Comscore Tracker

5 Menu yang Perlu Dikonsumsi Waktu Sahur, Bikin Kamu Kuat Puasa!

#RamadanMasaKini Badan segar dan jadi bertenaga

Puasa di bulan Ramadan tentunya tak sekedar menahan lapar dan haus saja karena ada nilai ibadah di dalamnya. Namun meski begitu salah satu godaan terberat selama puasa adalah tak mampu menahan lapar dan haus karena menu sahur yang tidak sempurna.

Nah agar puasamu tetap kuat dan tidak lemas lima menu sahur ini harus selalu kamu konsumsi. Karena puasa bukan hanya menahan lapar, haus dan emosi saja tetapi kamu tetap harus menjaga kesehatan tubuh!

1. Makanan kaya akan karbohidrat

5 Menu yang Perlu Dikonsumsi Waktu Sahur, Bikin Kamu Kuat Puasa!Pexels/Jaime Fernandez

Saat puasa tentunya karbohidrat amat dibutuhkan oleh tubuh karena selama puasa energi hanya didapat saat sahur dan berbuka. Oleh sebab itu energi yang banyak dan berlebih diperlukan selama puasa dan hanya karbohidrat lah yang memberikan energi cukup selama puasa. Sumber karbohidrat tak hanya dari nasi namun singkong, kentang, jagung dan gandum bisa dijadikan karbohidrat alternatif selain nasi.

2. Protein yang cukup

5 Menu yang Perlu Dikonsumsi Waktu Sahur, Bikin Kamu Kuat Puasa!Pexels/Rawpixel

Saat sahur dan berbuka kamu pun jangan lupa untuk mengonsumsi protein karena protein akan membantumu untuk merasa kenyang lebih lama. Sehingga saat siang hari setidaknya kamu takkan terlalu merasa lapar karena asupan protein yang cukup. Sumber protein yang bisa kamu dapatkan adalah berasal dari kedelai, telur, daging, susu serta ikan.

Baca Juga: Ini 5 Pilihan Menu Makanan Sahur untuk Kamu yang Telat Bangun

3. Penuhi kebutuhan vitamin dan mineral

5 Menu yang Perlu Dikonsumsi Waktu Sahur, Bikin Kamu Kuat Puasa!Pexels/Trang Doan

Tak hanya karbohidrat dan protein tetapi vitamin dan mineral pun haru selalu tersedia. Vitamin dan mineral akan membantu daya tahan tubuhmu supaya tak mudah sakit selama puasa. Sumber vitamin dan mineral bisa kamu dapatkan dari buah-buahan serta sayuran. Selain sumber vitamin dan mineral, buah dan sayur pun mengandung serat yang akan mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti susah BAB selama puasa.

4. Penuhi cairan tubuh

5 Menu yang Perlu Dikonsumsi Waktu Sahur, Bikin Kamu Kuat Puasa!Pexels/Rawpixel

Saat puasa tentunya kita akan dehidrasi selama kurang lebih 12 jam. Oleh sebab itu jangan lupa untuk penuhi asupan cairan saat buka dan sahur. Perbanyak minum air putih untuk mengatasi dehidrasi. Selain dapat mengatasi dehidrasi, air putih pun akan mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit saat puasa di bulan Ramadan.

5. Minum minuman berenergi

5 Menu yang Perlu Dikonsumsi Waktu Sahur, Bikin Kamu Kuat Puasa!Pexels/Rawpixel

Jangan lupa juga untuk meminum minuman berenergi saat sahur dan berbuka. Namun minuman berenergi ini dibuat dengan cara alami seperti misalnya oat, yoghurt, pisang, cocoa butter dan peanut butter. Dengan begitu kamu pun akan lebih kuat saat berpuasa karena kebutuhan energimu sudah mencukup bahkan terdapat cadangan energi untuk menghindari kamu cepat lapar saat puasa.

Nah jangan lupa penuhi asupan dengan lima hal di atas ini saat sahur ya!

Baca Juga: Lagi Radang Tenggorokan? Ini 3 Menu Makanan Agar Kamu Tetap Bisa Sahur

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You