Comscore Tracker

Hati-hati, 5 Kombinasi Makanan Ini Harusnya Gak Perlu Dikonsumsi

Jangan dibiasakan ya!

Sebagai manusia tentunya kita membutuhkan makan untuk kebutuhan sehari-hari. Namun mengkonsumsi berbagai kombinasi makanan ternyata memiliki dampak tersendiri. Salah satu dampak yang akan didapatkan adalah terganggunya sistem pencernaan, sulit tidur bahkan pusing. Nah, berikut 5 kombinasi makanan yang sebaiknya kamu hindari untuk dikonsumsi!

1. Makan buah setelah makan makanan pokok

Hati-hati, 5 Kombinasi Makanan Ini Harusnya Gak Perlu DikonsumsiPixabay/stocksnap

Sebenarnya makan makanan pokok dan dibarengi makan buah adalah kombinasi yang salah. Makanan pokok seperti karbohidrat, protein dan lemak membutuhkan energi yang besar untuk dipecah oleh pencernaan.

Oleh sebab itu, buah yang dimakan setelah makanan berat akan kurang terserap sempurna karena diproses setelah makanan pokok. Nah, lebih baik makan buah dahulu sesudah itu makan makanan berat supaya buah yang dikonsumsi bisa terserap dengan baik di usus.

2. Sereal dengan susu atau jus jeruk

Hati-hati, 5 Kombinasi Makanan Ini Harusnya Gak Perlu DikonsumsiPixabay/stocksnap

Sebenarnya tak jadi soal makan sereal dibarengi dengan susu. Yang tidak boleh adalah makan sereal dan susu dibarengi juga jus jeruk. Ternyata jus jeruk akan menghancurkan enzim pengurai pati yang ada pada sereal, karena bersifat asam.

Oleh sebab itu, lebih baik tidak mengkonsumsi sereal dengan jus jeruk agar makanan yang dikonsumsi terserap dengan baik oleh sistem pencernaan.

Baca Juga: 6 Bahan Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

3. Pati dan protein

Hati-hati, 5 Kombinasi Makanan Ini Harusnya Gak Perlu DikonsumsiPixabay/congerdesign

Selain itu lebih baik tidak mengkonsumsi pati dan protein bersamaan karena keduanya memiliki enzim yang kondisi pH optimumnya berbeda. Di saat enzim pencerna pati dalam keadaan pH optimum dan bisa mencerna pati dengan baik, protein justru tidak bisa dicerna dengan baik karena pH optimumnya berbeda. Oleh sebab itu, sebaiknya tidak dikonsumsi secara bersamaan kedua makanan ini.

4. Keju, tomat dan pasta

Hati-hati, 5 Kombinasi Makanan Ini Harusnya Gak Perlu DikonsumsiPixabay/free photos

Makanan ini memang sangat lezat bila dikonsumsi secara bersamaan. Namun ternyata asam yang terkandung dalam tomat akan mengentalkan susu yang ada dalam keju dan menyebabkan masalah pencernaan. Biasanya setelah mengkonsumsi makanan ini kamu akan mudah lelah dan sangat mengantuk. Makanya, lebih baik konsumsi pasta dengan sayuran saja, bukan dengan keju dan tomat.

5. Lemon dengan obat

Hati-hati, 5 Kombinasi Makanan Ini Harusnya Gak Perlu DikonsumsiPixabay/jill111

Saat hendak minum obat sebaiknya jangan mengkonsumsi lemon dahulu. Hal ini disebabkan lemon akan menghambat enzim yang mengurai obat entah itu obat penurun kolesterol, obat batuk atau obat lainnya. Obat yang tidak dipecah secara sempurna oleh tubuh akan menumpuk didalam tubuh dan bisa membahayakan kesehatan tentunya.

Nah, mulai saat ini hindari 5 kombinasi makanan ini ya!

Baca Juga: 5 Kombinasi Makanan yang Dianggap Aneh, Ternyata Rasanya Lebih Enak!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya