Comscore Tracker

5 Warung Nasi Balap Terenak di Yogyakarta, Ada yang Buka 24 Jam! 

Nasi campur versi pedas yang menggigit

Nasi balap adalah kuliner khas dari Lombok. Isinya terdiri dari nasi putih dengan lauk ayam suwir pedas, kering kentang, dan kedelai goreng. Saat dimakan, kamu akan langsung merasakan cita rasa gurih dan pedas yang nendang.

Nasi balap biasa disajikan dalam wadah anyaman lidi dengan dilapisi daun pisang. Sepintas mirip nasi campur, tapi agak pedas.

Meski masakan ini terbilang sederhana, namun banyak yang menyukainya. Bahkan, sudah banyak warung nasi balap di Yogyakarta yang bisa kamu datangi, lho. Dengan begitu, kamu bisa mencicipi nasi balap saat berada di Yogyakarta.

1. Nasi Balap Lincak 

5 Warung Nasi Balap Terenak di Yogyakarta, Ada yang Buka 24 Jam! Nasi balap lincak (instagram.com/kulineryogya)

Salah satu pelopor nasi balap di Yogyakarta adalah Nasi Balap Lincak. Nasi balap yang berada di Selokan Mataram ini tempatnya cukup luas. Tersedia Wi-Fi gratis bagi yang ingin makan di tempat.

Tempat ini biasa ramai oleh antrean ojek online. Per harinya, kedai ini bisa menghabiskan 1 kuintal daging ayam untuk membuat suwiran ayam pedasnya, lho!

Untuk lauk Nasi Balap Lincak ada ayam suwir pedas, telur, kering kentang, sayur kacang panjang, dan taburan kacang kedelai goreng. Rasa pedas ayam suwirnya berpadu dengan kering kentang yang gurih dan renyah.

Menu pendampingnya ada gorengan, sate, dan kerupuk. Menariknya lagi, Nasi Balap Lincak ini buka 24 jam. Jadi, makan tengah malam pun bisa banget!

Lokasi: Jalan Selokan Mataram Nomor 29, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: mulai dari Rp12 ribu

2. Nasi Balap Puyung Pak Andy 

5 Warung Nasi Balap Terenak di Yogyakarta, Ada yang Buka 24 Jam! Nasi balap puyung pak andy (instagram.com/eddy.9un)

Nasi Balap Puyung Pak Andy sudah berdiri sejak 2016. Pak Andy sendiri adalah orang Kediri asli. Makanan khas Lombok ini dulunya dijual di trotoar. Sekarang, tempat makan sudah punya tempat sendiri. Tempatnya tidak besar, tetapi nyaman, bersih dan terang.

Nasi balapnya enak dan gurih banget. Ayam suwirnya ada sensasi asin, gurih, dan pedas. Pilihan kerupuknya banyak, bisa buat teman makan nasi balap.

Selain nasi balap, Pak Andy juga menjual nasi pedas bali yang sambalnya gak main-main pedasnya. Untuk minumannya ada yang spesial, yaitu teh tarik. Manisnya tidak berlebihan, rasanya enak, sehingga pas buat menyegarkan sensasi pedas dari ayam suwirnya.

Lokasi: Jalan Kaliurang KM 5,3, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-21.00 WIB

Harga: mulai dari Rp12 ribu

3. Nasi Balap Puyung Gejayan 

5 Warung Nasi Balap Terenak di Yogyakarta, Ada yang Buka 24 Jam! Nasi balap puyung gejayan (instagram.com/nasibalappuyung_gejayan)

Bersebelahan dengan Pempek Ny Kamto, Nasi Balap Puyung Gejayan menempati kios yang tidak terlalu besar, tetapi nyaman. Dilengkapi AC, tempat ini terlihat rapi, dan bersih.

Seporsi nasi balap disajikan di atas daun pisang. Isinya ada nasi hangat, suwiran ayam, pindang telur ayam, dan kentang goreng yang dipotong tipis-tipis. Sebagai pelengkap, ada oseng kacang panjang muda yang dimasak setengah matang dan kacang kedelai goreng.

Untuk suwiran ayam, ada level pedas dan sedang. Jadi, buat kamu yang tidak terlalu suka pedas, masih bisa mencicipinya. Bumbu ayamnya enak dan meresap. Kalau kamu kurang kenyang, bisa pesan porsi nasi jumbo, lho.

Lokasi: Jalan Affandi Nomor 31, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari pukul 06.00-22.00 WIB

Harga: mulai dari Rp12 ribu

Baca Juga: Resep Mi Balap Medan yang Bikin Ketagihan, Gampang!

4. Nasi Balap Viar 

5 Warung Nasi Balap Terenak di Yogyakarta, Ada yang Buka 24 Jam! Nasi balap viar (instagram.com/nasibalapviar)

Di sebelah utara Yogyakarta ada lapak nasi balap kaki lima. Nasi Balap Viar ini memang berjualan di pinggir Jalan Seturan, tapi soal rasa boleh diadu dengan warung nasi balap yang lain. Karena tempatnya terbatas, bagi yang ingin makan di tempat hanya disediakan dua bangku kecil.

Isian nasi balap khas Lombok ini sama seperti yang lain, ada ayam suwir, kering kentang tipis, sayur kacang panjang yang dipotong kecil-kecil, dan kacang kedelai goreng. Untuk suwiran ayam bisa pilih pedas atau tidak pedas. Bahkan, kamu bisa minta tambah telur juga, lho.

Lokasi: Jalan Seturan Raya Nomor 1, Sleman, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari pukul 06.30-17.00 WIB

Harga: mulai dari Rp11 ribu

5. Nasi Balap Asoka 

5 Warung Nasi Balap Terenak di Yogyakarta, Ada yang Buka 24 Jam! Nasi balap asoka (instagram.com/fudlova)

Nasi Balap Asoka merupakan menu baru kreasi dari Warung Bolo Dewe. Nasi Balap Asoka ini hadir sejak 2014. Warung Bolo Dewe tempatnya nyaman dan asik buat nongkrong. Pilihan tempat duduknya ada indoor, lesehan, dan outdoor.

Racikan bumbu rempah pada Nasi Balap Asoka sudah disesuaikan dengan lidah orang Jawa.  Ayam suwir, telur balap, kentang serut goreng, sayur kacang panjang, dan kedelai goreng tetap menjadi ciri khas dari nasi balap ini. Keseluruhan rasa Nasi Balap Asoka ada asin, gurih, dan sedikit pedas.

Lokasi: Jalan Nusa Indah Condongcatur, Sleman, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-22.00 WIB

Harga: mulai dari Rp 11rb

Nasi balap memang terlihat sederhana, tapi mampu menghadirkan karakter rasa yang berbeda-beda. Kamu bisa menyantapnya di pagi hari untuk sarapan, siang hari, atau pun malam hari. Pencinta makanan pedas gak boleh sampai kelewatan, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Gudeg Manggar, Kuliner Jadul Yogyakarta Favorit Para Raja

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

keep calm and keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya