Comscore Tracker

7 Makanan Enak Ini Kaya Omega-6 yang Baik Bagi Kesehatan 

Enak, sehat, dan mudah diolah!

Gak cuma omega-3, omega-6 juga penting bagi kesehatan tubuh. Sebagai lemak sehat, omega-6 dibutuhkan tubuh supaya bisa berfungsi dengan baik. Sayangnya, tubuh kita tidak bisa memproduksi lemak sehat ini. Oleh karena itu, kita perlu mengonsumsi makanan yang bisa memberi nutrisi omega-3 dan omega-6.

Dalam mengonsumsi dua lemak sehat ini pun harus seimbang. Tidak boleh terlalu banyak atau terlalu sedikit. Dilansir dari laman Healthline, cari tahu makanan apa saja yang bisa mencukupi kebutuhan omega-6 berikut ini, yuk!

1. Kacang kenari atau walnut

7 Makanan Enak Ini Kaya Omega-6 yang Baik Bagi Kesehatan Freepik/dashu83

Kandungan omega-6 pada kacang kenari alias walnut terbilang tinggi. Menurut laman Healthline, untuk setiap 28 gramnya kamu bisa dapat omega-6 sebanyak 10,8 gram. Sementara kebutuhan asupan harian omega-6 pada laki-laki sebanyak 17 gram dan perempuan sebanyak 12 gram.

Selain kaya omega-6, kacang ini juga mengandung serat dan mineral-mineral penting seperti mangan, tembaga (copper), fosfor, dan magnesium. Kamu bisa jadikan kacang walnut sebagai snack, atau tambahkan saja ke salad, yoghurt, atau oatmeal favoritmu.

2. Minyak safflower

7 Makanan Enak Ini Kaya Omega-6 yang Baik Bagi Kesehatan Pixabay/jcesar2015-1295189

Minyak safflower merupakan minyak nabati yang diekstrak dari biji tanaman safflower atau tanaman kesumba. Tiap 14 gramnya mengandung 1,73 gram omega-6. Sementara untuk 100 gram-nya bisa mengandung 12,7 gram. Minyak safflower bisa jadi alternatif sehat minyak kelapa sawit sebagai minyak goreng. Minyak ini cocok untuk menumis dan dijadikan salad dressing.

3. Tahu

7 Makanan Enak Ini Kaya Omega-6 yang Baik Bagi Kesehatan Pixabay/621hjmit-679872

Lauk favorit orang Indonesia ini ternyata punya kandungan omega-6 yang gak main-main. Tiap 100 gram-nya mengandung 4,97 gram omega-6. Selain memenuhi kebutuhan omega-6, tahu juga memberi banyak nutrisi-nutrisi penting seperti protein, zat besi, kalsium, dan mangan. Tahu mudah banget untuk diolah ke dalam berbagai macam masakan. Sekadar digoreng saja kamu sudah bisa menikmatinya.

Baca Juga: Tak Melulu Jadi Makanan Penutup, 5 Resep Pisang untuk Makanan Utama 

4. Biji bunga matahari

7 Makanan Enak Ini Kaya Omega-6 yang Baik Bagi Kesehatan Pixabay/nonnatthapat-2014566

Selain rasanya yang enak gurih, biji bunga matahari juga sangat kaya akan nutrisi. Setiap 100 gramnya mengandung 37,4 gram omega-6. Kandungan penting lainnya berupa vitamin E dan selenium yang bersifat antioksidan. Biji bunga matahari cocok banget jadi camilan di sela-sela aktivitas maupun waktu santai.

5. Peanut butter

7 Makanan Enak Ini Kaya Omega-6 yang Baik Bagi Kesehatan Freepik/Racool_studio

Selai atau mentega kacang alias peanut butter memiliki rasa yang gurih nan creamy. Untuk setiap 100 gram-nya mengandung 12,3 gram omega-6. Selain lemak sehat, peanut butter juga kaya protein, niasin (salah satu bentuk vitamin B3), mangan, vitamin E, dan mangesium. Peanut butter mudah banget dinikmati. Oleskan saja ke roti sebagai sandwich atau lumatkan dengan pisang sebagai smoothies.

6. Minyak alpukat

7 Makanan Enak Ini Kaya Omega-6 yang Baik Bagi Kesehatan Pixabay/gerdukes-4387545

Selain minyak safflower, minyak alpukat juga bisa jadi alternatif sehat minyak goreng di dapur. Per 100 gram-nya bisa mengandung sebanyak 12,53 gram omega-6. Minyak alpukat juga mengandung antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh. Minyak ini pun tahan temperatur tinggi tanpa mengalami oksidasi, jadi cocok untuk digunakan memasak.

7. Telur

7 Makanan Enak Ini Kaya Omega-6 yang Baik Bagi Kesehatan Pixabay/stevepb-282134

Bahan makanan satu ini wajib selalu ada di rumah. Selain mudah diolah dan enak, telur kaya akan nutrisi penting seperti protein, selenium, dan riboflavin (salah satu bentuk vitamin B). Per 100 gram-nya juga mengandung 1,18 gram omega-6. Telur mudah banget diolah dan ditambahkan ke berbagai macam masakan favorit. 

Selain tujuh makanan di atas, kacang almond dan kacang mete juga bisa dijadikan pilihan makanan untuk memenuhi kebutuhan omega-6 tubuh. Pokoknya, jangan bosan-bosan untuk mencari alternatif makanan sehat, ya! Memperhatikan nutrisi makanan bisa jadi langkah awal untuk hidup sehat dan awet muda.

Baca Juga: 5 Resep Makanan Sehat Saat Musim Hujan, Rasanya Enak dan Kaya Nutrisi 

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart. Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya