Comscore Tracker

5 Oleh-oleh Kuliner Khas Makassar yang Rasanya Juara!

Semuanya khas dan legendaris, lho 

Berada di kawasan Indonesia Timur, Makassar tidak hanya kaya akan warisan budaya, namun juga punya segudang oleh-oleh untuk dibawa pulang. Kota Anging Mammiri ini sudah tersohor akan kelezatan aneka makanan khasnya sejak lama.

Berikut adalah deretan oleh-oleh kuliner khas Makassar yang banyak diburu saat mudik. Semuanya khas dan legendaris, lho.

1. Sirup Markisa Bola Dunia 

5 Oleh-oleh Kuliner Khas Makassar yang Rasanya Juara!potret sirup markisa Bola Dunia (instagram.com/frozenfoodcasayu)

Markisa merupakan buah eksotis yang punya cukup banyak penggemar. Salah satu hasil olahan markisa yang sangat populer di Makassar adalah sirupnya. Tak heran jika banyak yang menjadikan sirup markisa Makassar sebagai buah tangan. Bola Dunia adalah salah satu pelopor produk sirup markisa khas Makassar yang bisa kamu bawa pulang untuk oleh-oleh.

Sirup markisa asal Malino ini mengandung lebih banyak vitamin C, karena menggunakan buah markisa asli. Karena diproses secara alami, sirup ini mampu bertahan cukup lama di suhu ruang. Sirup markisa ini tersedia di setiap toko oleh-oleh khas Makassar.

2. Lumpia Sulawesi  

5 Oleh-oleh Kuliner Khas Makassar yang Rasanya Juara!potret lumpia Sulawesi (instagram.com/lumpia.sulawesi)

Salah satu kuliner Makassar yang tidak boleh dilewatkan adalah lumpia. Meski gak beda jauh dengan lumpia pada umumnya,  namun kuliner peranakan Tionghoa dan Sulawesi ini memiliki cita rasa yang khas ketika dimakan. Sehingga tak jarang banyak yang memesan untuk dibawa pulang.

Salah satu lumpia yang cukup populer adalah Lumpia Sulawesi yang berada di Jalan Lasinrang Nomor 11 C. Lumpia Sulawesi yang sudah eksis sejak 1988 ini terasa spesial karena, kulitnya tipis, jadi ketika digigit teksturnya gurih dan renyah. Saus sambalnya juga beda dari lumpia daerah lain, karena menggunakan tauco yang kental. Jadi sensasinya ada pedas, manis dan gurih. Toko mereka buka dari pukul 07.30-19.00 WITA.

Baca Juga: 5 Aktivitas Wisata Menarik di Pantai Losari Makassar

3. Bakso Ati Raja 

5 Oleh-oleh Kuliner Khas Makassar yang Rasanya Juara!potret bakso Ati Raja (instagram.com/bakso_atiraja)

Bagi yang ingin memberi buah tangan paket bakso, bisa mampir ke kedai Bakso Ati Raja yang sudah melegenda di Makassar. Rumah makan ini sudah beroperasi sejak tahun 1995. Keistimewaan bakso ini terletak pada pemilihan daging sapinya yang berkualitas.

Rasanya yang pas, didapat dari pemilihan bagian sapi yang berbeda-beda untuk tiap jenis baksonya. Sapi yang digunakan adalah sapi lokal Makassar. Jika ingin dijadikan oleh-oleh, kamu bisa membeli yang divakum. Baksonya terbuat dari daging asli 100%. Pilihan baksonya ada bakso halus, bakso urat dan bakso goreng. Alamatnya di Jalan Gunung Merapi Nomor 170. Jam operasional mereka dari pukul 07.00-22.00 WITA.

4. Otak-Otak Ibu Sanny

5 Oleh-oleh Kuliner Khas Makassar yang Rasanya Juara!potret otak-otak Ibu Sanny (instagram.com/otakotakmakassaribusanny)

Otak-otak Ibu Sanny juga termasuk yang banyak diburu wisatawan ketika berkunjung ke kota Daeng. Kuliner yang terbuat dari ikan tenggiri ini sudah terkenal sejak 1995. Otak-otak Ibu Sanny rasanya enak, kenyal, gurih dan gak bau amis meski menggunakan ikan tenggiri asli.

Ditambah racikan bumbu sambalnya yang nendang, pas banget di lidah. Tak heran jika banyak pelanggan dari Makassar maupun luar daerah luar yang ketagihan dan balik lagi. Alamatnya di Jalan Lasinrang Nomor 47. Jika ingin dibawa pulang, harus yang dalam keadaan fresh alias baru dibuat, agar tidak basi selama perjalanan.

5. Abon Raos 

5 Oleh-oleh Kuliner Khas Makassar yang Rasanya Juara!potret abon Raos (instagram.com/madallejastip)

Abon Raos juga sering dijadikan oleh-oleh khas Makassar. Rasanya yang khas, beda dari yang lain membuat jajanan Makassar ini kerap dicari pelancong. Cita rasanya gurih dan pedas. Rasa daging sapinya benar-benar terasa dengan perpaduan bumbu pilihan yang sempurna.

Itulah sebabnya harga abon Raos lebih mahal dibanding merek lainnya. Abon Raos ini akan terasa lebih nikmat jika dimakan bersama sepiring nasi putih hangat atau isian roti tawar. Mendapatkan abon Raos sangat mudah, karena hampir tersedia di semua tempat jual oleh-oleh di Makassar.

Ragam kuliner khas Makassar memang sangat menggoda selera. Namun yang populer dan legendaris yang kerap dicari wisatawan. Dari kelima makanan di atas, yang manakah favoritmu?

Baca Juga: 5 Kafe Keren di Makassar untuk Kamu Jajal di Akhir Pekan

Malika Nabilla Larasati Photo Verified Writer Malika Nabilla Larasati

keep calm and keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya