Comscore Tracker

5 Manfaat Ubi Jalar Sebagai Hidangan untuk Berbuka Puasa

#RamadanMasaKini Banyak manfaatnya!

Saat Ramadan datang tentunya umat islam berbondong-bondong untuk melaksanakan puasa Ramadan. Tentunya hidangan yang paling pas saat berbuka puasa adalah kolak manis. Salah satu menu buka puasa yang digemari dan mampu mengembalikan energi yang hilang adalah ubi jalar. Kelompok jenis umbi-umbian ini memang mampu menggantikan karbohidrat secara utuh selama berpuasa. Sering disajikan sebagai menu buka puasa berikut 5 manfaat lain dari ubi jalar!

1. Kesehatan pencernaan terjaga

5 Manfaat Ubi Jalar Sebagai Hidangan untuk Berbuka PuasaPexels/Nathan Cowley

Ubi jalar mengandung serat yang tinggi sehingga baik dikonsumsi untuk kesehatan pencernaan. Oleh sebab itu tentunya ubi jalar amat baik dikonsumsi saat berbuka puasa karena dapat mengatasi sembelit dan pencernaan yang kurang lancar selama puasa akibat kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh.

2. Kadar gula darah seimbang

5 Manfaat Ubi Jalar Sebagai Hidangan untuk Berbuka Puasadiabetesselfmanagement.com

Untuk para penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi ubi jalar selama berpuasa. Hal ini dikarenakan ubi jalar memiliki karbohidrat kompleks yang membantu gula darah tetap stabil. Tak hanya itu konsumsi rutin ubi jalar dapat menurunkan kadar gula dalam darah karena ubi jalar dapat meningkatkan produksi insulin bagi penderita diabetes tipe 2 tentunya.

3. Kesehatan mata terjaga

5 Manfaat Ubi Jalar Sebagai Hidangan untuk Berbuka PuasaPexels/Skitterphoto

Tak berhenti sampai disitu, ubi jalar pun bantu menjaga kesehatan matamu karena kandungan beta karotennya yang tinggi. Nantinya beta karoten ini dapat diubah menjadi vitamin A yang membantu matamu tetap sehat dan terhindar dari rabun jauh. Oleh sebab itu ada baiknya untuk rutin mengkonsumsi makanan sehat ini, terlebih selama puasa.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Maag Saat Berbuka

4. Mencegah sel kanker

5 Manfaat Ubi Jalar Sebagai Hidangan untuk Berbuka Puasabbc.com

Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, maka ubi jalar pun bisa mencegah sel kanker memperbanyak diri di dalam tubuh. Antioksidan yang mampu mencegah sel kanker memperbanyak diri yang ada dalam ubi jalar adalah antosianin. Sel-sel kanker yang dapat dicegah diantaranya sel kanker ovarium, payudara sampai usus. Begitu banyak manfaat yang didapat dari ubi jalar meskipun sering disepelekan.

5. Berat badan turun

5 Manfaat Ubi Jalar Sebagai Hidangan untuk Berbuka PuasaPexels/Public Domain Pictures

Selama berpuasa kita cenderung ingin makan dengan banyak dan tidak terkendali sehingga membuat berat badan menjadi naik. Ubi jalar mengandung fiber karbohidrat kompleks dan bila dikonsumsi selama sahur akan bantu kamu kenyang lebih lama sehingga saat berbuka puasa kamu tidak akan makan berlebihan dan berat badan tetap stabil tentunya.

Yuk konsumsi ubi jalar selama puasa!

Baca Juga: Biar Gak Kambuh, Ini 5 Makanan Sehat yang Bisa Kurangi Gejala Asma

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You