Comscore Tracker

5 Nasi Goreng Hits di Yogyakarta, Ada yang Pakai Beras Basmati

Dari rendang hingga kari, bumbunya nendang semua 

Nasi goreng adalah menu populer di semua kalangan. Hidangan yang termasuk makanan berat ini sangat disukai oleh masyarakat Indonesia maupun di mancanegara. Santapan berbahan dasar nasi ini mudah sekali ditemui di berbagai kota, termasuk di Yogyakarta.

Tempat yang menjual nasi goreng pun cukup beragam, mulai dari yang di pinggir jalan hingga restoran mewah. Berikut spot nasi goreng hits yang bisa kamu singgahi di Yogyakarta. Yuk, disimak sampai habis!

1. Nasi Goreng Rendang Uda Bimbi 

5 Nasi Goreng Hits di Yogyakarta, Ada yang Pakai Beras Basmatinasgor rendang uda bimbi (instagram.com/jogjaistimewa)

Berada tak jauh dari Tugu Jogja, tepatnya di depan Hotel Tugu. Ada warung nasi goreng sederhana yang baru buka saja sudah ramai antrian. Karena ramai, kadang gak sampai 3 jam sudah habis, lho. Warung ini bisa menghabiskan 30 kg beras tiap malamnya. Masaknya bar-bar, langsung masak banyak pakai wajan besar, bisa untuk 20-30 porsi. Yang bikin orang rela antri itu karena bumbu nasi gorengnya memakai bumbu rendang.

Biarpun lokasinya berada di pinggir jalan dan makannya lesehan, tapi rasanya patut diacungi jempol. Varian nasi goreng rendangnya ada ayam, sapi, pete, dan ati ampela. Porsinya juga melimpah, gak pelit. Taste-nya pedas, manis, dan gurih. Yang paling juara adalah bumbu rendangnya, nendang banget. Biar makin mantap ditambah telur ceplok, kerupuk dan emping.

Alamat: Jalan Diponegoro Nomor 92, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, pukul 17.00-23.00 WIB

Harga: mulai dari Rp18 ribu

2. Nasi Goreng Pak Beni 

5 Nasi Goreng Hits di Yogyakarta, Ada yang Pakai Beras Basmatinasi goreng pak beni (instagram.com/kulineryogya)

Menempati lapak sederhana dan letaknya bersebelahan dengan Pempek Ny. Kamto, Nasi goreng Pak Beni ini cukup membuat macet Jalan Affandi. Menu yang terkenal di sini adalah nasi goreng kambing. Tapi varian nasi goreng lainnya juga ada, seperti sapi, ayam, jeroan, dan babat.

Cara memasaknya yang menggunakan arang membuat aroma yang tercium sangat khas. Rasa kari pada nasi goreng kambing ini sangat terasa, aroma rempahnya kuat. Menurut Pak Beni, bumbu nasi gorengnya didatangkan langsung dari Jakarta.

Meski potongan daging kambingnya tidak terlalu besar, tetapi rasanya jangan ditanya. Tekstur daging kambingnya empuk dan gak alot. Dalam setiap satu porsi nasi goreng varian apa pun akan mendapatkan telur ceplok, emping, dan acar.

Sensasi nasi goreng kambing akan lebih maknyus jika dicampur dengan acar timun dan cabe rawit, karena rasa pedasnya akan menambah lahap menyantapnya. Buat yang lapar berat, bisa pesan yang porsi jumbo atau double jumbo. Meskipun tempatnya tidak begitu luas, tapi pembeli terus berdatangan.

Alamat: Jalan Affandi Nomor 33, Soropadan, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, pukul 17.00-24.00 WIB

Harga: mulai dari Rp17 ribu

3. Nasi Goreng Kari Lakhone 

5 Nasi Goreng Hits di Yogyakarta, Ada yang Pakai Beras Basmatinasi goreng kari lakhone (instagram.com/voilajogja)

Nasi Goreng Lakhone, nasi goreng kari kekinian yang awalnya hanya menerima delivery only, sekarang sudah bisa dine in, lho. Berlokasi di Jalan Monjali, kedai makan ini terlihat luas, bersih, dan nyaman. Yang istimewa dari kedai makan ini adalah bahan yang digunakan semua serba premium. Dimulai dari pemilihan beras yang digunakan, yakni beras basmati. Beras yang ditanam di India dan Pakistan tersebut diketahui memiliki aroma dan rasa yang khas. Beras basmati juga sering digunakan untuk membuat nasi briyani.

Bahan premium lainnya yang digunakan adalah penggunaan garam jenis himalayan salt. Garam ini memberi rasa yang lebih enak pada makanan dan juga lebih sehat. Bumbu karinya pun premium dan import, lho. Jadi soal rasa dan kualitas, sudah pasti the best deh.

Daging dan porsinya juga banyak, cukup mengenyangkan. Untuk protein dari nasgor sultan ala rakyat ini, ada pilihan ayam, kambing, sapi, dan juga bakso. Sekarang ada menu baru, lho, yaitu kwetiaw goreng. Meskipun menggunakan bahan yang serba premium, tapi harganya tetap terjangkau, kok.

Alamat: Jalan Monjali Nomor 130, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, pukul 11.00-21.00 WIB

Harga: mulai dari Rp15 ribu

Baca Juga: 5 Kuliner Jogja yang Layani Take Away, Buruan Sikat!

4. Nasi Goreng Bu Ita 

5 Nasi Goreng Hits di Yogyakarta, Ada yang Pakai Beras Basmatinasi goreng bu ita (instagram.com/voilajogja)

Nasi Goreng Bu Ita cukup terkenal di daerah Sleman, Yogyakarta. Pelanggan setianya kebanyakan adalah para mahasiswa yang berada di lingkungan itu. Harga makanan di kedai Bu Ita memang termasuk murah untuk kantong mahasiwa dan variasi menunya juga sangat beragam. Bayangkan, menu nasi gorengnya saja ada 18  jenis. Mulai dari nasi goreng keju, udang, iga sapi, kambing, kepiting, jamur, babat, kornet, teri medan hingga yang spesial.

Aneka mienya juga lengkap, ada magelangan, seninjong, kwetiaw, bihun goreng dan mie goreng. Menu chinese food juga tersedia, seperti babat kecap, koloke, ayam mentega, fu yung hai, dan cap cay. Wah, lengkap banget, deh.

Almarhum suami Bu Ita dulunya adalah seorang chef hotel di Jawa Barat. Karena itu, rasa masakan di warung ini sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Dengan porsi melimpah alias jumbo, rasa bintang lima, dan harga kaki lima, membuat warung Bu Ita tidak pernah sepi pembeli.

Alamat: Jalan Pandega Marta Nomor 532 D, Sleman, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, pukul 16.00-23.00 WIB

Harga: mulai dari Rp12 ribu

5. Nasi Goreng Sapi Padmanaba 

5 Nasi Goreng Hits di Yogyakarta, Ada yang Pakai Beras Basmatinasi goreng padmanaba (instagram.com/voilajogja)

Jualannya di warung tenda sederhana dan makannya lesehan dengan beralaskan tikar, namun pelanggan rela antre untuk menyantap lezatnya seporsi Nasi Goreng Sapi Padmanaba ini.

Selain rasanya yang enak, porsi nasi gorengnya juga banyak dan harganya pun murah meriah. Hal inilah yang membuat warung tenda ini hampir tidak pernah sepi pembeli. Nasi gorengnya dimasak dalam wajan yang super besar untuk menghemat waktu. Satu porsi nasi goreng sudah termasuk telur ceplok, acar, dan emping.

Tipikal nasi goreng di sini agak lembek dan sedikit berminyak, tapi rasanya tidak mengecewakan. Daging sapinya dipotong kotak, bukan disuwir. Daging sapinya direbus lama dan dimasak dengan rempah Jawa, sehingga bumbunya meresap dan teksturnya empuk.

Porsi nasi gorengnya ada yang porsi biasa dan porsi jumbo. Uniknya, proses pengantaran pesanan nasi goreng ke pelanggan memakai teknik rumah makan Padang, yakni piringnya ditumpuk.

Alamat: Jalan Yos Sudarso, Kotabaru, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, pukul 18.00-24.00 WIB

Harga: mulai dari Rp17 ribu

Nasi goreng memang menu yang sederhana dan pas disantap setiap saat. Meski simple, jika diolah dengan bumbu yang tepat, bahan fresh dan berkualitas, tentu akan menghasilkan cita rasa nasi goreng yang nikmat dan melekat di lidah pembeli.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Bubur di Jogja, Cocok Buat Mampir Sarapan

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

keep calm and keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya