Comscore Tracker

Bikin Bahaya, 5 Makanan Ini Harusnya Gak Disimpan dalam Kulkas Lho!

Bahaya nih!

Kita percaya jika semua makanan akan lebih awet jika dimasukkan dalam lemari es. Padahal kenyataannya tidak seperti itu karena ada beberapa zat makanan yang tidak boleh disimpan dalam lemari es. Selain bisa membuat teksturnya tidak lezat, bahan makanan tersebut akan bereaksi kimia yang akhirnya bisa berbahaya. Berikut 5 bahan makanan yang tidak boleh dimasukkan dalam lemari es, sudah tahu?

1. Roti

Bikin Bahaya, 5 Makanan Ini Harusnya Gak Disimpan dalam Kulkas Lho!Pexels/Mariana

Roti memang mudah terkena jamur namun menyimpannya dalam lemari es adalah suatu kesalahan. Hal ini dapat menyebabkan roti menjadi keras, matriks patinya terkristalisasi dan dari segi rasa pun akan menjadi tak enak. Selain mengeras tentunya roti pun akan cepat berbau bila dimasukan dalam lemari es. Jika ingin tetap awet, cukup simpan saja roti dalam sebuah wadah dalam suhu ruang bukan dimasukkan dalam lemari es.

2. Kentang

Bikin Bahaya, 5 Makanan Ini Harusnya Gak Disimpan dalam Kulkas Lho!Pexels/Pixabay

Penyuka kentang pun mesti berhati-hati karena pada dasarnya kentang tidak boleh disimpan dalam kulkas karena akan menimbulkan terjadinya reaksi kimia yaitu zat pati dalam kentang berubah menjadi gula. Hal ini berbahaya lho apalagi kentang yang dimasukkan dalam kulkas tersebut lalu digoreng yang akhirnya zat akrilamida yaitu penyebab kanker pun muncul. Jika ingin membuat kentang tetap awet bungkuslah dalam kertas atau koran, dengan cara ini kentang tetap awet selama 3 minggu apalagi dalam kondisi yang benar-benar kering.

3. Madu

Bikin Bahaya, 5 Makanan Ini Harusnya Gak Disimpan dalam Kulkas Lho!Pexels/Pixabay

Seperti yang kita tahu bila madu merupakan zat gula yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Madu pun sebaiknya gak disimpan dalam kulkas karena akan membuat madu tersebut mengental, mengeras bahkan berubah jadi bentuk kristal. Jika ingin menyimpannya maka sebaiknya jangan dalam lemari es simpanlah dalam tempat yang tersinari matahari dan jangan dalam wadah berbahan logam karena akan menimbulkan reaksi kimia yang jelas bahaya jika dikonsumsi. Sebaiknya simpan saja madu dalam botol kaca tertutup dengan cara ini madu akan tetap awet.

Baca Juga: 5 Inovasi Makanan Masa Depan Tanpa Eksploitasi Hewan, Lezat!

4. Kopi

Bikin Bahaya, 5 Makanan Ini Harusnya Gak Disimpan dalam Kulkas Lho!Pexels/Pixabay

Jika ingin kopi tetap awet maka menyimpannya dalam lemari es adalah suatu kesalahan. Hal ini karena kopi tersebut akan berkurang cita rasanya diakibatkan terjadinya proses kondensasi. Lebih baik simpan kopi dalam tempat yang kering dan kedap udara agar tetap awet sehingga cita rasanya pun akan tetap terjaga. Kamu bisa menyimpannya dalam topless atau tempat lainnya yang memang kedap udara.

5. Bawang putih dan bombay

Bikin Bahaya, 5 Makanan Ini Harusnya Gak Disimpan dalam Kulkas Lho!Pexels/nick collins

Banyak orang yang menyangka jika bawang putih dan bawang bombay akan awet jika disimpan dalam kulkas. Padahal justru hal ini membuat teksturnya menjadi cepat layu, cita rasanya kurang dan lembek. Selain itu bawang putih akan terurai yang mana zat patinya akan berubah menjadi gula dan akhirnya kualitasnya menurun. Jika memang kamu ingin membuat bawang putih awet maka simpanlah di tempat yang sirkulasi udaranya baik bukan dalam lemari es.

Jangan lagi ya!

Baca Juga: 10 Kreasi Unik Makanan dengan Topping Boba, Sudah Coba yang Mana Saja?

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You