Comscore Tracker

Lebih Awet, 5 Alasan Baiknya Memilih Alat Dapur Berbahan Dasar Kayu!

Lebih aman lho!

Umumnya kita masak menggunakan alat-alat yang terbuat dari logam. Padahal beberapa alat-alat dapur seperti sendok makan, sendok wajan dan talenan lebih baik terbuat dari kayu saja. Meski nampaknya sederhana, ini lima alasan kenapa lebih baik menggunakan alat-alat dapur berbahan kayu, sudah tahu belum?

1. Ramah lingkungan

Lebih Awet, 5 Alasan Baiknya Memilih Alat Dapur Berbahan Dasar Kayu!Pexels/Rawpixel

Seperti yang kita tahu bila kayu lebih ramah lingkungan daripada alat-alat dapur yang terbuat dari logam. Hal ini karena kayu mudah terurai oleh mikroorganisme tetapi logam tidak dapat. Terlebih logam bisa saja mengontaminasi makanan dan minuman dan masuk ke dalam tubuh. Hasilnya tentu saja kadar logam berat tersebut akan membahayakan tubuh terutama ginjal bila kadarnya tinggi.

2. Bakteri dan kuman tidak suka kayu

Lebih Awet, 5 Alasan Baiknya Memilih Alat Dapur Berbahan Dasar Kayu!Pexels/Rawpixel

Umumnya bila kita menggunakan talenan yang terbuat dari plastik, sisa-sisanya akan sulit dibersihkan berbeda dengan talenan kayu. hal ini karena umumnya talenan plastik tidak bisa menyerap pori sehingga cairan tidak mudah kering sedangkan kayu sendiri memiliki pori dan dapat menyerap cairan. Selain itu talenan kayu pun lebih mudah meminimalisir jumlah bakteri dan kuman yang hinggap tidak seperti talenan plastik.

Baca Juga: 5 Trik Menyimpan Kayu Manis Supaya Aromanya Tetap Terjaga, Coba deh!

3. Tidak akan merusak alat lain

Lebih Awet, 5 Alasan Baiknya Memilih Alat Dapur Berbahan Dasar Kayu!Pexels/Pixabay

Biasanya saat kita menggoreng di atas wajan teflon lambat laun partikel teflonnya akan terkikis bila menggunakan sendok wajan yang terbuat dari logam yang akhirnya wajan akan menjadi cepat rusak. Oleh sebab itu ada baiknya gunakan saja alat-alat dapur yang terbuat dari kayu agar alat-alat dapurmu bisa tetap awet.

4. Kayu tidak menghantarkan panas

Lebih Awet, 5 Alasan Baiknya Memilih Alat Dapur Berbahan Dasar Kayu!Pexels/Rawpixel

Ketika kamu memilih sendok penggorengan yang terbuat dari kayu maka hal itu lebih baik karena kayu tidak menghantarkan panas sehingga tanganmu bisa tetap aman dan tidak terluka. Lain halnya bila sendok penggorengan yang kamu pakai terbuat dari logam misalnya tentunya alat tersebut akan mudah panas dan akhirnya tanganmu bisa saja melepuh.

5. Tidak menimbulkan bau dan rasa yang aneh

Lebih Awet, 5 Alasan Baiknya Memilih Alat Dapur Berbahan Dasar Kayu!Pexels/Rawpixel

Terkadang penggunaan alat-alat dapur yang berasal dari logam seperti sendok sering menimbulkan bau dan rasa yang aneh. Hal ini karena partikel logam tersebut ikut terbawa pada makanan dan akhirnya menyebabkan makanan jadi kurang enak. Untuk mengatasi hal tersebut pilihlah alat-alat dapur dari kayu agar bebas bau.

Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 9 Ide Menata Peralatan Dapur buat Mama Millennial, Biar Enak Dilihat

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You