Comscore Tracker

5 Makanan Saat Menstruasi yang Harus Dikonsumsi

Supaya menstruasimu lancar

Saat menstruasi kadar antara hormon progesteron dan estrogen sering tak seimbang. Hal ini tak jarang menyebabkan berbagai keluhan seperti dismenorea misalnya. Apalagi dismenorea tentunya bisa menghambat aktivitas sehari-hari dan membuat kinerja menjadi turun.

Tentunya agar menstruasi terjalin dengan lancar dan nyaman, 5 makanan saat menstruasi yang bergizi di bawah ini perlu dikonsumsi dan hindari makanan yang mengandung minyak atau lemak jenuh.

1. Yoghurt

5 Makanan Saat Menstruasi yang Harus DikonsumsiPexels/Pixabay

Jarang sekali para wanita menyadari bila dalam yoghurt mengandung kalsium yang tinggi. Kalsium ini bisa menjadikan otot-otot tubuh rileks sehingga sakit saat menstruasi pun bisa diminimalisir. Tak hanya itu, dalam yoghurt pun mengandung berbagai bakteri baik yang melancarkan pencernaan sehingga sistem pencernaan pun tetap sehat dan tidak ada keluhan.

2. Ikan salmon

5 Makanan Saat Menstruasi yang Harus DikonsumsiPexels/Oscar Mikols

Dalam ikan salmon, banyak mengandung asam lemak omega 3 yaitu asam lemak tak jenuh. Berkat asam lemak ini, otot-otot tubuh dan saraf pun menjadi tenang dan rileks sehinggga gangguan saat menstruasi seperti dismenorea bisa diatasi. Saat menstruasi hindari gorengan sebisa mungkin karena gorengan justru membuat otot-otot tubuh berkontraksi sehingga menghasilkan nyeri.

Baca Juga: 8 Penyebab Menstruasi Dua Kali dalam Sebulan yang Harus Diwaspadai

3. Sayuran

5 Makanan Saat Menstruasi yang Harus DikonsumsiPexels/Rawpixel

Saat haid tentunya kadar zat besi dalam tubuh menurun drastis. Oleh sebab itu, kamu harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi sayuran sehat yang mengandung zat besi tinggi seperti sawi misalnya. Dengan begitu saat mens, kamu takkan merasa lemas karena kekurangan zat besi yang drastis didalam tubuh. Jika kamu tak ingin repot, tak ada salahnya kamu membeli salad yang sudah dijual di pasar.

4. Pisang

5 Makanan Saat Menstruasi yang Harus DikonsumsiPexels/Pixabay

Saat menstruasi, pisang pun jangan dilupakan begitu saja karena kandungan gizinya seperti kalium, vitamin B6 dan vitamin lainnya mampu menstabilkan mood-mu saat menstruasi. Dengan begitu kamu pun mampu menjalani menstruasi dengan nyaman tanpa perlu mendapatkan perubahan mood yang drastis. Selain itu pisang pun mampu melancarkan sistem pencernaan.

5. Cokelat

5 Makanan Saat Menstruasi yang Harus DikonsumsiPexels/Pixabay

Tak sembarang cokelat, cokelat hitam justru memberikan manfaat yang baik saat menstruasi. Hal ini karena kadar gula dalam dark cocholate  cukup rendah sehingga tidak akan menggemukan.

Selain itu, kandungan magnesiumnya mampu menjaga kadar serotonin dalam tubuh yang ada hubungannya dengan kestabilan emosi. Saat menstruasi pun tentunya takkan kamu habiskan dengan marah-marah tak jelas dan membuang energi yang tak perlu.

Nah, itu dia makanan saat menstruasi yang bergizi dan harus kamu konsumsi!

Baca Juga: 5 Fakta Penting Siklus Menstruasi, Pengaruhi Kesehatan Organ Intim

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya