, dawet milky, dan chocoberry. Melengkapi minumannya ada aneka kopi, non kopi, tea based, chocolate, fruit juice, squash, dan milked based. Harga menunya cukup bersahabat.

Alamat: Jalan Kaliurang Timur, Nglaban, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari, pukul 09.00-24.00 WIB.

Harga: mulai dari Rp7.000.

 

Tempat nongkrong baru berlanskap alam cukup banyak hadir belakangan ini. Karena sudah jenuh dengan kebisingan kota, tempat pelarian terbaik memang ke alam.

Menghabiskan waktu bersama teman, keluarga, pasangan atau komunitas menjadi berkualitas. Dari kelima tempat tadi, yang mana nih yang kamu suka?

Baca Juga: 5 Fakta Mangut Lele Mbah Marto, Kuliner Legendaris Yogya yang Maknyus

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

keep calm and keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya